300 Atlet Top Dunia Mentas di Indonesia Master, Ada Axelsen dan Momota

Hadiah Indonesia Master 2021 sebesar Rp8,5 miliar

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 300 pebulu tangkis terbaik dunia dipastikan bakal ambil bagian dalam Indonesia Master 2021. Beberapa nama yang bakal mentas antara lain peraih emas Olimpiade 2020 Tokyo Victor Axelsen (Denmark) dan peringkat pertama BWF, Kento Momota (Jepang).

Indonesia Master 2021 sendiri recananya bakal digulirkan mulai 16-21 November 2021. Ajang BWF World Tour Super 750 ini akan berlangsung di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Badung

“Yang sudah confirmasi hadir adalah Victor Axelson, Kento Momota, Lee Zii Jia (Malaysia), Akane Kawaguchi (Jepang), Pusarla Shindu (India), Ratchanok Intanon (Thailand), Yuta Watanabe (Jepang) dll. Itu di antaranya beberapa pemain terbaik dunia yang akan hadir dalam ajang ini. Apalagi, BWF Final nanti kan dihitung delapan peringkat terbaik dunia yang bisa tampil,” kata Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna dalam konferensi pers, Rabu (3/11/2021).

1. Hadiah yang disiapkan di Indonesia Master 2021 sebesar Rp8,5 miliar

300 Atlet Top Dunia Mentas di Indonesia Master, Ada Axelsen dan MomotaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Agung menyebutkan sejauh ini ada 256 peserta yang sudah memastikan diri terlibat di Indonesia Master 2021. Namun demikian, jumlah peserta dipastikan bakal terus bertambah. Ia memprediksi bakal ada 300 peserta yang tanti bakal berebut prestasi terbaik di Pulau Dewata.

Antusiasme para atlet bulu tangkis semakin bertambah. Terlebih, Agung memastikan jika hadiah yang ditawarkan cukup begitu tinggi untuk ajang bergengsi ini. Menurut dia, hadiah itu cukup layak diberikan, karena ajang ini merupakan turnamen level atas yang diikuti pemain level top dan menduduki level 32 besar dunia. 

“Hadiah total dari keigatan ini adalah 600 ribu dollar atau Rp8,5 miliar. Ini menarik, hadiah yang ditawarkan di event interbasional ini cukup besar,” ujar Agung.

Baca Juga: BRI Shops Master Class Latih Merchant Lebih Tangguh

2. Tak bisa disaksikan secara langsung

300 Atlet Top Dunia Mentas di Indonesia Master, Ada Axelsen dan MomotaKento Momota (bwfbadminton.com)

Namun demikian, ajang Indonesia Master kali ini bakal digelar sedikit berbeda dari biasanya. Hal itu tak lepas dari pandemik COVID-19 yang masih belum reda. Sehingga, beberapa perubahan dilakukan panitia untuk meminimalisasi penyebaran virus corona.

Sudah dipastikan, Indonesia Master 2021 tak bisa disaksikan langsung penonton atau digelar tertutup. Selain bakal menjalankan protokol kesehatan yang sangat ketat, ajang ini juga akan menggunakan sistem bubble. Hal itu membuat para atlet tak bisa keluar dari area kompleks turnamen. 

“Usaha yang dibutuhkan lebih besar dan tentu ada implikasi biaya yang dibutuhkan, termasuk penjagaan dan lain sebagainya,” katanya.

3. Butuh usaha lebih menggelar Indonesia Master 2021

300 Atlet Top Dunia Mentas di Indonesia Master, Ada Axelsen dan MomotaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Walau begitu, Agung menyebut, kesulitan dan tantangan dalam menyelenggaraan turnamen ini sudah jadi risiko yang harus diterima PBSI selaku penyelenggara. Sebab, event turnamen bulu tangkis ini dinilai lebih penting dalam memaintain kompetensi atlet bulu tangkis Indonesia. 

Sejauh ini, Agung pun belum menentukan target bagi Indonesia dalam ajang ini. Ia masih melakukan evaluasi lebih dulu kepada para pemainnya usai menjalani tur Eropa. Yang pasti, ia ingin wakil-wakil tanah air bisa tampil maksimal dalam ajang Indonesia Master 2021.

Sebetulnya, tak hanya ajang Indonesia Master 2021 saja yang bakal digelar di Bali. Usai ajang itu, Indonesia Open 2021, hingga BWF Final 2021 juga bakal dilangsungkan di tempat yang sama.

Baca Juga: Balas Dendam Kento Momota ke Lee Zii Jia di Piala Sudirman

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya