Comscore Tracker

Pensiun Dini, Ini Perjalan Karier Sempurna Khabib Nurmagomedov di UFC

Khabib memiliki rekor tak terkalahkan di UFC sampai pensiun

Jakarta, IDN Times - Petarung Khabib Nurmagomedov mengumumkan pensiun dari olahraga bela diri campuran (MMA). Keputusan tersebut diambil Khabib pascamenaklukkan Justin Gaethje dalam duel Ultimate Fighting Championship (UFC) 254 pada Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10/2020) dini hari WIB.

Kemenangan ini membuatnya sukses mempertahankan gelar juara dunia di kelas ringan UFC. Total seteru dari Conor McGregor berhasil menyapu bersih 29 kemenangan dari 29 pertarungan yang sudah dijalaninya selama menjalani karier di UFC.

Berikut perjalanan karier Khabib Nurmagomedov selama menjalani karier sebagai petarung MMA yang berhasil dirangkum IDN Times.

1. Khabib memulai debut gemilang di MMA

Pensiun Dini, Ini Perjalan Karier Sempurna Khabib Nurmagomedov di UFCgoal.com

Khabib Nurmagomedov adalah jawara di ajang tarung Ultimate Fighting Championship (UFC). Pria yang lahir di Dagestan 32 tahun silam tersebut mulai menggeluti dunia bela diri bebasejak berusia lima tahun.

Dia sangat serius menggeluti Judo, Sambo, pankration, grappling, jiu-jitsu, Greco-Roman wrestling, hingga freestyle werstling untuk bisa menjadi seorang petarung MMA.

Dia memulai perjalanan sebagai petarung profesional MMA pada 2008 lalu. Namanya langsung jadi perhatian publik, karena pada debutnya sebagai petarung MMA, berhasil meraih empat kemenangan dalam satu bulan saja.

2. Khabib promosi ke UFC dengan rekor 16 kemenangan tanpa terkalahkan

Pensiun Dini, Ini Perjalan Karier Sempurna Khabib Nurmagomedov di UFCinstagram.com/khabib_nurmagomedov

Tak lama berselang, Khabib Nurmagomedov berhasil meraih prestasi pertamanya dengan merebut gelar Piala Atrium. Hal itu semakin mendongkrak namanya, hingga terus mendapat tantangan dari petarung lainnya.

Namun, pertarung dengan julukan The Eagles ini masih tak tersentuh. Dia dengan mudah dapat menumbangkan lawan lainnya, sampai membuat rekor menawan dengan meraih 16 kemenangan dalam 16 pertarungannya.

Hal itu pulang yang membuatnya naik kelas dengan tampil di panggung UFC. Dia langsung mendapatkan kontrak jangka pendek dengan enam pertarungan di kelas ringan.

3. Kontrak bersama UFC diselesaikan dengan kemenangan sempurna

Pensiun Dini, Ini Perjalan Karier Sempurna Khabib Nurmagomedov di UFCufc.com

Memulai debut di UFC, Khabib Nurmagomedov langsung tampil cemerlang dengan meraih tiga kemenangan beruntun. Dia mengalahkan Kamal Shalorus (2012), lalu Gleison Tibau (2012) pada UFC 148, dan memuluk KO Thiago Tavares (2013) pada pertarungan ketiganya.

Selang setahun, Abel Trujillo berhasil ditumbangkan oleh Khabib dengan melakukan 21 takedown.

Pada pertarungan kelimanya di UFC tahun 2014, Khabib berhasil mengalahkan Pat Healy. Dia menang angka mutlak dalam pertarungan tersebut setelah juri memberikan tiga nilai tinggi untuknya.

Baca Juga: Turuti Permintaan Ibu, Khabib Nurmagomedov Pensiun dari UFC 254

4. Khabib sempat istirahat dari pertarungan akibat cedera

Pensiun Dini, Ini Perjalan Karier Sempurna Khabib Nurmagomedov di UFCwww.instagram.com/therealfatih

Pada tahun yang sama, Khabib Nurmagomedov kembali meraih kemenangan mutlak atas lawannya. Kali ini giliran Rafael Dos Anjos yang harus merasakan keganasan petarung asal Rusia tersebut.

Usai itu Khabib harus beristirahat cukup, karena mengalami cedera yang membuatnya tak bisa bertarung untuk sementara waktu.

Namun usai kembali bertarung pada akhir 2016, Khabib semakin menunjukkan tajinya dengan membuat Darrel Horhcer terkapar pada ronde dua. Sebulan selanjutnya, Khabib menjalani pertarungan berat melawan Michael Johnson di UFC 205.

5. Khabib memilih pensiun usai menang 29 kali

Pensiun Dini, Ini Perjalan Karier Sempurna Khabib Nurmagomedov di UFCinstagram.com/khabib_nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov sempat menghadapi Edson Barboza di UFC 219 pada 2017 silam. Setelah itu dia merebut gelar juara dunia UFC kelas ringan usai menumbangkan Al Iaquinta pada tahun 2018.

Setelah itu, Khabib mampu mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan UFC. Dia menang submission atas seterunya Conor McGregor di ronde keempat pada pertarungan di T-Mobile Arena, Las Vegas.

Pasca menjalani beragam pertarungan keras, Khabib Nurmagomedov menutup karier gemilangnya dengan menumbangkan Justin Gaethje sekaligus mempertahankan gelar juara UFC kelas ringan sampai pensiun.

Baca Juga: Putuskan Pensiun dari UFC, Khabib Punya Kekayaan Rp438 Miliar! 

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya