Comscore Tracker

4 Fakta Pemain Indonesia yang Tampil di Australia Open 2018

Turnamennya dimulai hari ini

Mulai hari ini, Selasa (8/5/2018), turnamen bulu tangkis Australia Open dimulai. Turnamen BWF World Tour level Super 300 ini akan digelar di Sydney dari 8 Mei hingga 13 Mei 2018.

Indonesia mengirimkan beberapa pemain di turnamen yang mulai digelar sejak tahun 1975 ini. Mereka pekan lalu ikut tampil di New Zeland Open 2018, serta tidak ikut masuk dalam tim Piala Thomas/Uber Indonesia.

Berbeda dari tahun lalu, gemerlap Australia Open tahun ini menurun karena tiadanya pemain-pemain top dunia yang tampil. Selain karena level turnamennya, juga karena persiapan tampil di Piala Thomas/Uber yang digelar 20 Mei mendatang.

Berikut beberapa fakta pemain Indonesia yang tampil di Australia Open 2018.

1. Dua pemain Indonesia melakoni babak kualifikasi

4 Fakta Pemain Indonesia yang Tampil di Australia Open 2018badmintonindonesia.org

Hari ini, turnamen Australia Open 2018 akan diawali pertandingan-pertandingan babak kualifikasi yang merupakan “tiket” menuju babak utama. Ada dua pemain Indonesia yang melangkah dari babak kualifikasi.

Keduanya tampil di nomor tunggal putra. Yakni Yehezkiel Fritz Mainaky dan Henrikho Kho Wibowo, seperti dikutip dari Australianbadmintonopen.com.au.

Sesuai jadwal, Yehezkiel akan menghadapi pemain Australia, Cham Chen. Sementara Henrikho Kho Wibowo akan meladeni pemain China, Lu Guangzu. Bila keduanya lolos, Indonesia tentunya akan memiliki tambahan wakil tunggal putra di babak utama yang pertandingan putaran pertamanya dimulai, Rabu (9/5/2018) besok.

2. Lima pasangan ganda campuran langsung tampil di hari pertama

4 Fakta Pemain Indonesia yang Tampil di Australia Open 2018badmintonindonesia.org

Selain babak kualifikasi, hari pertama Australia Open 2018 juga mempertandingan babak utama round 1 ganda campuran. Ada lima pasangan ganda campuran Indonesia yang akan tampil di Australia Open 2018.

Yakni pasangan Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto, Ronald/Annisa Saufika dan Yehezkiel Fritz Mainaky/Lyanny Alessandra Mainaky. 

Di putaran pertama, Yehezkiel/Lyanny bertemu ganda India, Shivam Sharma/Poorvisha S Ram, Yantoni/Gischa akan menghadapi ganda Australia, Jonathan Sun/Jennifer Tam, lalu Hafiz/Gloria juga bertemu ganda tuan rumah, Abjinav Manota/Justine Villegas.

Sementara Ricky/Debby bertemu ganda China, Ou Xuanyi/Cao Tong Wei dan Ronald/Annisa bertemu unggulan 5 asal Korsel, Choi Solgyu/Kim Ha-na, seperti dikutip dari Tournamentsoftware.com. Semoga lima ganda campuran Indonesia bisa melaju ke round 2.

3. Ada 17 pemain Indonesia yang tampil di babak utama di lima nomor

4 Fakta Pemain Indonesia yang Tampil di Australia Open 2018www.djarumbadminton.com

Total ada 17 pemain Indonesia yang langsung tampil di babak utama di lima nomor, yakni tunggal putra/putri, ganda putra/putri dan ganda campuran. Di tunggal putra ada Sony Dwi Kuncoro, Tommy Sugiarto dan Panji Ahmad Maulana. Di tunggal putri ada Lyanny Alessandra Mainaky, Yulia Yosephin Susanto dan Jesica Muljati.

Di nomor ganda putra, Indonesia punya 4 wakil. Yakni pasangan Berry Angriawan/Hardianto, Akbar Bintang Cahyono/Moh Reza Pahlevi Isfahani, Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya Putra dan Wahyu Nayaka Arya/Ade Yusuf.

Lalu dua wakil di ganda putri yakni pasangan Anggia Shitta Awanda/Meirisa Cindy Sahputri, Yulfira Barkah/ Rosyita Eka Putri, plus lima pasangan ganda campuran.

Setelah gagal membawa pulang gelar dari New Zealand Open 2018, ada harapan agar pemain-pemain Indonesia bisa meraih gelar di Australia Open 2018.

4. Ada empat pemain Indonesia yang menjadi unggulan

4 Fakta Pemain Indonesia yang Tampil di Australia Open 2018badmintonindonesia.org

Dari 17 pemain Indonesia yang tampil di babak utama Australia Open 2018, ada empat pemain yang diplot sebagai unggulan. Di tunggal putra, Tommy Sugiarto menjadi unggulan 5. Adapun unggulan 1 tunggal putra ditempati pemain India, Prannoy HS.

Di ganda putra, dua pemain Indonesia menempati unggulan 1-2 lewat pasangan Berry Angriawan/Hardianto dan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf. Dan di nomor ganda campuran, pasangan Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja diplot sebagai unggulan keempat.

Semoga predikat pemain unggulan membuat pemain-pemain Indonesia menjadi lebih termotivasi.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya