5 Pemain AC Milan yang Pakai Nomor 17 Sebelum Rafael Leao

Kunci kemenangan AC Milan atas sang rival

Dengan sumbangan dua gol, Rafael Leao sukses membawa AC Milan menang atas Inter Milan dalam laga bertajuk Derby della Madonnina di San Siro, Milan, Sabtu (4/9/2022). Pemain dengan nomor punggung 17 ini mempunyai peran penting di timnya saat ini.

Meski cukup penting, Leao ternyata belum bisa disebut sebagai pemilik nomor 17 terbaik dalam sejarah AC Milan. Terdapat beberapa pemain hebat yang dahulunya pernah menggunakan nomor punggung tersebut.

1. Christian Abbiati

5 Pemain AC Milan yang Pakai Nomor 17 Sebelum Rafael LeaoChristian Abbiati (uefa.com)

Christian Abbiati merupakan salah satu kiper yang cukup lama membela AC Milan. Ia berseragam Rossonerri terhitung sejak 1998 hingga akhirnya pensiun pada 2016.

Abbiati cukup sering berganti nomor punggung ketika berseragam AC Milan. Pada paruh kedua 2004/2005, ia pernah tercatat menggunakan nomor punggung 17.

Selama berkarier untuk AC Milan, Abbiati mencatatkan banyak laga. Ada total 380 laga dengan torehan 145 nirbobol yang sukses ia catatkan.

2. Dario Simic

5 Pemain AC Milan yang Pakai Nomor 17 Sebelum Rafael LeaoDario Simic (twitter.com/acmilan)

Nama selanjutnya ialah Dario Simic, bek sayap berkebangsaan Kroasia yang pernah 6 tahun (2002—2008) berseragam AC Milan. Pada 3 musim pertamanya, Simic sempat menggunakan nomor punggung 14.

Ia menggantinya sejak 2005/2006 hingga akhirnya hengkang ke AS Monaco pada 2008/2009. Untuk AC Milan, Simic hanya mencatatkan 1 gol dan 2 assist selama 6 musim. Angka tersebut tak begitu banyak mengingat peran Simic yang sebatas pelapis dari Cafu.

Baca Juga: Mengenal Rafael Leao, Pemain Andalan AC Milan yang Sedang Melejit

3. Gianmarco Zigoni

5 Pemain AC Milan yang Pakai Nomor 17 Sebelum Rafael LeaoGianmarco Zioni (ilovepalermocalcio.com)

Tak banyak penggemar AC Milan yang mengingat nama Gianmarco Zigoni. Penyerang ini promosi dari tim muda AC Milan pada 2011. Namun, ia lebih sering dipinjamkan ke tim lain.

Zigoni hanya bermain selama semusim pada 2009/2010 dengan catatan satu penampilan. Kala itu, ia menggunakan nomor 17 sebagai nomor punggungnya. Karier Zigoni sebagai pesepak bola lebih sering berkutat di tim medioker.

4. Massimo Oddo

5 Pemain AC Milan yang Pakai Nomor 17 Sebelum Rafael LeaoMassimo Oddo (legaseriea.it)

Massimo Oddo merupakan salah satu pemain yang membawa Timnas Italia menjadi juara Piala Dunia 2006. Ia pernah 5 musim berseragam AC Milan, tepatnya pada 2006 hingga 2011 kala bek kanan ini pindah ke Lecce.

Selama berseragam AC Milan, Oddo lebih sering menggunakan nomor punggung 44. Namun, pada musim terakhirnya (2011/2012), ia mengganti nomornya menjadi 17. Oddo sukses mencatatkan 80 laga dengan sumbangan 2 gol dan 6 assist untuk AC Milan.

5. Cristian Zapata

5 Pemain AC Milan yang Pakai Nomor 17 Sebelum Rafael LeaoCristian Zapata (legaseriea.it)

Tepat sebelum Rafael Leao, nomor punggung 17 di AC Milan merupakan milik Cristian Zapata. Bek berkebangsaan Kolombia ini menggunakan nomor punggung 17 dalam kurun waktu yang cukup lama, yakni selama 7 tahun (2012—2019).

Saat berseragam AC Milan, Zapata jarang terhitung muncul sebagai pemain inti. Ia lebih sering menjadi pemain pelapis atau pemain yang baru muncul dari bangku cadangan. Torehan 5 gol dan 6 assist sukses Zapata berikan dalam 148 laga untuk Rossoneri.

Meski telah mendapatkan posisi yang nyaman di AC Milan, Rafael Leao harus terus konsisten dan bekerja lebih keras lagi. Bukan tidak mungkin jika kerja kerasnya tersebut membawa Leao jadi pemain inti Timnas Portugal pada Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Fakta Kemenangan AC Milan vs Inter Milan, Leao Memukau!

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya