Comscore Tracker

Pornpawee Chochuwong, Rising Star Baru Tunggal Putri Thailand

Ratchanok ada tandem di Timnas Thailand, nih!

Jakarta, IDN Times - Ajang Spain Masters 2020 yang dihelat pada akhir Februari lalu memunculkan kejutan, utamanya di sektor tunggal putri. Bermain melawan jagoan tuan rumah sekaligus mantan juara Olimpiade, Carolina Marin, di laga puncak, di luar dugaan Pornpawee Chochuwong mampu menang dan meraih gelar juara.

Berkat hasil positif di Barcelona ini sendiri, kini peringkatnya pun melesat cukup pesat. Pebulu tangkis berusia 22 tahun itu kini duduk di posisi 15 dunia, hanya beberapa peringkat saja di luar 10 besar dunia di nomor tunggal putri.

1. Pornpawee adalah contoh yang layak ditiru atlet tunggal putri Indonesia

Pornpawee Chochuwong, Rising Star Baru Tunggal Putri ThailandAksi tunggal putri Thailand, Pornpawee Chochuwong di ajang Indonesia Open 2019. bwfbadminton.com

Sejak terakhir era Maria Kristin, regenerasi tunggal putri di pelatnas PBSI sejatinya terus berjalan, namun sayangnya tak banyak prestasi yang bisa ditorehkan. Mentok adalah prestasi Fitriani di 2019 lalu, ketika ia menjuarai Thailand Masters 2019. Namun setelahnya, prestasi Fitri jeblok dan ia bahkan harus dicoret dari skuat ke All England 2020.

Dari Pornpawee, sejatinya Indonesia layak berkaca. Kalah teknik pukulan dan footwork dibandingkan Marin, yang notabene salah satu tunggal putri elite dunia, ia tetap mampu mengimbangi atlet Spanyol itu dengan keuletan dan gaya main yang ngeyel. Mentalitas petarung seperti itu yang perlu dimiliki oleh tunggal putri kita yang acap sekali terlihat merasa kalah sebelum bertanding.

Baca Juga: Indonesia Open: Kalah dari Ratchanok, Fitriani Akui Kehebatan Lawan

2. Korea Selatan punya An Se-young, Thailand ada Pornpawee

Pornpawee Chochuwong, Rising Star Baru Tunggal Putri ThailandTunggal putri Korea Selatan, An Se-young berlaga di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Tepikan sejenak Tiongkok dan Jepang yang punya tunggal putri top di jajaran 5 besar dunia, berkaca dari negara seperti Korea Selatan dan Thailand saja, sejatinya Indonesia masih kalah jauh secara prestasi di nomor ini.

Thailand tahun lalu meloloskan Ratchanok Intanon dan Busanan Ongbamrungphan ke ajang BWF World Tour Finals 2019. Tak hanya itu, putri Thailand juga menjuarai nomor beregu putri di ajang SEA Games 2019. Bahkan Ratchanok saja masih berumur 25 tahun, Negeri Gajah Putih sudah memunculkan sosok Pornpawee Chochuwong yang mampu merebut gelar di BWF World Tour.

Lain Thailand, lain Korea Selatan. Di sektor tunggal putri, mereka sudah berpaling dari Sung Ji-hyun dan kini menjadikan An Se-young, pemain berusia 17 tahun, sebagai tunggal putri utama. Se-young sendiri bisa disebut fenomenal karena ia sudah mampu menjuarai ajang BWF Super 750 di French Open 2019 lalu.

Lalu, Indonesia kapan?

3. Pornpawee sudah menggebrak sejak 2019, kini tinggal menunggu konsistensi

Pornpawee Chochuwong, Rising Star Baru Tunggal Putri ThailandPornpawee Chochuwong, atlet tunggal putri Thailand. Bwfbadminton.com

Sejak 2019, Pornpawee sejatinya sudah menggebrak. Ia menembus babak perempat final di ajang Super 1000, China Open 2019. Sayang, langkahnya kala itu terhenti oleh juara dunia asal India, Pusarla Sindhu.

Bermain dengan gaya ortodoks khas tunggal putri dengan mengandalkan rally panjang dan keuletan mengejar bola, Pornpawee akhirnya sukses meraih gelar BWF Super 300 di Spain Masters 2020 dengan menundukkan Carolina Marin di laga puncak.

Jika semakin konsisten, kita akan melihat tunggal putri Thailand semakin meramaikan jajaran 10 besar dunia, nih!

Baca Juga: Putri KW, Harapan Baru di Sektor Tunggal Putri Indonesia

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya