Comscore Tracker

Satu Ganda Campuran Indonesia Pastikan Tiket Perempat Final Indonesia Masters

Bagaimana peluang mereka di putaran ke-2 ya?

Ganda campuran senior Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil lolos ke putaran 2 (round/R 2) Indonesia Masters Super 500. Tiket lolos ke babak 16 besar diperoleh Tontowi/Liliyana setelah meraih kemenangan atas sesama ganda Indonesia di R1 yang dimainkan Selasa (23/1/2018) malam.

Selain Tontowi/Liliyana, pasangan ganda campuran baru, Ricky Karanda/Debby Susanto juga lolos ke R2. Indonesia bahkan sudah meloloskan satu wakilnya ke perempat final. Bagaimana peluang mereka di R2?

1. Melawan kawan sendiri, Tontowi/Liliyana menang dengan skor ketat

Satu Ganda Campuran Indonesia Pastikan Tiket Perempat Final Indonesia Mastersindosport.com

Seharusnya, Tontowi/Liliyana bertemu dengan ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di R1 dan menjadi ulangan final Olimpiade 2016 yang dimenangi ganda Indonesia.

Namun, karena ganda Malaysia itu mundur, Tontowi/Liliyana jadinya bertemu sesama pemain Indonesia. Yakni mantan pemain Pelatnas, Riky Widianto yang berpasangan dengan Masita Mahmudin.

Bertemu dengan rekan senegara ternyata tidak mudah bagi Tontowi/Liliyana. Di game pertama, keduanya kejar-kejaran poin. Bahkan, sempat terjadi setting point (20-20) sebelum Tontowi/Liliyana menang 23-21 dan menang 21-17 dalam waktu 37 menit seperti dikutip dari Bwf.tournamentsoftware.com.

Dikutip dari Badmintonindonesia.org, Tontowi mengatakan di game pertama, dirinya masih menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan. Karenanya, meski di atas kertas seharusnya unggul, tetapi jadinya ramai. Sementara Liliyana menyebut, sebagai mantan pemain Pelatnas, Ricky/Masita sedikit banyak tahu permainannya.

"Kan memang lebih susah bertemu teman sendiri, karena sudah sama-sama tahu. Ricky/Masita juga nothing to lose,” ujar Liliyana. Di round 2, Tontowi/Liliyana akan bertemu ganda campuran Taiwan, Lee Yang/Hsu Ya-ching.

2. Telat panas, Ricky/Debby kalahkan ganda Hongkong

Satu Ganda Campuran Indonesia Pastikan Tiket Perempat Final Indonesia Mastersbolasport.com

Sebelumnya, pasangan Ricky/Debby menjadi ganda campuran Indonesia pertama yang lolos ke R2. Ricky/Debby menang atas ganda campuran Hongkong, Lee CHun Hei Reginald/Chau Hoi Wah lewat rubber game.

Ricky/Debby sempat telat panas. Mereka kalah di game pertama 15-21. Baru di game kedua, pasangan yang baru tampil di dua turnamen ini unggul cukup jauh 21-12 dan kembali menang 21-10 di game penentuan.

Di round 2, Ricky/Debby akan menghadapi pemenang pertandingan sesama pemain Indonesia, yakni pasangan Yantoni Edy Islami/Marsheilla Gischa Islami melawan Andika Ramadiansyah/Michelle Bandaso.

Terlepas siapapun lawannya, dengan terjadi duel sesama pemain Indonesia di babak 16 besar, itu artinya satu tiket perempat final nomor ganda campuran sudah dipegang ganda campuran Indonesia.

3. Sayangnya, Hafiz Faizal/Gloria Widjaja langsung terhenti

Satu Ganda Campuran Indonesia Pastikan Tiket Perempat Final Indonesia Mastersokezone.com

Sukses Ricky/Debby tidak diikuti pasangan Hafiz Faizal/Gloria Widjaja. Usai pekan lalu tampil hebat di Malaysia Masters dengan menaklukkan beberapa pemain unggulan dan lolos hingga semifinal, Hafiz/Gloria justru langsung rontok di R1 Indonesia Masters.

Hafiz/Gloria kalah rubber game dari ganda campuran Rusia, Vitalij Durkin/Nina Vislova (Rusia). Unggul 21-19 di game pertama, mereka kalah tipis di game kedua 19-21. Dan di game penentuan kalah 16-21 dalam waktu 54 menit.

Hafiz menyebut permainan mereka kali ini kurang sabar dan terlalu bernafsu ingin mematikan lawan. Sehingga justru tertekan oleh lawan. Meski tersingkir di babak awal ketika main di depan pendukung sendiri, Hafiz ingin segera move on dari kekalahan ini.

“Banyak pelajaran yang diambil. Habis ini ada India Open, jangan terlalu lama lah sedihnya, kami harus siap lagi,” ujar Hafiz.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya