Comscore Tracker

Joan Mir Lebih Baik dari Valentino Rossi dan Marc Marquez di MotoGP

Joan Mir juara MotoGP 2020

Jakarta, IDN Times - Joan Mir secara mengejutkan mampu menggondol gelar juara MotoGP 2020. Pembalap Suzuki Ecstar mampu tampil konsisten sepanjang musim ini dan membuatnya punya catatan yang lebih baik dari Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Titel gelar juara MotoGP musim ini, tak diraih Joan Mir dengan hasil maksimal. Tampil di MotoGP Valencia 2020, Minggu (15/11/2020) malam WIB, dia hanya bisa menyelesaikan balapan di posisi ketujuh. Beruntung di waktu bersamaan, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) tak bisa menyelesaikan lomba, karena terjatuh.

1. Perolehan poin Joan Mir tak bisa dikejar oleh pembalap lainnya

Joan Mir Lebih Baik dari Valentino Rossi dan Marc Marquez di MotoGPtwitter.com/CEVMotorcycle

Joan Mir berhasil mengumpulkan 171 poin di puncak klasemen musim ini. Walau menyisakan satu seri lagi, Franco Morbidelli (142) dari Petronas Yamaha dan Alex Rins (138) dari Suzuki Ecstar tak bisa mengejar poin yang bakal mengganggu Mir di posisi satu.

Gelar MotoGP 2020 dibarengi dengan catatan luar biasa pembalap asal Spanyol itu. Hanya dengan waktu singkat, tepatnya lima tahun, dia mampu meraih titel di ajang grand prix paling elite tersebut, mengalahkan Rossi dan Marquez.

Baca Juga: Finis ke-7, Joan Mir Juara MotoGP 2020

2. Rossi dan Marquez harus menunggu enam musim untuk juara di MotoGP

Joan Mir Lebih Baik dari Valentino Rossi dan Marc Marquez di MotoGPmotogp.com

Legenda MotoGP, Valentino Rossi harus memulai perjuangannya sebagai pembalap di MotoGP 125 pada 1996. Setelah setahun kemudian jadi kampiun di kelas tersebut, Rossi baru bisa menjadi juara MotoGP 500, yang notabene jadi balapan paling elite pada 2001, lebih lama satu tahun di bandingkan Joan Mir.

Joan Mir juga berhasil melewati catatan gemilang March Marquez. Bagaimana tidak, Marquez menunggu enam tahun untuk bisa jadi juara di kelas tersebut, yakni saat pertama kali terjun di balapan profesional pada 2008 lalu.

3. Joan Mir raih gelar juara di MotoGP dengan waktu singkat

Joan Mir Lebih Baik dari Valentino Rossi dan Marc Marquez di MotoGPinstagram.com/joanmir36official

Setelah musim perdananya dilewati dengan penampilan kurang memuaskan, Joan Mir mulai menunjukkan magis pada musim kedua. Tampil penuh sebagai pembalap reguler, Joan Mir mampu mengakhiri musim tersebut di posisi kelima.

Joan Mir kemudian berhasil merebut juara di Moto3 bersama tim Leopard Racing. Catatan mentereng itu pula yang membuatnya promosi ke MotoGP 2 pada 2018 lalu. Baru setelah tampil di kelas tertinggi, dia mampu memaksimalkan potensinya sebagai pembalap paling mengejutkan.

Baca Juga: 9 Fakta Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya