Menpora Jajal Game AOV Saat Luncurkan Turnamen eSports Tingkat Pelajar

Turnamen ini bertujuan untuk pembinaan

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menjajal salah satu game eSport saat meluncurkan turnamen Fruit Tea Youth National eSport Championship 2019, di Aula Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (29/1). Imam memainkan game Arena of Valor (AOV) dan masuk tim EVOS di gim tersebut.

Uniknya, saat menjalani gim itu, Imam memilih karakter Wiro Sableng, karakter superhero lokal Indonesia. Hanya, politisi asal Bangkalan ini tak mampu bertahan dalam gim lama karena kalah setelah menjalani permainan selama 10 menit.

"Tadi cukup deg-degan juga bermain sama sahabat-sahabat yang bermain lebih awal (berpengalaman) ya, tapi tentunya Wiro Sableng terus berusaha dengan baik," kelakar Imam menceritakan pengalamannya kepada awak media.

1. Imam Nahrawi diberi masukan oleh rekan setimnya dari EVOS

Menpora Jajal Game AOV Saat Luncurkan Turnamen eSports Tingkat PelajarIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Ia juga menceritakan bagaimana dirinya begitu gelisah saat bermain dalam game AOV tersebut. Hanya saja, koleganya dari EVOS banyak memberi masukan terkait cara bermain dan mengatur strategi dalam sebuah permainan.

"Saya dibilangin sama yang sebelah, diminta lebih tenang karena katanya gim ini butuh ketenangan. Nah saya rasa untuk bisa mendapatkan itu (ketenangan) harus butuh latihan dan pendampingan," ujar politisi Partai Keadilan Bangsa (PKB) itu.

Baca Juga: Pemain Hingga Game: Semua yang Terbaik di Game Esports Tahun 2018

2. Garena tercatat menyelenggarakan turnamen eSport pelajar pertama di Indonesia

Menpora Jajal Game AOV Saat Luncurkan Turnamen eSports Tingkat PelajarIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Kejuaraan eSport tingkat pelajar kali ini merupakan yang perdana diadakan oleh Kemenpora. Mereka bekerj asama dengan Garena yang merupakan perusahaan platform internet dan mobile yang memberi layanan ke pengguna teknologi digital. Kejuaraan eSport Youth National ESport Championship 2019 di level pelajar ini adalah salah satu cara Garena untuk mempromosikan pertandingan eSport di Tanah Air.

3. Youth National Esports Championship 2019 akan diikuti 40 ribu pelajar

Menpora Jajal Game AOV Saat Luncurkan Turnamen eSports Tingkat PelajarIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Rencananya, turnamen ini akan dihelat di 22 kota dengan melibatkan 5.000 tim dengan total 40 ribu pelajar yang berpartisipasi. Sedangkan untuk gim yang dimainkan dalam turnamen ini ada dua, yakni Arena of Valor dan Free Fire.

4. Turnamen dari Kemenpora bertujuan untuk pembinaan

Menpora Jajal Game AOV Saat Luncurkan Turnamen eSports Tingkat PelajarIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Imam juga menambahkan bahwa turnamen bertajuk Piala Menpora ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Piala Presiden eSport yang diluncurkan dua hari sebelumnya oleh pemerintah. Hanya, turnamen yang digelar oleh Kemenpora lebih fokus ke pembinaan, sedangkan Piala Presiden eSport melibatkan peserta dari kalangan profesional.

Pria berusia 45 tahun itu ingin mendorong prestasi di level menengah di mana nantinya bisa melahirkan pemain baru, minimal bisa jadi pelapis di SEA Games atau lainnya. Apalagi, SEA Games 2019 di Manila akan jadi ajang pertama bagi cabang olahraga elektronik atau eSport.

Baca Juga: PKPI Luncurkan Departemen eSports, Jokowi Batal Hadir

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya