Lebih dari 7000 Atlet Tempur di PON XX Papua 2021

Pembukaan PON Papua hanya bisa dihadiri 25 persen orang

Jakarta, IDN Times - Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua beberapa hari lagi resmi dibuka. Pesta olahraga paling bergengsi di Indonesia yang dihelat empat tahun sekali bakal dibuka pada Sabtu (2/9/2021).

Menurut rencana, upacara pembukaan PON edisi kali ini bakal digelar di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. Dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat, pembukaan ini bakal dihadiri langsung Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan beberapa Menteri.

1. 679 nomor dipertandingkan dari 37 cabor

Lebih dari 7000 Atlet Tempur di PON XX Papua 2021Sejumlah atlet perahu layar Papua berlatih di perairan Yos Sudarso, Kota Jayapura, Papua, Selasa (29/6/2021) untuk mengikuti PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

PON XX Papua akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin, 679 nomor pertandingan, dan 11 cabor eksibisi. Seluruh pertandingan itu digelar di empat lokasi berbeda, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.

Meski baru digelar secara resmi pada 2 hingga 15 Oktober 2021, beberapa cabang olahraga sudah mulai dipertandingkan di ajang ini. Futsal, sepak bola, sofbol, sepatu roda, dan beberapa cabor lainnya, memang sengaja dilangsungkan lebih awal karena rentang kompetisi yang panjang.

Baca Juga: Media Harus Beri Warna Persiapan PON 2024 di Sumut-Aceh

2. Sebanyak 7.039 atlet terlibat dalam pertandingan PON Papua

Lebih dari 7000 Atlet Tempur di PON XX Papua 2021Pemain Sulawesi Selatan Syamsul Hadi (kanan) berebut bola dengan pemain Maluku Utara, Trifandi Layn dalam pertandingan penyisihan grup B cabang olahraga futsal putra PON XX Papua di GOR Futsal SP-2 Mimika, Jumat (24/9?2021). PB PON XX Papua / Ady Sesotya

Total, sebanyak 7.039 atlet terlibat dalam seluruh cabor yang dipertandingkan di PON kali ini. Jika dirinci lebih detail, sebanyak 4.161 atlet putra dan 2.878 putri bakal bersaing memperebutkan medali di PON XX Papua 2021. 

Tuan rumah Papua menjadi kontingen dengan jumlah atlet terbanyak dalam ajang ini, Total, mereka mengirimkan 923 atlet di berbagai cabor, dengan rincian 536 putra dan 387 sisanya putri.

Papua mencanangkan target 84 emas dalam ajang ini. Mereka menyiratkan bakal berusaha menjadi juara umum dalam perhelatan PON yang digelar di kandangnya.

3. Pembukaan PON XX Papua bisa dihadiri 25 persen kapasitas tempat

Lebih dari 7000 Atlet Tempur di PON XX Papua 2021Instagram.com/ponxx2020papua

Pada upacara pembukaan PON XX Papua, selain acara utama hingga beberapa hiburan, akan ada pembacaan janji atlet hingga defile dari setiap kontingen. Hal itu tentu jadi ajang yang sangat ditunggu masyarakat seluruh Indonesia.

Menariknya, pada ajang ini masyarakat sekitar bisa menyaksikan langsung megahnya pembukaan PON pada 2 Oktober 2021 nanti. Hanya saja, panitia masih membatasi jumlah orang yang hadir sekitar 25 persen, sudah termasuk atlet dan ofisial. Hal itu tak lepas dari prokes ketat yang masih harus dijalankan untuk ajang ini. 

Syarat utama masyarakat yang ingin menonton pembukaan PON XX Papua adalah sudah mendapatkan dua kali dosis vaksin COVID-19.

Baca Juga: Atlet Jatim Dilarang Keluyuran Selama PON Papua, Ini Alasannya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya