Pahlawan Indonesia di BATC 2018 Langsung Out di R1 Lingshui Masters

Indonesia masih punya 4 wakil tunggal putra di R2

Hasil kurang menggembirkan diraih wakil Indonesia di hari pertama turnamen Lingshui China Masters 2018. Dua wakil Indonesia di nomor tunggal putra, Firman Abdul Kholik dan Vicky Angga Saputra, langsung terhenti di round 1. Bagaimana jalannya pertandingan?

1. Berbekal keunggulan head to head, Firman malah kalah dua set langsung

Pahlawan Indonesia di BATC 2018 Langsung Out di R1 Lingshui Masters badmintonindonesia.org

Menghadapi pebulutangkis Taiwan, Lin Yu Hsien di round 1 turnamen Lingshui China Masters World Tour Super 100, Selasa (10/4/2018), Firman Abdul Kholik sebenarnya diharapkan bisa melangkah ke round 2. Memang, secara peringkat, Firman yang rangking 74, kalah bagus dari Lin yang rangking 56.

Namun, Firman menang head to head 2-0. Di pertemuan terakhir di Macau Open 2017, Firman menang rubber game seperti dikutip dari @badmintalk_com.

Sayangnya, keunggulan head to head tersebut tak membantu Firman. Dia justru kalah straight game dengan skor cukup jauh yakni 16-21, 14-21 dalam waktu 37 menit seperti dikutip dari bwf.tournamentsoftware.com.

Kegagalan Firman melangkah ke round 2 Lingshui China Masters, diikuti oleh Vicky Angga Saputra yang kalah rubber game dari pemain tuan rumah, Ren Pengbo. Unggul 21-19 di game pertama, Vicky lantas kalah 15-21, 12-21 dalam waktu 1 jam 5 menit.

2. Pernah jadi pahlawan Indoensia di BATC 2018, kekalahan ini jadi 'lampu kuning' jelang Piala Thomas

Pahlawan Indonesia di BATC 2018 Langsung Out di R1 Lingshui Masters badmintonindonesia.org

Kekalahan yang didapat Firman Abdul Kholik di round 1 sejatinya mengejutkan. Sebab, permainan pemain berusia 20 tahun ini dinilai telah lebih berkembang di tahun 2018 ini.

Firman termasuk dalam tim putra Indonesia saat menjadi juara di Kejuaraan Badminton Beregu Asia alias Badminton Asia Team Championship 2018 yang digelar di Malaysia. Dia bahkan menjadi pahlawan penentu kemenangan Indonesia 3-2 atas Korea di semifinal seperti dikutip dari badmintonindonesia.org.

Kini, dengan out di R1 Lingshui Masters 2018, tentunya menjadi 'lampu kuning' bagi pemain kidal ini bila ingin dibawa masuk ke tim Thomas Cup yang dimulai Mei mendatang. Di BATC 2018, tunggal putra Indonesia diisi oleh Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Ihsan Maulana Mustofa dan Firman Abdul Kholik.

3. Dapat bye, Indonesia masih punya 4 tunggal putra di round 2

Pahlawan Indonesia di BATC 2018 Langsung Out di R1 Lingshui Masters badmintonindonesia.org

Dengan hasil ini, tidak ada tambahan pemain di round 2. Nomor tunggal putra masih memiliki empat wakil di Lingshui Masters 2018. Keempat pemain tersebut langsung lolos ke round 2 setelah mendapat bye di round 1. Keempat pemain tersebut yakni Ihsan Maulana Mustofa, Chico Aura, Panji Ahmad Maulana dan Andre Marteen.

Di round 2 yang dimainkan, Rabu (11/4),  Ihsan akan bertemu pemain Isarel, Misha Zilberman, Chico akan bertemu unggulan 1, Hsu jen Hao asal Taiwan, lalu Panji Ahmad bertemu pemain Taiwan, Chi Yu Jen dan Andre Marteen bertemu pemai tuan rumah, Sun Feixiang.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya