Bertarung Ketat, Chico Aura Melaju ke Final Malaysia Masters 2022

Tunggal putra Indonesia akhirnya ke final Malaysia Masters

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Indonesia dipastikan mengirimkan wakil di final Malaysia Masters 2022. Hal itu terjadi usai Chico Aura Dwi Wardoyo mengalahkan wakil China, Lu Guangzu, dalam pertarungan sengit tiga gim 22-20, 21-23, 19-21 di Axiata Arena, Sabtu (9/7/2022). 

Chico cukup kaget dengan permainan taktis yang disuguhkan Lu Guangzu saat gim pertama dimulai. Dia terlihat agak kurang siap mengawali pertandingan ini. Alhasil, dia pun harus kehilangan beberapa poin hingga tertinggal 5-3.

Perlahan Chico mulai bangkit untuk bisa memperkecil ketertinggalan. Dia perlahan bisa menambah pundi-pundi poin hingga bisa memperpendek jarak poin jadi 9-8. Namun, dua kesalahan dia membuat wakil China itu bisa menutup interval pertama dengan skor 11-9.

Kejar-kejaran poin terus terjadi di antara kedua tunggal putra ini. Hanya saja, Lu Guanzu masih bisa mempertahankan keunggulannya hingga 14-16.

Chico Aura mulai panas dengan terus memberikan tekanan dengan variasi pukulan kerasnya. Usaha itu perlahan membuahkan hasil. Dia pun bisa menyamakan kedudukan di waktu krusial 19-19. 

Chico dan Lu Guangzu terlibat pertarungan sengit dalam memperebutkan kemenangan di gim pertama ini. Hanya saja, dua kesalahan Chico lagi-lagi menguntungkan lawannya. Sehingga, pertandingan ini diakhiri tunggal putra China dengan skor 22-20.

Memasuki gim kedua, Lu Guangzu langsung tancap gas. Dia sempat unggul cepat 5-2 atas Chico Aura di semifinal Malaysia Open 2022 ini. Namun, wakil satu-satunya Indonesia di tunggal putra ini perlahan bisa bangkit hingga menyamakan poin jadi 7-7.

Kepercayaan diri Chico meningkat usai menyamakan kedudukan. Dia tampil tenang meski Lu Guangzu memberikan perlawanan sengit. Interval gim kedua pun behasil diamankan pemain berusia 24 tahun itu dengan keunggulan 9-11.

Setelah itu, perolehan poin Chico mulai bisa disusul Lu Guangzu. Kedudukan bahkan sempat berbalik sebentar. Beruntung, Chico kembali ke ritme permainannya hingga bisa unggul 13-15.

Kedua pemain kembali bersaing ketat untuk bisa menghasilkan poin demi poin. Skor bahkan sempat sama kuat 16-16 sampai 19-19 di gim kedua ini. Namun, ketenangan Chico dalam perebutan poin krusial, membuat Lu Guangzu menyerah di gim ini dengan skor 21-23.

Memasuki gim penentuan, Chico dan Lu Guangzu lagi-lagi langsung terlibat pertarungan sengit. Kejar-kejaran poin langsung terjadi di antara keduanya. Namun, Chico berhasil unggul tipis 4-5 lebih dulu.

Setelah itu, Chico Aura tampil lebih tenang. Dia beberapa kali memanfaatkan kesalahan Lu Guanzu yang tampil lebih terburu-buru. Namun, keunggulan poin yang ketat masih bisa dipertahankan Chico saat menutup interval gim penentu 8-11. 

Chico terus bisa mempertahankan keunggulannya dalam gim ketiga semifinal Malaysia Masters 2022. Walau harus berjuang keras hanya untuk bisa merebut satu poin, dia masih bisa unggul 13-15 atas Lu Guangzu yang benar-benar bermain disipin dalam duel ini.

Namun, Lu Guangzu sempat berbalik unggul dengan skor 17-16, sebelum akhirnya dia bisa menyamakan kedudukan jadi 18-18. Beruntung, di perebutan poin penentu Lu Guangzu melakukan kesalahan yang membuat Chico bisa sampai match point lebih dulu dengan skor 19-20.

Chico pun dengan leluasa bisa mengakhiri duel sengit ini dengan skor 19-21 usai pukulannya tak bisa dikembalikan Lu Guangzu di reli terakhir. Alhasil, dia pun berhasil jadi wakil Indonesia pertama yang melaju ke final Malaysia Open 2022.

Keberhasilan Chico Aura Dwi Wardoyo ke final Malaysia Master 2022 mampu memutus kutukan di tunggal putra Indonesia dalam ajang ini. Maklum, sudah delapan tahun tak ada wakil tanah air di nomor tunggal putra yang bisa melaju ke final turnamen BWF Super 500 ini.

Baca Juga: Tanpa Axelsen dan Momota, Ini Draw QF Malaysia Masters 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya