Ganda Campuran Indonesia Kalahkan Peraih Perak Olimpiade 2016

Hari Ini mereka berjuang lolos ke perempat final

Hasil bagus diraih pemain-pemain Indonesia di babak pertama (round/R1) India Open yang berlangsung Rabu (31/1/2018) siang hingga malam. Pemain-pemain andalan Indonesia tidak kesulitan R2. Bahkan di nomor ganda campuran, pemain Indonesia berhasil memulangkan pemain top dunia. 

Total ada delapan pemain Indonesia yang memastikan lolos ke babak kedua. Round 2 India Open akan digelar Kamis (1/2/2018). Bagaimana rangkuman pertandingan R1 dan peluang pemain-pemain Indonesia di R2?

1. Praveen/Melati kalahkan ganda Malaysia peraih perak Olimpiade 2016

Ganda Campuran Indonesia Kalahkan Peraih Perak Olimpiade 2016olahraga.kompas.com

Hasil membanggakan diraih ganda campuran baru Indonesia, Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti di R1 India Open. Ganda campuran yang baru dipasangkan di awal tahun 2018 ini berhasil mengalahkan ganda kuat Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying lewat rubber game.

Perjuangan Praveen/Melati untuk lolos ke R2 India Open tidak mudah. Dikutip dari BWF, Praveen/Melati sempat kalah telak, 12-21 di game pertama. Di game kedua, mereka berbalik unggul 21-15. Dan di game penentuan, ganda campuran yang baru dimainkan di tiga turnamen ini kembali menang 21-15. 

Chan Peng Soon/Goh Liu Ying merupakan ganda Malaysia peraih medali perak Olimpiade 2016. Mereka kalah dari Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di final. Di awal tahun ini, Chan/Goh sudah meraih gelar di Thailand Masters yang menjadi penanda come back mereka pasca absen 8 bulan setelah Goh Liu mengalami cedera bahu seperti dikutip dari Thestar.com.

 

2. Bertemu 'mantan' di R2

Ganda Campuran Indonesia Kalahkan Peraih Perak Olimpiade 2016sport.tempo.co

Sukses Praveen/Melati diikuti oleh ganda baru campuran Indonesia lainnya, Ricky Karanda/Debby Susanto. Riccy/Debby juga lolos ke R2 setelah mengalahkan ganda Hongkong, Hee Chun Mak/Yeung Nga Ting lewat permainan tiga set (Rubber game).

Dikutip dari Instagram Badmintalk_com, Ricky/Debby yang juga baru dipasangkan di awal 2018, menang 21-16 di game pertama. Namun di game kedua, mereka kalah dengan skor yang sama. Di game penentuan, ganda yang sudah tampil di Malaysia Masters dan Indonesia Masters ini menang 21-14 dan lolos ke R2.

Menariknya, drawing pertandingan round 2 mempertemukan Ricky/Debby melawan Praveen/Melati. Ini bukan sekadar 'perang saudara'. Tetapi ini pertemuan mantan. Ya, sebelum dipisah, Praveen merupakan pasangan Debby. Mereka telah meraih beberapa gelar seperti All England 2016 dan Korea Open 2017.   

Kabar bagusnya, dengan Praveen/Melati dan Ricky/Debby saling berhadapan di R2, Indonesia berarti sudah memiliki satu wakil di perempat final India Open.

3. Indonesia punya 9 wakil di R2

Ganda Campuran Indonesia Kalahkan Peraih Perak Olimpiade 2016juara.bolasport.com

Dari semua hasil pertandingan di round 1, Indonesia mengirimkan sembilan (9) wakil yang lolos ke R2 India Open. Selain Praveen/Melati dan Ricky/Debby di nomor ganda campuran, kesembilan pemain tersebut yakni Tommy Sugiarto (tunggal putra) dan Lyanny Mainaky (tunggal putri).

Di nomor ganda putra, tiga pasangan Indonesia semuanya lolos. Yakni, pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Angga Pratama/Rian Agung Saputro. Lalu di ganda putri ada pasangan Greysia Polii/Apriani Rahayu dan Della Destiara Harris/Rizki Amelia Pradipta.  

Sementara beberapa pemain Indonesia yang langsung tersingkir di babak pertama yakni tiga pasangan ganda campuran yang memang masih butuh jam terbang, yakni Hafiz Faizal/Gloria Widjaja dan Yehezkiel Fritz Mainaky/Lyanny Mainaky serta Komandani Sugiarto/Maretha Dea Giovani.

Hari ini, pemain-pemain Indonesia akan tampil di R2 untuk berjuang lolos ke perempat final. Beberapa pemain Indonesia bahkan sudah harus menghadapi pemain unggulan. Di antaranya Hendra/Ahsan yang akan bertemu ganda Taiwan unggulan 3, Lu Ching Yao/Yang Po Han. Ini akan menjadi tes bagus bagi come back Ahsan/Hendra di turnamen internasional. Semoga menang.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya