Perolehan Medali SEA Games 2023 Minggu Pagi

Indonesia masih bertengger di peringkat dua

Jakarta, IDN Times - Kontingen Indonesia masih perkasa di peringkat kedua dalam perolehan medali SEA Games 2023. Walau berhasil menambah puluhan medali, mereka tetap belum mampu mendekati tuan rumah Kamboja yang kokoh di puncak sejak ajang ini dimulai.

Hingga gelaran hari kedua, atlet- atlet Indonesia berhasil mengumpulkan 26 medali, dengan rincian delapan emas, tujuh perak, dan 11 perunggu hingga Minggu (7/5/2023) pukul 06.00 WIB.

Pada ajang multi-event olahraga se-Asia Tenggara edisi ke-32 hari pertama, Indonesia tancap gas dengan langsung mengumpulkan delapan medali emas. Semuanya diraih dari cabang olahraga triathlon, atletik, sepeda, karate, dan vovinam.

Sedangkan, Kamboja masih sulit dikejar karena sudah mengumpulkan 40 medali, dengan rincian 19 emas, 11 perak, dan 10 perunggu. Menguntit di bawah Indonesia, ada Thailand yang hanya terpaut satu emas saja, mengoleksi tujuh emas, 10 perak, dan 16 perunggu dengan total 33 medali.

Selain Kamboja, persaingan sengit di peringkat dua hingga enam memang tak bisa terhindarkan di awal ajang ini. Bersama Indonesia dan Thailand, ada Filipina, Vietnam, hingga Singapura juga bersaing ketat lantaran punya jarak medali yang sedikit. Secara berurutan, ketiganya menduduki peringkat empat, lima, serta enam.

Filipina dengan total 29 medali (tujuh emas, sembilan perak, dan 13 perunggu), Vitenam mengoleksi 34 medali (enam emas, 11 perak, dan 17 perunggu), dan Singapura lewat torehan 10 medali (lima emas, dua perak, dan tiga perunggu).

Perolehan medali Indonesia berpotensi terus bertambah lantaran cabang olahraga jagoan tanah air bakal memainkan pertandingan penentu pada hari kedua SEA Games ini, seperti cabor triathlon, renang, atletik, sepeda dan masih banyak lagi.

Perolehan medali sementara SEA Games 2023

Perolehan Medali SEA Games 2023 Minggu PagiTangkapan layar dari laman resmi, perolehan medali SEA Games 2023 Kamboja hingga Sabtu (6/5/2023) malam. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Baca Juga: Aquathlon Sumbang Emas Pertama Indonesia di Sea Games 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya