Asian Games 2018 Sukses, Indonesia Bidik Tuan Rumah Olimpiade 2032

Ayo Indonesia, kita bisa!

Jakarta, IDN Times – Indonesia dinilai sukses menyelenggarakan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang selama dua pekan terakhir yang dimulai pada 18 Agustus lalu. Kesuksesan Indonesia menyelenggarakn festival olahraga terbesar di Asia ini diapresiasi oleh banyak pihak.

1. Target tuan rumah Olimpiade 2032

Asian Games 2018 Sukses, Indonesia Bidik Tuan Rumah Olimpiade 2032IDN Times/Asian Games

Kesuksesan tersebut menjadi modal bagi Indonesia untuk mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpade 2032.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dan Presiden Komite Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu, (1/9).

"Bukan hanya hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan, yang beliau sangat menghargai adalah partisipasi masyarakat, partisipasi dari volunteer yang dalam jumlah yang sangat besar bisa digerakkan, bisa diorganisasi. Saya kira inilah modal yang kuat yang kita miliki menurut beliau," kata Presiden dalam keterangan pers seusai pertemuan.

Baca Juga: Asian Games 2018: Sepak Takraw Sumbang Medali Emas!

2. Secepatnya ajukan diri jadi tuan rumah

Asian Games 2018 Sukses, Indonesia Bidik Tuan Rumah Olimpiade 2032Dok. IDN Times

Jokowi melanjutkan, Indonesia berencana secepatnya untuk mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032.

"Dengan pengalaman yang kita miliki dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18 ini, maka kita Indonesia yakin untuk juga bisa dan mampu menjadi tuan rumah untuk perhelatan yang lebih besar," katanya.

3. Target Indonesia disambut baik komite olimpiade

Asian Games 2018 Sukses, Indonesia Bidik Tuan Rumah Olimpiade 2032(Siluet pengunjung mengantre di Merchandise Store Asian Games di GBK) / ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Presiden IOC Thomas Bach menyambut baik pencalonan diri Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Menurutnya, kesuksesan Asian Games 2018 ini menawarkan fondasi yang sangat kuat untuk pencalonan tersebut.

"Karena dengan Asian Games ini, dengan keberhasilan besar ini, Indonesia telah menunjukkan bahwa mereka memiliki semua bahan untuk menyelenggarakan Olimpiade dengan sukses," kata Thomas Bach.

Bagi Thomas, hal paling mengesankan dari kesuksesan Asian Games 2018 adalah orang-orang Indonesia itu sendiri. Menurutnya, Indonesia telah menunjukkan kombinasi hebat dari keramahan dan efisiensi pada saat yang bersamaan.

"Dan itulah Olimpiade. Olimpiade adalah tentang orang-orang. Olimpiade adalah tentang keunggulan dan tentang persahabatan," pungkasnya.

Dalam pertemuan itu turut hadir Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Ketua INASGOC Erick Thohir.

Baca Juga: Tiket Upacara Penutupan Asian Games 2018 Ludes Terjual

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya