Aksi Jokowi Bak Pembalap MotoGP saat Jajal Sirkuit Mandalika

Jokowi gunakan motor Kawasaki W175 yang sudah dimodifikasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, beraksi memacu motornya di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal itu dilakukan saat meresmikan Pertamina Mandalika International Circuit pada Jumat (12/11/2021).

Melalui video yang beredar, Jokowi yang mengenakan jaket, celana, sarung tangan, dan helm yang serba hitam, terlihat berjalan lebih dulu menuju motornya Kawasaki W175 yang sudah berada di starting grid. 

Terdapat beberapa orang dengan motornya masing-masing di belakangnya, yang juga sudah bersiap untuk mengaspal bersama Jokowi.

1. Erick Thohir jadi chequered flag saat memulai balapan

Aksi Jokowi Bak Pembalap MotoGP saat Jajal Sirkuit MandalikaPresiden Joko "Jokowi" Widodo saat menjajal Sirkuit Mandalika pada Jumat (12/11/2021). (Dok. Agus Suparno).

Sebetulnya, Menteri BUMN, Erick Thohir juga ikut ambil bagian dalam balapan yang diikuti Jokowi. Hanya saja, dia tak ikut memacu motor di sirkuit, melainkan memegang bendera start dan finis. Dia bertugas sebagai sebagai chequered flag, yakni orang yang menentukan awal dan akhir balapan.

Jokowi tak terlihat canggung kala balapan dan terus menggeber tunggangannya yang dimodifikasi dengan konsep Cafe Racer tersebut. Dia bahkan langsung ngacir dengan melahap berbagai tikungan yang ada di Sirkuit Mandalika. Namun, dia mengakui tak bisa memacu motornya dengan kecepatan maksimal.

"Ini kan Sirkuit Mandalika, baru, dan tadi kan juga baru saja hujan, jadi saya enggak berani ngebut. Meskipun enggak ngebut, saya kira yang lain jauh tertinggal," kata Jokowi dalam rilis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Jokowi Jajal Motor Custom di Sirkuit Mandalika

2. Jokowi melewati 17 tikungan di Sirkuit Mandalika

Aksi Jokowi Bak Pembalap MotoGP saat Jajal Sirkuit MandalikaPresiden Joko "Jokowi" Widodo saat menjajal Sirkuit Mandalika pada Jumat (12/11/2021). (Dok. Agus Suparno).

Jokowi pun mengungkapkan pengalamannya menjajal aspal Sirkuit Mandalika. Menurut dia, trek yang sudah dilaluinya kali ini cukup menyulitkan, terutama di beberapa titik tikungan tajam. Hal itu juga jadi alasannya tak berani menambah kecepatan motornya.

Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer, dengan lebar 15 meter, dan dilengkapi dengan 17 tikungan, serta memiliki speed trap (gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga) yang cukup lebar dan tinggi.

Trek ini dilengkapi dengan dua service road, yaitu service road inner (panjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter) dan service road outter (panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter), serta pit lane (panjang 835 meter dan lebar 14 meter).

3. Jokowi menggunakan motor hasil modifikasi Katros Garage

Aksi Jokowi Bak Pembalap MotoGP saat Jajal Sirkuit MandalikaPresiden Joko "Jokowi" Widodo saat menjajal Sirkuit Mandalika pada Jumat (12/11/2021). (Dok. Agus Suparno).

Dalam balapan tersebut, Jokowi menggunakan motor Kawasaki W175 yang sudah dimodifikasi dengan konsep Cafe Racer. Modifikasi motor yang digunakan merupakan hasil garapan bengkel yang berbasis di Tangerang, Katros Garage. 

Motor ini sudah digarap sejak Agustus 2021 silam. Motor tersebut menjadi pelengkap koleksi Jokowi dengan basis motor yang sama, W175.

Sebelumnya, Jokowi sudah memiliki motor dengan konsep Chopper dan Street Tracker yang juga digarap oleh Katros Garage.

Baca Juga: Ducati Buka Suara Soal Unboxing Motor WSBK di Mandalika

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya