Comscore Tracker

Lampaui Target Emas SEA Games 2019, Kemenpora: Indonesia Belum Aman

Jokowi membidik 60 medali emas

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pemuda dan Olahraga terkejut melihat perolehan medali emas kontingen Indonesia yang hingga Minggu (8/12) pukul 12.00 WIB telah mengoleksi 59 keping medali emas.

"Padahal tadinya 45 medali emas itu target bersih. Kalau tanpa margin eror, kan, 51 medali emas,” kata Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, di World Trace Center, Manila, Filipina dikutip dari Antara.

1. Gatot optimistis Indonesia bisa lampaui target Presiden Jokowi

Lampaui Target Emas SEA Games 2019, Kemenpora: Indonesia Belum AmanPresiden Jokowi memberikan sambutan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 3 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jika melihat perkembangannya, Gatot yakin Indonesia bakal melampaui target yang diinginkan Presiden Joko " Jokowi" Widodo, yakni meraih 60 emas dalam ajang multi-event olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Terlebih, masih banyak sisa pertandingan atlet-atlet Indonesia yang berpotensi menyumbangkan medali.

"Semoga target dari Presiden Joko Widodo untuk berada di peringkat kedua SEA Games 2019 bisa terwujud,” ujar Gatot.

2. Posisi Indonesia di klasemen perolehan medali SEA Games masih belum aman

Lampaui Target Emas SEA Games 2019, Kemenpora: Indonesia Belum AmanIDN Times/Candra Irawan

Sejauh ini, Kemenpora sendiri menyebut posisi Indonesia di klasemen perolehan medali sementara SEA Games masih belum aman. Jika ingin mempertahankan posisinya, minimal atlet-atlet bisa menyumbangkan beberapa emas lagi.

Apalagi, perolehan poin dengan pesaing terdekatnya, yakni Vietnam dan Thailand memiliki kans yang sama besar dalam memperebutkan emas pada beberapa cabang olahraga. Walhasil, Indonesia wajib waspada, terutama dengan Thailand yang medalinya terus meningkat.

3. Indonesia masih berpotensi meraih medali pada Minggu (8/11)

Lampaui Target Emas SEA Games 2019, Kemenpora: Indonesia Belum AmanIDN Times/Candra Irawan

Hari ini, atlet-atlet Indonesia juga sudah banyak memberikan kontribusi, 9 emas sudah ditorehkan, plus satu emas yang baru terhitung karena baru melakukan seremonial penyerahan medali. 

Perolehan itu berpotensi kembali meningkat mengingat masih ada beberapa cabor yang memainkan laga final dan beberapa atlet Indonesia tampil di dalamnya, seperti perahu naga

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini ttp://onelink.to/s2mwkb

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Baca Juga: Indonesia Punya Kans Gelar SEA Games 2019, Menpora Tunggu Kepastian

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You