Erick Thohir Bersua Dorna, Pastikan MotoGP Mandalika 2023 Lebih Siap

MotoGP Mandalika digelar pada 5 Oktober 2023

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir menjamin, Pertamina Mandalika International Circuit, Nusa Tenggara Barat, bakal lebih siap saat melangsungkan ajang balapan MotoGP 2023.

Sebelumnya, Dorna telah mengumumkan kalender sementara MotoGP 2023 pada 30 September 2022. Dalam jadwal itu, MotoGP Mandalika dihelat di seri ke-16, tepatnya pada 5 Oktober 2023.

Seri Indonesia kali ini digelar saat balapan memasuki fase krusial. Sebab, para pembalap yang bersaing memperebutkan gelar juara sudah terlihat. Berbeda dengan musim ini yang digelar di awal musim.

1. Erick berjanji gelaran MotoGP Mandalika lebih seru, menarik, dan memuaskan banyak pihak

Erick Thohir Bersua Dorna, Pastikan MotoGP Mandalika 2023 Lebih SiapPenonton MotoGP Mandalika 2022. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Erick menyatakan, segala hal yang dibutuhkan untuk perbaikan sirkuit dan penyelenggaraan MotoGP pada musim kedua nanti, bakal dipenuhi. Sehingga, balapan di tanah air bakal berjalan lebih seru, menarik, dan memuaskan banyak pihak.

"Hari ini saya menerima kedatangan Dorna Sports sebagai bagian dari kepastian dan kesiapan kita untuk menjadi bagian dari seri MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika pada bulan Oktober,”  ujar Erick Thohir, dalam rilis yang diterima IDN Times.

“Sudah tentu kita akan siapkan yang terbaik, mulai dari aspalnya, lokasi parkir, dan perbesar tribune penonton agar jauh lebih memuaskan pembalap, sponsor, dan penonton,” lanjut dia.

Baca Juga: Kalender MotoGP 2023 Rilis, Balapan di Mandalika Digelar Oktober

2. Dorna puas MotoGP Mandalika bisa mendatangkan 60 ribu penonton

Erick Thohir Bersua Dorna, Pastikan MotoGP Mandalika 2023 Lebih SiapPenonton menyaksikan gelaran MotoGP Mandalika pada Maret 2022 lalu (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dalam pertemuan tersebut, Erick bertemu langsung dengan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta dan Carlos Ezpeleta, selaku Chief Sporting Director Dorna Sports. Usai berdiskusi, dia menyebut pihak Dorna cukup puas dengan penyelenggaraanya tahun ini.

Menurut dia, Dorna senang karena MotoGP Mandalika 2022 bisa mendatangkan sekitar 60 ribu penonton.

"Oleh sebab itu, terkait penyelenggaraan event olahraga seperti MotoGP kita harus terus perbaiki dan tingkatkan kesiapan sehingga ajang ini tak hanya sekadar lomba balap motor, tapi juga menjadi destinasi wisata yang dinantikan banyak pihak sehingga akan banyak sektor terangkat, seperti ekonomi daerah, UMKM, perhotelan, dan sebagainya," ujar Erick.

3. Sirkuit Mandalika bakal gelar FIM World Superbike Championship 2022

Erick Thohir Bersua Dorna, Pastikan MotoGP Mandalika 2023 Lebih SiapBalap WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika. (dok. MGPA)

Lebih jauh, Erick berharap MGPA selaku pengelola Sirkuit Mandalika, terus meningkatkan kesiapan sirkuit dan sarana pendukungnya. Terlebih, sebelum itu Mandalika juga akan menyelenggarakan FIM World Superbike Championship.

Menurut jadwal, ajang tersebut bakal berlangsung pada 11-13 November 2022. Ini jadi kali kedua Sirkuit Mandalika menggelar ajang balap WSBK.

"Apalagi, setelah WSBK akan berlangsung ajang besar, yakni G20 di Bali. Sehingga harus dipikirkan bagaimana agar para peserta G20 dari berbagai negara itu bisa langsung menikmati balapan, sekaligus titik-titik destinasi wisata sehingga akan ada kesinambungan. Oleh sebab itu, saya apresiasi kerja sama antara kementerian pariwisata, BUMN, dan juga Koperasi-UMKM untuk memaksimalkan event tersebut," kata Erick.

Baca Juga: PLN Siapkan Listrik Tanpa Kedip Jelang WSBK Mandalika 2022 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya