Comscore Tracker

Fadlan Gagal Melaju ke Final Renang 1500 Meter Gaya Bebas Olimpiade

Fadlan finish di posisi ketiga #IndonesiaJuara

Jakarta, IDN Times - Perenang Indonesia, Aflah Fadlan Prawira finish di peringkat tiga dalam penyisihan renang nomor 1500 meter gaya bebas putra Olimpiade Tokyo 2020. Turun pada heat pertama, ia mencatatkan waktu 15 menit 29,49 detik dalam perlombaan yang dilangsungkan di Tokyo Aquatics Center, Jumat (30/7/2021).

Fadlan tertinggal dari perenang asal Irlandia, Daniel Wiffen yang berada di posisi pertama. Ia berhasil meninggalkan jauh para pesaingnya dengan catatan waktu 15 menit 7,69 detik. 

Sementara, posisi kedua diambil alih oleh perenang El Salvador, Marcelo Acosta. Ia unggul 2,57 detik dari Fadlan yang membuntuti di belakangnya. 

1. Sempat memimpin di posisi pertama

Fadlan Gagal Melaju ke Final Renang 1500 Meter Gaya Bebas OlimpiadePerenang putra Indonesia Aflah Fadlan Prawira (Instagram.com/fadlanprawira)

Menempati lintasan keempat, Fadlan sebetulnya mencatatkan waktu terbaik dengan memimpin jalannya lomba di posisi pertama dalam 50 meter pertama. Bahkan, ia masih bisa mempertahankan posisi tersebut hingga perlombaan berlangsung dalam 200 meter.

Posisinya mulai goyah saat menempuh jarak menuju 250 meter. Wiffen mulai menyusul Fadlan secara perlahan dan menunjukkan kecepatan yang cukup konsisten. Sebaliknya, Fadlan mulai kehilangan kecepatannya dalam perlombaan nomor 1500 meter gaya bebas ini.

Baca Juga: Tatjana Schoenmaker Catat Rekor Dunia Renang di Olimpiade Tokyo 2020

2. Posisi Aflah Fadlan merosot ke posisi ketiga

Fadlan Gagal Melaju ke Final Renang 1500 Meter Gaya Bebas OlimpiadePerenang Indonesia Aflah Fadlan Prawira (Instagram.com/ fadlanprawira)

Perenang berusia 23 tahun itu kembali merosot ke posisi ketiga saat sudah menempuh jarak 750 meter. Acosta perlahan mulai meningkatkan kecepatannya dan mengejar Wiffen.

Alih-alih memangkas jarak, Fadlan pun akhirnya harus puas mengakhiri perlombaan di peringkat ketiga. Sebab, ia tak bisa kembali mengejar dua pesaingnya itu dalam perlombaan nomor 1500 meter gaya bebas ini.

3. Tak bisa lolos ke final nomor 1500 meter gaya bebas Olimpiade Tokyo 2020

Fadlan Gagal Melaju ke Final Renang 1500 Meter Gaya Bebas OlimpiadeMonumen Cincin Olimpiade terlihat di depan kantor pusat Komite Olimpiade Jepang (JOC) dekat Stadion Nasional, stadion utama untuk perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 yang ditunda ke 2021 akibat pandemi virus corona (COVID-19), di Tokyo, Jepang, Rabu (23/6/2021), di hari yang menandai satu bulan menjelang pembukaan Olimpiade. ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato.

Hasil ini membuat Fadlan gagal lolos ke final renang 1500 meter gaya bebas Olimpiade Tokyo 2020. Sebab, hanya dua perenang terbaik di setiap heat yang berhak melaju ke fase tersebut untuk memperebutkan tiga medali pada nomor ini.

Wiffen yang sudah dipastikan lolos, bakal kembali tampil dengan perenang lainnya di final. Menurut jadwal final renang 1500 meter gaya bebas bakal dihelat di Tokyo Aquatics Center pada 1 Agustus 2021.

Baca Juga: Aura Magis Olimpiade yang Tumbangkan Nomor Satu Dunia

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya