Capaian Indonesia dalam 5 Edisi Terakhir India Open, Nirgelar di 2023

Tanpa gelar di dua edisi terakhir

India Open 2023 resmi berakhir pada Minggu (22/1/2022). Jepang keluar sebagai juara umum dengan dua gelar. Korea Selatan, China, dan Thailand merebut tiga gelar lainnya.

Indonesia sendiri harus pulang tanpa gelar juara di turnamen BWF super 750 ini. Bahkan, mereka tak meloloskan satu wakil pun ke babak final. Namun, ini bukan pertama kalinya Indonesia nirgelar di India Open.

Simak capaian Indonesia dalam lima edisi terakhir India Open.

1. India Open 2017 (1 gelar)

Capaian Indonesia dalam 5 Edisi Terakhir India Open, Nirgelar di 2023Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (twitter.com/BAI_Media)

Indonesia hanya mengirim sepuluh wakil ke India Open 2017. Mereka mengirim sedikit karena India Open hanya berkategori super series saat itu.

Meski beramunisi 10 wakil, Indonesia berhasil merebut 1 gelar juara. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dari sektor ganda putra juara setelah memenangi perang saudara kontra Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi di final.

2. India Open 2018 (2 gelar)

Capaian Indonesia dalam 5 Edisi Terakhir India Open, Nirgelar di 2023Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo saat menjuarai India Open 2018. (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Indonesia hadir dengan 13 wakil di India Open 2018. Pada edisi ini, mereka berhasil keluar sebagai juara umum dengan merebut 2 gelar juara dan 1 runner-up. Seluruhnya berasal dari sektor ganda.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mengulang kesuksesan mereka pada edisi sebelumnya. Greysia Polii/Apriyani Rahayu dari sektor ganda putri meraih satu gelar lainnya. Sementara, ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang kalah dari ganda campuran China terpaksa jadi runner-up.

Baca Juga: 5 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Usai India Open 2023

3. India Open 2019 (1 gelar)

Capaian Indonesia dalam 5 Edisi Terakhir India Open, Nirgelar di 2023Greysia Polii dan Apriyani Rahayu saat menjuarai India Open 2019. (m.pbsi.id)

Indonesia mengirim 14 wakil ke India Open 2019. Namun, mereka hanya merengkuh satu gelar juara lewat Greysia Polii/Apriyani Rahayu dari sektor ganda putri.

Indonesia sejatinya meloloskan dua wakil lain ke babak final, yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran) dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi (ganda putra). Sayangnya, mereka harus puas menjadi runner-up setelah gagal meraih kemenangan pada babak final. 

4. India Open 2022 (nirgelar)

Capaian Indonesia dalam 5 Edisi Terakhir India Open, Nirgelar di 2023Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Indonesia hanya mengirim tiga pemain ke India Open 2022. PBSI tidak mengirim atlet pelatnas karena maraknya COVID-19 di India. Indonesia diwakili para pemain nonpelatnas atau pemain profesional.

Tiga wakil Indonesia pada edisi ini gagal melanjutkan gelar juara yang sudah didapat pada edisi sebelumnya. Ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi wakil Indonesia yang melangkah paling jauh. Daddies melangkah hingga ke babak final sebelum dikalahkan tuan rumah.

5. India Open 2023 (nirgelar)

Capaian Indonesia dalam 5 Edisi Terakhir India Open, Nirgelar di 2023Anthony Sinisuka Ginting (pbsi.id)

Kebuntuan Indonesia di India Open 2022 berlanjut ke India Open 2023. Indonesia lagi-lagi pulang tanpa gelar di turnamen terbesar di Asia Selatan ini. Mengirimkan 14 wakil terbaik, Indonesia justru kehilangan amunisi sejak semifinal.

Tiga wakil Indonesia yang melaju paling jauh adalah Jonatan Christie (tunggal putra), Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra). Hasil ini melenceng dari target awal di mana sektor tunggal dan ganda putra ditargetkan untuk juara.

Indonesia mencatatkan hasil yang cukup buruk pada dua edisi terakhir India Open. Mereka perlu memperbaiki ini pada masa mendatang.

Baca Juga: 2 Wakil China Mundur di Final India Open 2023, Kenapa?

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya