10 Potret Jusuf Nurkic, Center Kokoh Berjuluk Bosnian Beast

Kekuatan utama timnas Bosnia

Dibandingkan negara pecahan Yugoslavia lain, Bosnia dan Herzegovina bukanlah yang paling menonjol di bola basket. Namun, bukan berarti pebasket asal Bosnia tak punya kualitas yang baik.

Jusuf Nurkic, yang saat ini bermain untuk Portland Trail Blazers, menjadi salah satu contoh nyata pebasket Bosnia yang berkualitas. Permainan hebatnya sebagai center cukup menonjol di NBA.

1. Jusuf Nurkic lahir di Zivinice, Bosnia dan Herzegovina, pada 23 Agustus 1994. Usianya telah menginjak 27 tahun

10 Potret Jusuf Nurkic, Center Kokoh Berjuluk Bosnian BeastJusuf Nurkic (instagram.com/bosnianbeast27)

2. Karier profesionalnya dimulai bersama Korsakaski Cedevita di Kroasia pada 2012

10 Potret Jusuf Nurkic, Center Kokoh Berjuluk Bosnian BeastJusuf Nurkic daln Damian Lillard (instagram.com/bosnianbeast27)

3. Nurkic sempat bergabung dengan tim KK Zadar pada 2013, sebelum bermain di NBA setahun setelahnya

10 Potret Jusuf Nurkic, Center Kokoh Berjuluk Bosnian BeastJusuf Nurkic saat berseragam BC Zadar (instagram.com/bosnianbeast27)

4. Pada gelaran NBA Draft 2014, Nurkic terpilih di urutan ke-16 oleh Chicago Bulls, sampai akhirnya ditukar ke Denver Nuggets

10 Potret Jusuf Nurkic, Center Kokoh Berjuluk Bosnian BeastJusuf Nurkic dalam sesi latihan bersama Portland Trail Blazers (instagram.com/bosnianbeast27)

5. Bermain untuk Denver Nuggets selama 3 musim, Nurkic mampu tampil gemilang dan terpilih dalam bagian NBA All-Rookie Second Team 2015

10 Potret Jusuf Nurkic, Center Kokoh Berjuluk Bosnian BeastJusuf Nurkic saat berseraga, Denver Nuggets (instagram.com/bosnianbeast27)

Baca Juga: 10 Potret Jordan Clarkson, Pemain Cadangan Terbaik NBA asal Filipina

6. Pada 2017, Nurkic ditukar ke Portland Trail Blazers untuk Mason Plumlee dan beberapa hak pilih dalam NBA Draft

10 Potret Jusuf Nurkic, Center Kokoh Berjuluk Bosnian BeastJusuf Nurkic saat berseragam Portland Trail Blazers (instagram.com/bosnianbeast27)

7. Berkat kemampuan hebatnya dan tingginya yang mencapai 211 cm, Jusuf Nurkic dijuluki sebagai The Bosnian Beast

10 Potret Jusuf Nurkic, Center Kokoh Berjuluk Bosnian BeastJusuf Nurkic melakukan blok terhadap Max Strus (instagram.com/bosnianbeast27)

8. Jusuf Nurkic sempat absen selama setahun akibat patah tulang fibula pada 2019. Ia harus absen pada Januari 2019—Maret 2020

10 Potret Jusuf Nurkic, Center Kokoh Berjuluk Bosnian BeastJusuf Nurkic daln Damian Lillard (instagram.com/bosnianbeast27)

9. Di timnas Bosnia dan Herzegovina, Jusuf Nurkic merupakan kekuatan utama tim bersama Dzanan Musa

10 Potret Jusuf Nurkic, Center Kokoh Berjuluk Bosnian BeastJusuf Nurkic dan Mirza Teletovic saat berseragam timnas Bosnia (instagram.com/bosnianbeast27)

10. Meski berposisi sebagai center, Nurkic diketahui sangat mengidolai Kobe Bryant yang berposisi shooting guard

10 Potret Jusuf Nurkic, Center Kokoh Berjuluk Bosnian BeastJusuf Nurkic daln Kobe Bryant (instagram.com/bosnianbeast27)

Jusuf Nurkic menjadi 1 dari 6 pemain berkebangsaan Bosnia dan Herzegovina yang pernah bermain di NBA. Dari keenam nama tersebut, hanya Jusuf Nurkic dan Mirza Teletovic yang berhasil bertahan di NBA lebih dari 5 tahun.

Baca Juga: 10 Fakta CJ McCollum, Presiden Asosiasi Pemain NBA Saat Ini

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya