Yes! 2 Wakil Indonesia 'Pegang Tiket' Dubai Super Series Finals 2017

Semoga bisa bertambah lagi ya

Pertengahan Desember nanti, BWF Super Series Finals akan digelar di Dubai. Sesuai namanya, turnamen ini merupakan final dari gelaran turnamen super series bulutangkis yang digelar selama tahun 2017. Tidak sembarangan pemain bisa tampil di turnamen berhadiah total satu juta dolar atau bila dirupiahkan setara kurang lebih 13 miliar.  

Hanya delapan pebulutangkis dan pasangan rangking tertinggi di lima nomor yang boleh tampil yang akan diumumkan oleh Badminton World Federation (BWF). Yakni tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri serta ganda campuran.

Nah, delapan pemain terbaik dari masing-masing nomor itu kemudian dibagi dalam dua grup. Setelah saling berhadapan, dua pemain teratas di masing-masing grup akan lolos ke semifinal untuk bersaing berebut gelar juara. Hingga awal November ini sudah ada 13 pebulutangkis dan pasangan. Siapa saja?

Indonesia baru loloskan dua wakil.

Dari 13 pemain yang memegang tiket tampil di BWF Super Series Finals tersebut, Indonesia telah mengirimkan dua wakil. Dikutip dari akun Instagram @Badmintalk_com, dua wakil Indonesia yang sudah dipastikan akan tampil di Dubai yakni pasangan ganda putra, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dan pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. 

Poin dua pasangan ganda Indonesia ini sudah aman untuk masuk rangking delapan besar rangking terbaik dunia seiring performa bagus selama tampil di turnamen 2017 ini. Selama 2017, Marcus/Kevin telah memenangi empat gelaran Super Series yakni All England, India Open, Malaysia Open dan Japan Open. Sementara Tontowi/Liliyana sukses memenangi Indonesia Open, World Championship dan French Open.

Tahun lalu, Indonesia mengirimkan empat wakil ke Final Super Series. Yakni Marcus/Kevin dan Angga Pratama/Ricky Karanda di ganda putra serta Tontowi/Liliyana dan Praveen Jordan/Debby Susanto di ganda campuran. Sayang, tidak ada yang mampu juara.

Menunggu kabar bagus tunggal putra.

Jumlah pemain Indonesa yang tampil di Super Series Final 2017 bisa bertambah. Di tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting berpeluang untuk masuk dalam Super Series Finals. Tahun ini, Anthony telah meraih gelar di Korea Open. Bila Anthony meraih hasil bagus di China Open dan Hongkong Open yang dimanikan November ini, dia sangat mungkin akan tampil di Dubai.

Untuk saat ini, baru dua pemain yang lolos di tunggal putra. Yakni tunggal putra nomor satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen dan tunggal putra India, Srikanth Kidambi yang tahun ini on fire dengan memenangi empat Super Series.

Greysia/Apriani Punya Peluang Besar.

Ganda putri Indonesia juga berpeluang tampil. Setelah jadi juara di French Open, pasangan ganda putri, Greysia Polii/Apriani Rahayu kini berpeluang besar untuk lolos. Syaratnya, mereka harus bisa menapaki babak sejauh mungkin di China Open.

Untuk ganda putri, yang sudah lolos ada ganda Korea, Chang YN/Lee SH, ganda Denmark Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen dan ganda China yang juga juara bertahan, Chen Qingchen/Jia Yifan. 

Selain itu, ganda campuran Praveen/Debby juga berpeluang untuk kembali lolos bila meraih hasil bagus di China Open dan Hongkong Open. Apalagi, Praveen/Debby berstatus unggulan 1/2 di dua turnamen Super Series tersebut.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya