Gak Nyangka, 8 Olahraga Ini Muncul Karena Hasil Kolaborasi!

Ada yang sudah terkenal di Indonesia nih!

Olahraga seperti sepakbola, bulutangkis, basket, voli hingga sepeda memang sudah populer di dunia. Namun tahukah kamu, ternyata ada olahraga-olahraga hasil gabungan alias kolaborasi dari olahraga-olahraga tersebut?

Sedikitnya ada 8 olahraga hasil penggabungan 2 atau lebih olahraga populer. Sebagian memang hanya dilakukan di beberapa negara, namun tak sedikit ada juga lho yang sudah terkenal di Indonesia. Kamu sudah pernah coba belum?

1. FootGolf.

https://www.youtube.com/embed/lR3C8Zd8jdA

Olahraga satu ini adalah gabungan dari sepak bola dan golf. Cara memainkannya adalah pemain harus menendang bola namun memakai peraturan dalam permainan golf seolah-olah bola tersebut adalah bola golf. 

Di Inggris, sudah ada lho lapangan khusus FootGolf ini. Bahkan tahun 2012 lalu sudah dibentuk Federation for International FootGolf.

2. Kronum.

https://www.youtube.com/embed/etm54u7MA3A

Kronum ialah sebuah olahraga hasil campuran permainan sepak bola, basket dan bola tangan yang sudah dikembangkan dan populer sejak tahun 2008 di Pennyslvania, Amerika. Olahraga ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing beranggotakan 10 orang. Sementara lapangannya sendiri dibagi menjadi 4 kuadran yang masing-masing memiliki gawang.

3. Triathlon.

https://www.youtube.com/embed/OpiDGvgQ7bs

Olahraga satu ini sudah cukup populer di Indonesia. Terdiri dari 3 macam cabang olahraga yakni renang, lari dan sepeda membuat olahraga ini membutuhkan ketahanan fisik ekstra dan setiap cabang olahraganya, mempunyai jarak tempuh yang berbeda-beda. Peserta triathlon umumnya harus menyelesaikan satu cabang olahraga terlebih dahulu baru melanjutkan ke cabang olahraga lain.

4. Tinju Catur atau Chess Boxing.

https://www.youtube.com/embed/t7ZwMVLMezI

Kamu pasti heran dengan olahraga ini. Permainan ini bukan bermain catur sambil meninju lawan kok tapi bergantian antara permainan tinju dan catur untuk setiap ronde.

Petinju dan pemain catur harus menunggu saat ada yang skak mat atau KO untuk menyelesaikan pertandingan. Pertandingan ini bahkan berlangsung hingga sebelas ronde. Wow!

5. Bossaball.

https://www.youtube.com/embed/CFB_RCewa3s

Olahraga Bossaball sebenarnya mirip dengan permainan voli, namun dimainkan di atas trampolin sehingga para pemainnya bisa melompat dan melempar bola dengan mudah. Permainan ini juga dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 3 sampai 5 pemain.

6. Sepakbola Seperda atau Radball.

https://www.youtube.com/embed/1FA0I77lMgY

Olahraga gabungan lainnya ialah sepak bola sepeda. Seperti namanya, olahraga ini terdiri dari dua tim yang masing-masing memiliki 2 orang anggota yang mengendarai sepeda tanpa rem alias freewheel. Setiap tim akan menggiring bola menuju gawang lawan dan menendang bola dengan memakai roda sepeda.

7. Hockey sepeda roda satu.

https://www.youtube.com/embed/gIaLfqXdb1g

Seperti namanya, permainan ini menggunakan sepeda roda satu untuk memainkan Hockey. Makanya olahraga ini butuh konsentrasi penuh untuk mengendalikan sepeda sekaligus memainkan Hockey.

8. Snookball.

https://www.youtube.com/embed/y0IfM9JdfUU

Snookball merupakan singkatan dari snooker yakni istilah lain untuk olahraga biliar dan sepakbola. Di sini, stick biliar digantikan oleh kaki saja. Di Indonesia sendiri olahraga ini sudah digandrungi oleh anak muda.

Itu tadi olahraga gabungan alias kolaborasi yang ada di dunia. Kamu sudah pernah coba yang mana nih?

jcnd Photo Verified Writer jcnd

thalitajacinda.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya