Gelar ISSF World Cup 2023, Perbakin: Target Dapat Banyak Emas

Indonesia harus sukses sebagai penyelenggara dan prestasi

Jakarta, IDN Times - Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) mendapat kehormatan jadi Tuan Rumah ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023. Ajang ini bakal digelar di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Indonesia pada tanggal 27 Januari-7 Februari 2023. 

Ketua Umum PERBAKIN Indonesia, Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto, mengatakan jika persiapan untuk menggelar ajang internasional ini sudah dilakukan, termasuk venue pertandingan yang akan digunakan. 

Venue seluruh nomor lomba sudah siap, kemarin tim ISSF sudah meninjau dan menyatakan venue sudah ready”, kata Joni dalam konferensi pers, Rabu (25/1/2023).

1. Ada 300 peserta dari 35 negara yang tampil di ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023

Gelar ISSF World Cup 2023, Perbakin: Target Dapat Banyak EmasKonferensi pers jelang ajang ISSF WORLD CUP RIFLE/PISTOL 2023 yang akan digelar di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Indonesia pada tanggal 27 Januari 2023 - 07 Februari 2023. (IDN Times/Eko Ardiyanto)

Ajang ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023 sendiri dipastikan bakal diikuti 35 negara. Total, ada 300 peserta yang ambil bagian untuk bersaing berebut gelar juara bergengsi.

Negara-negara tersebut adalah Indonesia, Italy, Thailand, Vietnam, Korea, Japan, Kazakhstan, Taipei, Malaysia, Austria, Oman, Singapore, Uzbekistan, Bangladesh, Georgia, Poland, Switzerland, Turkey, Philippines, Denmark, Hungary, Sweden, Australia, Brazil, Hong Kong, Romania, Slovakia, USA, Albania, Argentina, Estonia, Finland, United Kingdom, Saudi Arabia, Nepal. 

“Kami kirim 32 atlet [Indonesia] untuk 20 nomor lomba. Target kita mendapatkan emas sebanyak-banyaknya di World Cup ini”, ujar mantan Kasum TNI tersebut.

“Kita mesti sukses sebagai penyelenggara World Cup, dan juga sukses prestasi dengan merebut emas”, lanjut dia.

Baca Juga: Sah! Joni Supriyanto Terpilih Lagi Jadi Ketum Perbakin

2. Peraih emas SEA Games siap berprestasi di ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023

Gelar ISSF World Cup 2023, Perbakin: Target Dapat Banyak EmasKonferensi pers jelang ajang ISSF WORLD CUP RIFLE/PISTOL 2023 yang akan digelar di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Indonesia pada tanggal 27 Januari 2023 - 07 Februari 2023. (IDN Times/Eko Ardiyanto)

Sementara, salah satu atlet yang bakal tampil di ajang  ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023, Fatur Gustarian, mengaku bakal menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk meraih prestasi. Kans dia untuk menjadi juara juga cukup terbuka lebr. Maklum, dia adalah peraih emas air rifle di SEA Games di nomor 10 meter air rifle.

“Untuk kesiapan, kami para atlet selalu siap mengikuti event-event menembak apa pun, termasuk World Cup ini dan siap bersaing dengan atlet dunia”, kata Fatur.

Tentu ini jadi momentu yang baik bagi atlet-atlet Perbakin untuk meraih prestasi di negeri sendiri usai berhasil mengikuti puluhan lomba tingkat Nasional dan Internasional serta memenangkan puluhan medali di ajang sebelumnya.

3. Bakal dibuka Gala Dinner ISSF World Cup 2023

Gelar ISSF World Cup 2023, Perbakin: Target Dapat Banyak EmasKonfrensi pers jelang ajang ISSF WORLD CUP RIFLE/PISTOL 2023 yang akan digelar di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Indonesia pada tanggal 27 Januari 2023 - 07 Februari 2023. (IDN Times/Eko Ardiyanto)

Selain membawa nama baik Indonesia, event ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023 kali ini juga bertujuan untuk mendukung potensi sport tourism dan mendongkrak perekonomian Indonesia di bidang Pariwisata, serta menciptakan lapangan kerja baru. 

Kesenian dan Keindahan Budaya Indonesia nantinya juga akan diperkenalkan kepada seluruh peserta dari 32 Negara melalui pertunjukkan pentas kesenian yang akan ditampilkan dalam balutan acara Gala Dinner ISSF World Cup 2023, mulai dari Pagelaran Tarian Nusantara, Permainan Kesenian Angklung, hingga rupa rupa sajian khas Nusantara yang akan diperkenalkan kepada Dunia. 

Acara Gala Dinner ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023 ini akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PB Perbakin Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto, Bapak Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno,BBA, MBA selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si. selaku Menteri Pemuda dan Olahraga, Luciano Rossi selaku International Shooting Sport Federation (ISSF) President, Javaid S.Lodhi dan Kiichiro Matsumaru selaku Asian Shooting Confederation (ASC) Vice President serta beberapa pejabat penting lainnya. 

Baca Juga: PB Perbakin Ingin Loloskan Lebih Banyak Atlet ke Olimpiade 2024 Paris

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya