Gol Telat Ryo Matsumura Selamatkan Persija dari Kekalahan

PSM sempat unggul hingga akhir laga

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta gagal meraih poin penuh dalam laga perdananya di Liga 1 2023/24. Macan Kemayoran harus puas ditahan imbang PSM Makassar 1-1 dalam duel yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (3/7/2023).

Persija beruntung terhindar dari kekalahan. Gol telat Ryo Matsumura berhasil menyelamatkan wajah klub ibu kota usai sepanjang laga tertinggal dari PSM.

Persija sebenarnya mendominasi permainan sejak peluit kick-off dibunyikan. Macan Kemayoran tampil menyerang dengan mengandalkan umpan-umpan pendek yang didistribusikan dengan cepat.

Hanya saja, Witan Sulaeman dan kawan-kawan kerap kebingungan ketika mencapai sepertiga akhir lapangan. Kesalahan umpan sering terjadi. Sehingga, mereka selau kesulitan membuat peluang.

PSM Makassar yang mengandalkan serangan balik, ternyata mampu unggul lebih dahulu. Melalui skema tendangan bebas, Akba Tanjung berhasil mengirimkan umpan akurat ke depan gawang. Kelengahan Persija harus dibayar mahal, setelah tandukan Kenzo Nambu menundukkan kiper Andritany Ardhiyasa.

Kecolongan itu membuat Persija meningkatkan intensitas permainannya. Tempo mereka semakin cepat dalam mengalirkan umpan-umpan pendek. Hal ini mampu membuat lini belakang PSM kewalahan, hingga melakukan banyak pelanggaran.

Ryo Matsumura yang bermanuver di sektor kanan, berhasil menciptakan peluang menit 23. Sial, umpan silangnya terlalu deras, meski dikejar Witan.

Persija kembali mendapat peluang dengan skema yang sama. Meliak-liuk di sektor kiri, Firza Andika berhasil melepaskan umpan tarik ke depan gawang. Namun, arah bola tak menemui siapa pun.

Menit 44, Firza kembali nyaris membuat 67 ribu suporter di tribune bergemuruh. Eksekusi tendangan bebasnya di dekat kotak penalti begitu tajam dan akurat. Lagi-lagi, peluang itu digagalkan kiper PSM, Reza Arya. Kebuntuan ini membuat Persija tertinggal 0-1 di babak pertama.

Persija kembali memaksa tamunya untuk bertahan di babak kedua. Mereka terus memainkan tempo yang cepat untuk menyamakan kedudukan. Thomas Doll juga mengganti beberapa pemain demi mengatasi kebuntuan.

Gol yang dinanti-nanti Persija akhirnya hadir menit 80. Mereka terus memaksa melanjutkan permainan, meski ada pemain PSM yang tengah tersungkur. Sebelum akhirnya tendangan melengkung Ryo dari luar kotak penalti menggetarkan jala Juku Eja.

Kedudukan 1-1 membuat jalannya duel kian memanas. Kedua tim terus jual beli serangan, namun hasil imbang terjaga hingga peluit panjang dibunyikan.

Baca Juga: Sejarah Enam Dekade Lalu: PSM Mencetak Gol Pertama di Stadion GBK

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya