Piala Presiden Esports 2023, Momentum Melahirkan Atlet Baru

Esport Indonesia mencetak sejarah di SEA Games

Jakarta, IDN Times - Gelaran bergengsi Piala Presiden Esport 2023 resmi digelar. Rangkaian turnamen non-developer terbesar di Indonesia ini diawali dengan seremoni kick-off yang berlansung pada Selasa, 18 Juli 2023.

Ajang kelima beruntun ini bakal memperebutkan prize pool sebesar Rp 2 miliar. Hadiah besar untuk berbagai kategori ini bakal diperebutkan 50 ribu atlet esport tanah air dari pelbagai daerah. 

Konsisten memberi ruang terhadap game lokal, turnamen tahun ini akan mempertandingkan game buatan anak bangsa yaitu Lokapala. Namun demikian, game populer mancanegara yang akan dipertandingkan  adalah Mobile Legends: Bang Bang. 

Kepala bidang Humas dan Komunikasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Ashandi Ang mengatakan, ajang ini merupakan momentum tepat untuk mencetak atlet berprestasi. Menurutnya, munculnya turnamen seperti Piala Presiden Esport 2023 bisa memacu perkembangan prestasi olahraga tersebut. 

“Turnamen ini secara nyata telah menciptakan peluang bagi talenta-talenta esports tanah air untuk meningkatkan kemampuan serta prestasinya, sekaligus memastikan proses regenerasi bisa terus berjalan. Diharapkan, melalui ajang ini, bakat-bakat potensial tanah air dapat terus mengembangkan diri dan siap menyongsong masa depan yang gemilang di panggung kompetisi esports internasional,” ujar Ashandi Ang dalam keterangan resminya.

Esport Indonesia memang mencetak sejarah membanggakan pada SEA Games 2023 Kamboja. Mereka menjadi juara umum di ajang multievent ke-32 Asia Tenggara itu dengan menggondol tiga emas dan dua perak.

1. Moeldoko sebut pemerintah berkomitmen dukung pengembangan esport

Piala Presiden Esports 2023, Momentum Melahirkan Atlet BaruKepala Staf Presiden Moeldoko (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengatakan Piala Presiden Esports 2023 menjadi bukti nyata pemerintah sangat mendukung pengembangan esports di Indonesia, baik dari sisi prestasi maupun ekosistem dan industri pendukungnya. 

Ia menegaskan, gelaran turnamen ini memberikan kesempatan bagi seluruh pihak terkait untuk dapat menunjukkan bahwa Indonesia memiliki banyak SDM unggul yang lahir melalui esports.

“Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2023 ini merupakan bentuk dukungan dari pemerintah terhadap pengembangan ekosistem esports dan industri game lokal Indonesia. Turnamen ini merupakan bentuk komitmen kolaborasi sejumlah kementerian dan lembaga, termasuk PB ESI, untuk merealisasikan potensi bangsa dengan memberikan kesempatan bagi seluruh aktor muda dalam industri esports untuk menghadirkan SDM unggul,” ujar Moeldoko.

Baca Juga: Cerita Kakak Beradik Peraih Medali Emas SEA Games Esport Wanita

2. Sandiaga Uno apresiasi Piala Presiden Esport 2023 yang memberi panggung game lokal

Piala Presiden Esports 2023, Momentum Melahirkan Atlet BaruSandiaga saat berada di Kantor DPW PPP Jatim, Sabtu (15/7/2023). (IDN Time/Khusnul Hasana).

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, mengapresiasi bergulirnya Piala Presiden Esport 2023 ini. Menurutnya, ajang ini bisa memfasilitasi game lokal untuk dipertandingkan.

Selain bentuk apresiasi kepada generasi muda yang menciptakan game dan atlet berkualitas, Sandy menilai jika itu bisa lebih banyak mendorong game lokal terus dimainkan. Hal itu berdampak pula kepada generasi muda yang berperan penting di era saat ini

“Generasi muda selalu memiliki peran penting dalam setiap era, termasuk dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif. Lewat jari jemari generasi muda dapat memproduksi game lokal yang mendunia, menciptakan atlet esports yang berkualitas, hingga memperkenalkan destinasi wisata di berbagai platform digital. 

“Jadi ini saatnya buat para generasi muda untuk tunjukkan kreativitas luar biasa dan keindahan Indonesia ke mata dunia. Lebih dari USD 2 miliar yang dihasilkan dari subsektor game, yang sayangnya masih sedikit sekali game-game lokal. Oleh karena itu kita ingin mendorong lebih banyak lagi game-game lokal, dan saya sangat mengapresiasi Piala Presiden Esports 2023 oleh Kincir yang menghadirkan game lokal,” ujar Sandiaga Uno saat The Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU).

3. bakal ada kompetisi khsusu wanita

Piala Presiden Esports 2023, Momentum Melahirkan Atlet BaruFinal Regional Indonesia Barat Piala Presiden Esports 2020 (Istimewa)

Piala Presiden Esports 2023 ini merupakan kolaborasi Kincir bersama Megapro yang didukung penuh oleh pemerintah dari beberapa kementerian, seperti Kantor Staf Kepresidenan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hingga PB Esports Indonesia (PB ESI).

Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2023, Rangga Danu Prasetyo, menyebut jika sinergitas yang ditunjukkan dalam ajang ini merupakan bagian dari usaha memajukan industri esport tanah air. Tak hanya jadi panggung atlet berprestasi, ajang ini juga stakeholder lain seperti talent, brand ambassador, caster, hingga host untuk menunjukkan talenta mereka.

“Ekosistem esports di Indonesia bisa dikatakan sangat luas, dan akan terus dikembangkan oleh seluruh stakeholder yang berkecimpung di dalamnya. Piala Presiden Esports 2023 merupakan bagian dari ekosistem tersebut, yang juga semakin berkembang setiap tahunnya. Ekosistem esports tidak hanya sebatas kepada atlet yang bertanding, tetapi juga mencakup elemen-elemen lain seperti talent, brand ambassador, caster, host, hingga kru yang bekerja di belakang layar. Bukan tidak mungkin jika ke depannya esports tidak hanya menjadi sebuah kompetisi, tetapi juga sarana hiburan atau entertainment,” ujar Rangga Danu Prasetyo.

Dalam ajang Piala Presiden 2023 ini, catatan positif sudah bisa diukir. Sebab, bakal ada kompetisi khusus wanita. Para Srikandi esport ini bakal bersaing di cabang olahraga game Mobile Legends: Bang Bang. Itu merupakan bagian dari komitmen mengembangkan skena kompetitif ladies, setelah sebelumnya menggelar IESPL Women Championship 2023 pada awal tahun ini.

Periode pendaftaran Piala Presiden Esports 2023 sudah dibuka sejak 13 Juli 2023 yang lalu. Usai seremoni kick-off, turnamen akan berlanjut ke tahap kualifikasi yang terbagi menjadi babak kualifikasi regional, kualifikasi tertutup, dan kualifikasi terbuka. 

Para finalis dari masing-masing cabang game akan bertanding di Babak Grand Final Piala Presiden Esports 2023 yang rencananya akan diselenggarakan di Tennis Indoor Stadium Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada bulan Oktober mendatang.

Baca Juga: Game MOBA Bertema Budaya Nusantara, Lokapala, Ini 6 Faktanya! 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya