Comscore Tracker

Dipaksa Mundur di All England, Hendra/Ahsan Rugi Rp50 Juta?

Pemain Indonesia menjalani karantina di Inggris

Jakarta, IDN Times - Atlet Indonesia merasa kecewa karena BWF memutuskan mereka harus mundur di All England 2021, tak terkecuali pasangan ganda putra nomor dua dunia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Pasangan yang dijuluki The Deddies ini harus mengalami beberapa kerugain. Selain gagal bertanding, mereka pun dirugikan secara materiil karena turun di ajang ini dengan dana sendiri, tak seperti pemain lain yang tergabung dalam Pelatnas Cipayung.

Baca Juga: Tim Indonesia Disuruh Jalan Kaki Usai Dipaksa WO dari All England

1. Hendra/Ahsan jalani turnamen dengan biaya sendiri

Dipaksa Mundur di All England, Hendra/Ahsan Rugi Rp50 Juta?IDN Times/PBSI

Hendra/Ahsan sudah keluar dari Pelatnas Cipayung sejak 2018 silam. Walau masih mendapatkan fasilitas pelatnas, mereka harus membuat proyeksi turnamen dan merogoh kocek pribadi untuk mentas di ajang yang digelar BWF.

“Ini merupakan salah satu risiko, ini cukup merugikan karena kami adalah pemain profesional yang menanggung semuanya dengan biaya sendiri," kata Ahsan dalam Live IG bersama Bolalob, Kamis (18/3/2021). 

"Jadi siap-siap kena tagihan dari tiket, biaya hotel lagi, lalu pulang dan melakukan karantina kita pasti bayar hotel lagi. Seharusnya kejadian ini bisa diantisipasi dari pihak penyelenggara agar tak merugikan buat kita dan yang lain juga. Kan pasti nambah biaya lagi untuk seperti itu,” lanjut dia.

2. Kerugian Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan ditaksir mencapai Rp50 juta

Dipaksa Mundur di All England, Hendra/Ahsan Rugi Rp50 Juta?IDN Times/PBSI

Jika dirinci, kerugain yang didapat Hendra/Ahsan karena gagal mentas di All England cukup besar. Hal itu diungkapkan Hendra yang sempat berbicara saat Ahsan melakukan live Instagram.

“Lebih-kurang segitu (Rp50 juta). Kita kan pakai visa juga yang kilat, jadinya itu kira-kira lima jutaan ya. Itu memang jadi salah satu risiko, cuma harusnya ini bisa dikasih tau dari awal. Mungkin kalau peraturannya gitu banyak pemain yang gak mau main juga pasti,” ujar Hendra.

Baca Juga: Tim Indonesia Dipaksa Mundur di All England, PBSI: Sangat Menyakitkan

3. BWF dan panitia All England putuskan Indonesia mundur

Dipaksa Mundur di All England, Hendra/Ahsan Rugi Rp50 Juta?bwfbadminton.com

Sebelumnya, seluruh wakil Indonesia dipaksa mundur dari turnamen bulu tangkis tertua di dunia itu pada Kamis (18/3/2021) pagi WIB. Pihak BWF dan panitia All England beralasan pencoretan tim Indonesia karena berdasarkan protokol kesehatan yang diterapkan di Inggris.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) melakukan pelacakan terhadap kasus COVID-19 yang masuk ke wilayahnya. Ternyata, di dalam pesawat yang ditumpangi tim Indonesia, ada satu orang terkonfirmasi positif COVID-19.

Pihak BWF dan panitia tak memberikan kesempatan tes ulang kepada tim Indonesia. Mereka langsung merujuk protokol yang ditetapkan pemerintah Inggris, yang mengharuskan tim Indonesia menjalani isolasi mandiri selama 10 hari hingga 23 Maret 2021 mendatang di Crowne Plaza Birmingham City Centre.

Baca Juga: Indonesia Dipaksa WO dari All England, PBSI Murka: Tidak Masuk Akal!

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya