Comscore Tracker

Jadi Calon Menteri Jokowi, Erick Thohir Populer di Kancah Olahraga

Apakah ia akan menjadi Menpora baru kita?

Jakarta, IDN Times - Nama Erick Thohir diisukan bakal jadi salah satu calon menteri di kabinet baru Jokowi pada periode 2019-2024 ini. Namanya termasuk ke dalam deretan figur ternama yang dipanggil ke Istana Negara pada Senin (21/10) pagi ini.

Populer namanya sebagai pengusaha kelas kakap, Erick terbukti andal kala terjun di dunia olahraga. Bahkan, ia tak hanya berkecimpung di satu cabang olahraga (cabor) saja, namun juga merambah berbagai cabor mulai dari sepakbola hingga basket.

1. Di dunia basket Asia dan Indonesia, nama Erick sangat populer

Jadi Calon Menteri Jokowi, Erick Thohir Populer di Kancah OlahragaAlexander Anggriawan/DBL Indonesia

Di dunia basket, Erick Thohir dikenal sebagai pemilik salah satu klub tersukses di Indonesia, Satria Muda. Di level kontinen, namanya juga harum mewangi. Ia pernah menjabat di SEABA, organisasi basket Asia Tenggara, pernah terlibat di jajaran kepempimpinan FIBA, organisasi basket dunia, seperti FIFA-nya basket.

Dan sampai detik ini, Thohir juga masih aktif di dunia basket karena rekam jejaknya yang aktif di Perbasi, federasi bola basket Indonesia.

Baca Juga: Erick Thohir Diplot Jadi Menteri Jokowi? Ini 6 Sepak Terjangnya

2. Sepakbola dunia pun mengenal nama Erick Thohir

Jadi Calon Menteri Jokowi, Erick Thohir Populer di Kancah Olahragasempreinter.com

15 Oktober 2013, Erick Thohir, bersama perusahaannya bernama International Sports Capital HK Limited, di mana ia jadi pemegang saham mayoritas, resmi mengakuisisi 70 persen saham klub Serie A, Internazionale Milano.

Inter Milan kemudian mengangkat Erick Thohir sebagai chairman pada November 2013 dan di bawah kepemimpinannya ia membantu merestrukturisasi neraca keuangan Inter.

Per 2019, Erick memang telah melepas sahamnya di Inter dan menyerahkannya kepada konsorsium asal Tiongkok, Suning Group.

Selain Inter Milan, Erick Thohir juga berkecimpung di Oxford United, DC United, hingga menjabat sebagai komisioner di klub besar Indonesia, Persib Bandung. Yang terbaru, kabarnya, pemilik Mahaka Group ini juga berniat membeli saham mayoritas Persis Solo.

3. Di NBA, kamu juga akan menemukan jejak Erick Thohir

Jadi Calon Menteri Jokowi, Erick Thohir Populer di Kancah OlahragaTwitter/@sixers

Tak hanya di basket Asia dan Tanah Air, Erick Thohir sampai saat ini juga masih terhitung sebagai salah satu bagian dari konsorsium pemegang saham mayoritas di klub peserta NBA, Philadelphia 76ers.

Mengakuisisi saham Sixers sejak 2011, Thohir tergabung dalam konsorsium yang juga berisi aktor Hollywood, Will Smith, dan pengusaha Indonesia lainnya, Handy Soetedjo.

Baca Juga: Bos Mahaka Media Erick Thohir Juga Dipanggil Jokowi ke Istana

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You