Comscore Tracker

4 Fakta Perhelatan SEA Games ke-30 di Filipina

Indonesia kirim 773 atlet dengan target meraih 45 medali

Jakarta, IDN Times - Perhelatan multi-event olahraga terakbar se-Asia Tenggara, yakni SEA Games, tinggal dua pekan lagi. Filipina sebagai tuan rumah pun terus berbenah menyiapkan segalanya, guna menyukseskan ajang yang bakal dilaksanakan pada 30 November-11 Desember 2019 mendatang.

Sebelumnya, Filipina sempat menyatakan mundur untuk menjadi tuan rumah ajang ini pada Juli 2017, lantaran masalah keamanan di Marawi City yang tak kondusif. Hanya saja, Presiden Filipina Rodrigo Duterte membatalkannya dan menjamin kelancaran SEA Games 2019.

Jelang dimulainya SEA Games, Filipina pun sudah siap menggelar beragam cabang olahraga sampai venue-venue yang bakal menjadi tempat pertandingan. Banyak juga hal-hal menarik yang pastinya bakal memanjakan penggemar olahraga seantero Asia Tenggara.

Berikut lima hal tentang SEA Games yang bakal digelar di Filipina.

Baca Juga: Daniel Gantikan Leo, Ini Skuat Lengkap Indonesia untuk SEA Games 2019

1. Filipina akan menggelar SEA Games keempatnya sebagai tuan rumah

4 Fakta Perhelatan SEA Games ke-30 di Filipinahttp://mikasasports.co.jp/

Filipina dipastikan bakal menggelar SEA Games untuk keempat kalinya. Sebelumnya, mereka menggelar ajang serupa pada 1981 yang dimenangkan oleh Indonesia, 1991 kembali dimenangkan Indonesia, dan paling anyar adalah SEA Games 2005 yang berhasil dijuarai tuan rumah.

Kini, mereka kembali menggelar pesta olahraga terakbar di Asia Tenggara edisi ke-30, setelah menunggul 14 tahun lamanya. Target menjadi juara umum kembali dicanangkan karena mereka diuntungkan sebagai tuan rumah.

2. Filipina bakal menggelar 56 cabang olahraga di SEA Games 2019

4 Fakta Perhelatan SEA Games ke-30 di Filipina2019seagames.com

Philipine SEA Games Olympic Committe (PHIGOC) sudah memastikan jumlah olahraga yang akan dipertandingkan dalam pesta olahraga dua tahunan tersebut. Ketua PHIGOC Ramon Suzara menetapkan, bakal menggelar 56 cabang olahraga dengan 530 nomor yang akan dipertandingkan.

Pada kategori pertama, ada olahraga atletik dan olahraga air yang terbagi lagi dalam beberapa nomor. Sedangkan, untuk kategori dua diisi olahraga populer macam sepakbola, bulutangkis, basket, sepakbola, voli, wushu, angkat besi, karate dll.

Dan untuk kategori tiga bakal diisi oleh olahraga-olahraga baru seperti Arnis, e-Sports, rintangan, sambo/vovinam, Hoki bawah air, Wakeboarding, Bola Lantai, Jujitsu, Kickboxing, Kurash, Lawn bowling/Petanque, dan Netball.

3. SEA Games Filipina akan digelar di tiga tempat

4 Fakta Perhelatan SEA Games ke-30 di Filipina2019seagames.com

Penyelenggaraan SEA Games 2019 akan berpusat di Pulau Luzon dan terbagi ke dalam empat cluster. Salah satu kota yang bakal menggelar pertandingan tak lain adalah Manila, Subic, dan Clark.

Sebanyak 56 cabang olahraga ini direncanakan bakal dihelat di 23 kota yang berbeda.

Pembukaan pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara tersebut akan digelar di Philipine Arena, yang memiliki kapasitas 55 ribu penonton.

4. Kontingen Indonesia kirim 773 atlet dan targetkan 45 medali

4 Fakta Perhelatan SEA Games ke-30 di Filipinahttps://www.instagram.com/badmintalk_com/

Kontingen Indonesia dipastikan bakal mengirim 773 atlet ke SEA Games 2019. Kepastian itu didapat usai rapat koordinasi antara Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komite Olimpiade Indonesia, dan Ketua Kontingen (Chief de Mission).

Namun, mereka tak akan mengikuti seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan. Atlet-atlet Indonesia hanya akan terlibat dalam 49 dari 56 cabang olahraga yang dipertandingkan, dengan target meraih 45 medali.

Baca Juga: SEA Games 2019, Timnas Indonesia Tergabung di Grup Neraka!

Topic:

  • Sunariyah
  • Ilyas Listianto Mujib

Just For You