Kejutan, Para Pemain Top Tiongkok Berguguran di R1 Hong Kong Open

Termasuk juara dunia dan peraih medali emas Asian Games 2018

Turnamen bulu tangkis Hong Kong Open 2018 rupanya kurang ramah bagi pebulutangkis-pebulutangkis top asal Tiongkok. Faktanya, ada cukup banyak pemain top Tiongkok yang menjadi unggulan di turnamen BWF World Tour Super 500 ini, justru langsung berguguran di putaran pertama (babak 32 besar) pada hari kedua, Rabu (14/11).

Selain kalah, ada yang mengalami cedera sehingga tidak mampu melanjutkan pertandingan. Di sisi lain, tumbangnya beberapa pemain top Tiongkok ini tentunya menjadi peluang bagi pemain Indonesia karena salah satu pesaing kuat memburu gelar telah tereliminasi. Siapa saja pemain top Tiongkok yang pulang cepat dari Hong Kong Open 2018?

1. Shi Yuqi dan Lin Dan langsung rontok

Kejutan, Para Pemain Top Tiongkok Berguguran di R1 Hong Kong Openfoxsportsasia.com

Tunggal putra Tiongkok denganr rangking BWF tertinggi saat ini, Shi Yuqi, sebenarnya menjadi salah satu favorit juara di Hong Kong Open 2018. Dia jadi unggulan 2. Namun, juara All England Open 2018 ini justru langsung rontok di babak pertama.

Apes. Shi Yuqi mengalami cedera ketika melawan pemain tuan rumah non unggulan, Lee Cheuk Yiu, Rabu (14/11). Shi Yuqi tidak dapat menyelesaikan game pertama dan memilih mundur ketika dirinya tertinggal 3-11 dalam perolehan poin.   

Beda dengan Shi Yuqi, seniornya, Lin Dan, melakoni pertandingan ketat kala menghadapi unggulan 1, Kento Momota. Bentrok dua pemain yang sama-sama pernah menjadi juara dunia ini berlangsung sengit lewat rubber game selama 1 jam 14 menit. Lin Dan akhirnya takluk 19-21, 21-12, 15-21 seperti dikutip dari sportstarlive.com.

 

2. Kejutan, juara tunggal putri Fuzhou China Open 2018 langsung out

Kejutan, Para Pemain Top Tiongkok Berguguran di R1 Hong Kong Openbwfbadminton.com

Pekan kemarin menjadi momen hebat bagi tunggal putri Tiongkok, Chen Yufei. Dia meraih gelar pertamanya di tahun 2018 ini usai menjuarai turnamen Fuzhou China Open Super 750 usai mengalahkan Nozomi Okuhara dari Jepang. Namun, tiga hari kemudian, Chen Yufei justru langsung out di babak pertama Hon Kong Open 2018. 

Chen Yufei kalah dari pemain Thailand, Pornpawee Chochuwong. Pertandingan pemain yang sama-sama berusia 20 tahun ini berlangsung ketat. Chen Yufei sempat unggul meyakinkan 21-14 di game pertama. Namun, di game kedua, Chochuwong menang mudah 21-10. Dan di game penentuan, Chen Yufei kalah tipis 20-22 dikutip dari bwfbadminton.com

Baca Juga: Catat, Ini Jadwal Turnamen Bulu Tangkis Selama November 2018

3. Dua ganda putra juara dunia asal Tiongkok juga langsung kandas

Kejutan, Para Pemain Top Tiongkok Berguguran di R1 Hong Kong Openbwfbadminton.com

Hasil mengejutkan juga dialami dua ganda putra top Tiongkok. Pasangan juara dunia 2018, Li Junhui/Liu Yuchen dan juga juara dunia 2017, Liu Cheng/Zhang Nan, keduanya langsung kandas di babak pertama.   

Li Junhui/Liu Yuchen yang menjadi unggulan kedua, di luar dugaan dikalahkan dengan mudah oleh ganda non unggulan asal Taiwan, Lee Jhe-Huei/Lee Yang. Ganda putra berjuluk "duo menara" ini kalah 12-21, 15-21 hanya dalam waktu 27 menit.

Sementara Liu Cheng/Zhang Nan yang menjadi unggulan 3, kalah dari pasangan ganda putra Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong lewat drama rubber game ketat. Sempat menang telak 21-11 di game pertama, Liu Cheng/Zhang Nan kalah tipis 21-23 di game kedua. Dan di game penentuan, ganda Malaysia yang merupakan peraih medali perak Olimpiade 2016, menang 21-15.

4. Cedera, ganda putri terbaik Tiongkok juga langsung gugur di round 1

Kejutan, Para Pemain Top Tiongkok Berguguran di R1 Hong Kong Openbwfworldchampionships.bwfbadminton.com

Di sektor ganda putri, harapan terbaik Tiongkok, Chen Qingchen/Jia Yifan yang menjadi unggulan 3, juga langsung terhenti di putaran pertama Hong Kong Open 2018. Pasangan ganda putri juara dunia 2017 dan juga peraih medali emas Asian Games 2018 ini tidak mampu melanjutkan pertandingan karena mengalami cedera. 

Padahal, pertandingan game pertama baru saja dimulai. Chen/Jia mundur ketika skor masih 1-4 untuk keunggulan lawannya asal Prancis, Emillie Lefel/Anne Tran. Hasil menyesakkan ini membuat Chen/Jia belum mampu meraih gelar pertama di turnamen BWF tahun 2018 ini.

5. Di ganda campuran, salah satu andalan Tiongkok ditaklukkan ganda Indonesia

Kejutan, Para Pemain Top Tiongkok Berguguran di R1 Hong Kong Openbwfbadminton.com

Di sektor ganda campuran yang dimainkan di hari pertama, Tiongkok juga langsung kehilangan salah satu pemain andalannya di babak pertama. Pasangan Zhang Nan/Li Yinhui yang menjadi unggulan kelima, langsung out setelah dikalahkan ganda Indonesia, Ronald/Annisa Saufika. Zhang Nan/Li Yinhui kalah straight game 14-21, 15-21 dari Ronald/Annisa.

Hasil ini memperlihatkan bahwa kombinasi Zhang Nan/Li Yinhui masih belum stabil. Meski mampu meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia 2018 dan juga medali perungu Kejuaraan Asia 2018, mereka belum mampu juara di Turnamen BWF World Tour. Prestasi terbaik mereka adalah finalis China Open 2018.

Dengan bertumbangannya pemain-pemain Tiongkok, tentunya menjadi kesempatan bagi pemain-pemain Indonesia. Sebab, selama ini, pemain-pemain Tiongkok seringkali menjadi lawan berat bagi pemain Indonesia.

Baca Juga: Inilah Ranking Terbaik Dunia Pemain Badminton Indonesia Saat Ini

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya