Ganda Putri Indonesia Taklukkan Juara Dunia di R2 Kejuaraan Asia 2018

Indonesia punya 2 wakil di perempat final ganda putri

Hasil hebat diraih dua pasangan ganda putri Indonesia yang masuk proyeksi Tim Uber 2018, Greysia Polii/Apriani Rahayu dan Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta di Badminton Asia Championship (BAC) 2018 alias Kejuaraan Badminton Asia yang digelar di Wuhan, Cina.

Keduanya memastikan lolos ke perempat final setelah tampil hebat di pertandingan round 2 yang digelar Kamis (26/4/2018). Bagaimana perjuangan ganda putri Indonesia lolos ke perempat final?

1. Greysia/Apriani menangi pertandingan rubber game melelahkan selama 1 jam 25 menit

Ganda Putri Indonesia Taklukkan Juara Dunia di R2 Kejuaraan Asia 2018www.bolasport.com

Perjuangan super berat harus dilalui pasangan Greysia Polii/Apriani Rahayu demi bisa lolos ke perempat final Kejuaraan Badminton Asia 2018. Ganda putri terbaik Indonesia ini harus melakoni pertandingan melelahkan selama 1 jam 25 menit, yang menjadi pertandingan terlama di round 2, Kamis (26/4/2018).

Menghadapi ganda Korea, Baek Ha-na/Lee Yu-rim, Greysia/Apriani sebenarnya bisa menang dengan skor cukup jauh, 21-12 di game pertama. Namun, penampilan Greysia/Apriani justru kendor di game kedua, sehingga kalah 17-21.

Di game ketiga, juara India Open 2018 ini kembali tampil solid dan menang 21-13, seperti dikutip dari Bwfbadminton.com.

Sebelumnya, di round 1, Rabu (25/4/2018), Greysia/Apriani juga melakoni pertandingan rubber game ketat selama 1 jam 16 menit saat menyingkirkan ganda tuan rumah,  Huang Dongping/Le Wenmei.

2. Della/Rizki tumbangkan ganda Cina juara dunia 2017 hanya dalam 39 menit

Ganda Putri Indonesia Taklukkan Juara Dunia di R2 Kejuaraan Asia 2018bwfworldtour.com

Indonesia punya dua wakil di perempat final sektor ganda putra. Sukses Greysia/Apriani disusul pasangan Della Destiara Harris/Rizki Amelia Pradipta. Ganda non unggulan ini memperlihatkan penampilan yang luar biasa saat mengalahkan ganda putri unggulan 1 asal Cina, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Della/Rizki bisa menang straight game 21-16, 21-14 atas ganda putri yang juga juara dunia 2017 ini hanya dalam waktu 39 menit, seperti dikutip dari Tournamentsoftware.com.

Kemenangan Della/Rizki ini seolah menegaskan bahwa ganda putri Indonesia ini sudah tahu caranya ‘menjinakkan’ ganda Cina yang berada di daftar ranking 1 dunia ini. Sebelumnya, pada Januari 2018 lalu, Della/Rizki juga menang atas Qingchen/Yifan di babak 16 besar Indonesia Masters 2018.

Bahkan, pada Oktober 2017 silam, Della/Rizki juga mengalahkan ganda putri terbaik Cina tersebut di round 2 Denmark Open 2017, seperti dikutip Facebook.com/bwfbadminton.

3. Greysia/Apriani hadapi musuh terberat di perempat final

Ganda Putri Indonesia Taklukkan Juara Dunia di R2 Kejuaraan Asia 2018bwfworldtour.com

Dan, di pertandingan perempat final yang digelar Jumat (26/4/2018), Greysia/Apriani akan menghadapi musuh terberat mereka. Berdasarkan drawing perempat final, Greysia Polii/Apriani Rahayu yang menjadi unggulan 5, akan bertemu ganda terkuat Jepang Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi unggulan 2.

Ganda Jepang ini lolos ke perempat final setelah menang atas ganda Thailand, Savitree Amitrapai/Pacharapun Chochuwong. 

Ini merupakan ulangan final Indonesia Masters 2018. Kala itu, Greysia/Apriani takluk dari Matsutomo/Takahashi, seperti dikutip dari Djarumbadminton.com. Bahkan dalam head to head, Greysia/Apriani belum pernah menang melawan ganda Jepang ini.

Sementara Della/Rizki menunggu pemenang antara ganda Jepang, Naoko Fukuman/Kurumi Yomao melawan ganda putri Hongkong, NG Wing Yung/Yeung Nga Ting.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya