Perolehan Medali SEA Games 2023 Sabtu Malam

Indonesia berada di peringkat dua

Jakarta, IDN Times - Indonesia merangsek ke posisi dua perolehan medali SEA Games 2023. Total, mereka sudah mengumpulkan 26 medali, dengan rincian delapan emas, tujuh perak, dan 11 perunggu hingga Sabtu (6/5/2023) pukul 22.00 WIB.

Pada hari pertama usai opening ceremony, kontingen Indonesia tancap gas dengan langsung mengumpulkan delapan medali emas. Rashif Amlia Yaqin jadi atlet pertama tanah air yang membuat prestasi tersebut. Dia mampu jadi yang terbaik saat turun di cabang olahraga triathlon nomor aquathlon.

Lalu, siapa lagi atlet-atlet Indonesia yang berhasil meraih medali hari ini?

1. Indonesia kawinkan emas di maraton dan sepeda MTB

Emas yang dipersembahkan Rashif memacu atlet-atlet lainnya menunjukkan penampilan terbaik. Dua atlet maraton, Agus Prayogo (putra) dan Odekta Elvina Naibaho (putri), yang berhasil mengawinkan medali emas di SEA Games 2023 cabang olahraga atletik nomor maraton.

Setali tiga uang, cabor sepeda MTB juga mampu mengawinkan medali emas, yakni lewat Feri Yudoyono (men’s MTB cross country olympic) dan Sayu Bella Sukma Dewi (women’s MTB cross country olympic).

Tak hanya Feri, Zaenal Fanani pun sukses mendapat medali perak di nomor ini. Dia finish di peringkat dua dengan catata waktu lebih lambat dua detik dari Feri.

Sementara, Ihza Muhamad berada di peringkat tiga dengan catatan waktu lebih lambat 18 detik dari Feri. Namun, dia tak bisa membawa pulang medali perunggu di ajang SEA Games kali ini. Sebab, ada aturan jika salah satu NOC memenangkan nomor di satu pertandingan, maka medali perunggu turun ke pembalap nomor empat.

Baca Juga: SEA Games 2023: Karate dan Vovinam Tambah Lagi Emas Indonesia Hari Ini

2. Ada tambahan emas dari karate, vovinam, hingga jalan cepat

Kontingen Indonesia kemudian menambah dua lagi medali emas di ajang multi-event olahraga se-Asia Tenggara edisi ke-32 hari ini. Giliran atlet cabang olahraga karate dan vovinam yang menyumbangkannya.

Ahmad Zigi Zaresta Yuda, sukses meraih emas di cabang olahraga karate nomor men’s individual kata. Sementara, satu lagi dipersembahkan Manik Trisna Dewi Wetan yang turun di cabor vovinam nomor women’s dragon tiger form pada Sabtu (6/5/2023).

Satu emas terakhir Indonesia pada hari ini didapatkan Hendro yang turun di cabang olahraga atletik nomor men’s 20 kilometer race walk. Dia mampu mengalahkan pesaingnya dari Vietnam, Nguyen Than Ngung (perak) dan wakil Myanmar,  Pyae Phyo Tun (perunggu).

3. Perolehan medali sementara SEA Games 2023 Kamboja hingga Sabtu malam

Perolehan Medali SEA Games 2023 Sabtu MalamTangkapan layar dari laman resmi, perolehan medali SEA Games 2023 Kamboja hingga Sabtu (6/5/2023) malam. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Baca Juga: Sepeda MTB Tambah Pundi-pundi Emas Indonesia di SEA Games 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya