Comscore Tracker

Perolehan Medali SEA Games 2019 Minggu Pagi

Indonesia sudah lampaui target emas dari Kemenpora

Jakarta, IDN Times - Indonesia masih perkasa di peringkat kedua dalam perolehan medali SEA Games 2019. Walau berhasil menambah puluhan medali, mereka tetap belum mampu mendekati tuan rumah Filipina yang kokoh di puncak sejak ajang ini dimulai.

Hingga gelaran hari kedelapan, atlet- atlet Indonesia berhasil mengumpulkan 157 medali, dengan rincian 50 emas, 49 perak, dan 58 perunggu hingga Minggu (8/12) pukul 06.00 WIB.

Total medali yang dikumpulkan sepanjang Sabtu adalah 29 medali, dengan rincian 10 emas, 8 perak, dan 11 perunggu.

Tambahan emas yang diraih hari Sabtu diperoleh lewat cabang olahraga dayung tradisional, atletik nomor lompat jauh, renang nomor gaya punggung putra, modern pentathlon, skateboard, tenis ganda campuran, tenis ganda putri, karate nomor kata perorangan putra, karate nomor kata perorangan putri, dan rowing.

Sedangkan Filipina masih sulit dikejar karena sudah mengumpulkan 221 medali, dengan rincian 89 emas, 67 perak, dan 65 perunggu. Menguntit di bawah Indonesia, ada Vietnam yang hanya terpaut dua emas saja, mengoleksi 45 emas, 50 perak, dan 64 perunggu dengan total 159 medali.

Persaingan sengit justru terjadi di peringkat empat sampai enam yakni antara Thailand, Singapura, dan Malaysia saling susul dalam perolehan medali lantaran jarak yang tipis. Secara berurutan, ketiganya menduduki peringkat empat, lima, serta enam.

Thailand dengan total 156 medali (41 emas, 55 perak, dan 60 perunggu), Singapura mengoleksi 108 medali (37 emas, 30 perak, dan 41 perunggu), dan Malaysia lewat torehan 106 medali (36 emas, 28 perak, dan 42 perunggu).

Hasil itu berpotensi terus bertambah lantaran cabang olahraga jagoan Indonesia bakal memainkan pertandingan penentu pada hari kedelapan SEA Games ini, seperti cabor bulu tangkis, panahan, atletik, dan masih banyak lagi.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Perolehan Medali SEA Games 2019 Minggu PagiIDN Times/Arief Rahmat
https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Baca Juga: Relakan Medali Emas, Atlet Filipina Selamatkan Nyawa Atlet Indonesia

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya