Keok dari Kunlavut, Ginting Gagal Melaju ke Final India Open 2023 

Ginting beberapa kali membuat kesalahan sendiri

Jakarta, IDN Times - Langkah tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, harus terhenti di babak semifinal India Open 2023. Bentrok dengan wakil Thailand Kunlavut Vitidsarn, dia harus menyerah dua gim langsung dengan skor 27-25, 21-15.

Berlaga di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, India, Sabtu (21/1/2023), Ginting tampil tenang sejak gim pertama dimulai. Rally cukup panjang sempat terjadi hingga 31 pukulan dalam untuk berebut poin. Beruntung, dropshot tunggal putra Thailand menyangkut di net hingga ginting unggul 1-6.

Kunlavut sempat beberapa kali mengejar poin dari Ginting. Namun, usaha itu sia-sia, karena Ginting bisa meladei permainannya. Tunggal putra Indonesia itu pun mampu menutup interval gim pertama melalui jump smash dan unggul 6-11.

Perolehan poin Ginting perlahan terus dikejar Kunlavut. Terlebih, beberapa kali pebulu tangkis nomor tiga dunia itu melakukan kesalahan sendiri. Kedudukan pun sempat berubah untuk keunggulan pemain asal Thailand itu 16-15.

Namun, Ginting tak mau kalah dan berusaha bangkit untuk mengejar ketertinggalan poin atas Kunlavut. Dia akhirnya bisa menyamakan kedudukan jadi 20-20 hingga gim ini ditentukan deuce. Sayang, usaha itu sia-sia lantaran wakil Thailand itu bisa menutup gim pertama dengan keunggulan 27-25.

Memasuki gim kedua, duel Kunlavut dan Ginting berjalan panas. Kejar-kejaran poin terus terjadi di antara kedua pebulu tangkis ini. Namun, interval kali ini mampu ditutup tunggal putra nomor satu tanah air dengan keunggulan 8-11. 

Ginting terus berusaha unggul di gim kedua ini. Perlahan dia mulai bisa meraup poin, plus memperlebar keunggulan jadi 8-13. Namun, saat memasuki poin-poin krusial, dia kembali banyak melakukan kesalahan sendiri hingga skor berbalik 18-15.

Hal itu harus dibayar mahal, karena Kunlavut bisa balik menekan. Dia begitu percaya diri hingga bisa mengakhiri perlawanan Ginting di gim kedua dengan skor 21-15. 

Kekalahan ini membuat Ginting dipastikan tersingkir di babak semifinal India Open 2023. Sebaliknya, Kunlavut Vitidsarn, tinggal menunggu lawan antara Viktor Axelsen (Denmark) dan Jonatan Christie di laga final.

Baca Juga: Jadwal 3 Wakil Indonesia di Semifinal India Open 2023 Hari ini

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya