Comscore Tracker

[BREAKING] Timnas Futsal Indonesia Sikat Malaysia 3-0 di SEA Games 2021

Firman Ardiansyah tampil menawan dengan cetak brace

Jakarta, IDN Times - Timnas Futsal Indonesia meraih kemenangan dalam laga ketiganya di SEA Games 2021 Vietnam. Bersua Malaysia di Ha Nam Gymnasium, Senin (16/5/2022), Indonesia menang dengan skor 3-0.

Pelatih Timnas Futsal, Mohamad Hashemzadeh, menurunkan paket pertama yang diisi Muhammad Rizki Xavier, Dewa Rizki Amanda, Samuel Eko, Firman Ardiansyah, dan Muhammad Albagir (gk). Hanya saja, mereka kesulitan mengembangkan permainan.

Malaysia yang hanya fokus bertahan, membuat paket pertama yang diturunkan Timnas Futsal kesulitan menekan. Mereka acap kali gagal menciptakan ancaman ke gawang Malaysia hingga laga berjalan empat menit.

Perubahan dilakukan pelatih asal Iran itu. Dia coba menurunkan paket kedua yang diisi Ardiansyah Runtuboy, Rio Pangestu, Sauqi Saud, dan Marvin Alexa. Namun, kondisi tak berubah banyak. Timnas Futsal masih sulit membongkar pertahanan Malaysia yang tampil disiplin.

Tak berselang lama, paket ketiga diturunkan untuk melakukan perubahan. Yang tampil adalah Evan Soumilena, Ardiansyah Nur, M Iqbal, dan Sulistyo Ariwibowo. Ancaman mulai bisa ditebar di lini pertahanan Malaysia. Evan hampir mencetak gol andai sepakannya tak ditahan kiper Malaysia.

Setelah itu, perlahan Timnas Futsal Indonesia mulai bisa menekan Malaysia. Peluang-peluang berbahaya pun lahir dari beberapa pemain, mulai dari Guntur, Firman Ardiansyah, Evan, hingga Runtuboy. Sayang, hingga lima menit terakhir babak pertama tak ada gol yang mampu diciptakan.

Gol yang ditunggu-tunggu lahir dua menit sebelum turun minum. Sauqi Saud membawa Timnas Futsal unggul melalui sontekan manis, menerima umpan matang dari Runtuboy. Timnas Futsal Indonesia pun unggul atas Malaysia 1-0 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Timnas Futsal tampil lebih menggigit. Firman Ardiansyah pun berhasil menjaringkan bola di gawang Malaysia pada menit pertama. Bekerja sama cukup baik dengan Samuel Eko, dia melepasakan sepakan terukur yang membuat Timnas Futsal unggul 2-0.

Tak berselang lama, Firman menciptakan brace dalam laga ini. Melalui aksi individu di sisi kiri penyerangan dengan melewati dua pemain, dia berhasil mengakhirinya dengan sepakan placing yang masuk ke sisi kiri gawang Malaysia. Skor berubah 3-0.

Memasuki menit 14, terjadi insiden yang membuat pemain Timnas Futsal Indonesia terpancing. Hal itu terjadi usai pemain Malaysia, Farhan bin Khairul Anwar, melakukan pelanggaran kasar kepada Evan. Beruntung, perseteruan pemain bisa dilerai.

Timnas Futsal semakin mendominasi jalannya pertandingan. Beberapa peluang emas berhasil kembali diciptakan. Sebaliknya, Malaysia masih kesulitan untuk keluar dari tekanan. Praktis, tak banyak ancaman yang diarahkan ke gawang Albagir.

Firman hampir mencetak hattrick dua menit jelang laga berakhir. Hanya saja sepakannya masih bisa dipatahkan kiper Malaysia. Skor pun tak berubah Timnas Futsal masih unggul 3-0 atas Malaysia.

Kedua kesebelasan berusaha mengubah keadaan di sisa waktu babak kedua. Beberapa ancaman pun sempat diberikan ke gawang lawan. Namun, hingga waktu usai tak ada satupun yang berhasil mencetak gol. Walhasil, Timnas Futsal Indonesia berhasil mempermalukan Malaysia dengan skor 3-0 dalam laga ketiga SEA Games 2021.

Baca Juga: Timnas Futsal Indonesia Tembus Piala Asia 2022

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya