Comscore Tracker

Daftar Lengkap Juara Bertahan Malaysia Open, China Mendominasi!

Empat juara bertahan berasal dari China

Pekan ini turnamen Malaysia Open 2022 mulai dihelat. Kejuaraan dengan predikat super 750 ini akan berlangsung mulai, Rabu (28/6/2022) hingga Minggu (3/7/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia.

Ajang ini menjadi kali pertama Malaysia Open digelar setelah batal diselenggarakan dua tahun beruntun pada 2020 dan 2021 akibat pandemik COVID-19 yang belum stabil di Malaysia. Di edisi terakhir, China keluar sebagai juara umum dengan menyabet empat gelar juara. Sementara satu gelar lainnya diraih oleh Taiwan.

Berikut merupakan daftar lengkap juara bertahan Malaysia Open.

1. Tunggal putra - Lin Dan (China)

Daftar Lengkap Juara Bertahan Malaysia Open, China Mendominasi!Lin Dan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Tunggal putra China, Lin Dan, keluar sebagai juara di Malaysia Open 2019. Meskipun bukan pemain unggulan, Lin Dan berhasil melenggang jauh hingga merebut gelar juara.

Di partai final, Lin Dan menumbangkan kompatriotnya, Chen Long, lewat drama pertarungan rubber game dengan skor, 9-21, 21-17, dan 21-11. Lin Dan sendiri sudah tak lagi bertanding di turnamen internasional. Ia memutuskan gantung raket sejak tahun 2020 lalu.

2. Tunggal putri - Tai Tzu Ying (Taiwan)

Daftar Lengkap Juara Bertahan Malaysia Open, China Mendominasi!Tai Tzu Ying (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Juara bertahan Malaysia Open di sektor tunggal putri adalah Tai Tzu Ying yang berasal dari Taiwan. Saat itu, Tai Tzu Ying yang diunggulkan di posisi pertama, sukses merengkuh gelar juara tanpa kehilangan satu gim pun dari lawannya sejak babak pertama hingga partai final.

Tai Tzu Ying mengalahkan unggulan keempat dari Jepang, Akane Yamaguchi, di partai final. Ia memenangkan pertandingan dengan skor, 21-16 dan 21-19. Tahun ini, Tai Tzu Ying mengikuti Malaysia Open sebagai unggulan kedua. Ia dijadwalkan berjumpa dengan tunggal Belgia, Lianne Tan, di babak pertama.

Baca Juga: Daftar Skuad Indonesia di Malaysia Open 2022, Kevin/Marcus Absen

3. Ganda putra - Li Jun Hui/Liu Yu Chen (China)

Daftar Lengkap Juara Bertahan Malaysia Open, China Mendominasi!Li Jun Hui/Liu Yu Chen (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Di sektor ganda putra, juara bertahan Malaysia Open disandang oleh wakil China, Li Jun Hui/Liu Yu Chen. Li/Liu yang saat itu berpredikat unggulan kedua berhasil menyabet gelar juara usai membungkam wakil Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, di partai final.

Menghadapi ganda putra unggulan ketiga tersebut, Li/Liu menang dengan skor, 21-12 dan 21-17. Di Malaysia Open 2022, Liu kembali turun. Namun, kali ini ia tidak berduet bersama Li Jun Hui, melainkan bersama Ou Xuan Yi. Li Jun Hui sendiri sudah mengumumkan pensiun sejak tahun 2021 lalu.

4. Ganda putri - Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China)

Daftar Lengkap Juara Bertahan Malaysia Open, China Mendominasi!Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Juara bertahan Malaysia Open di sektor ganda putri juga dipegang oleh wakil China. Mereka adalah Chen Qing Chen/Jia Yi Fan yang saat itu diunggulkan di posisi kelima.

Pada laga final, Chen/Jia menaklukkan rekan senegara, Du Yue/Li Yin Hui, melalui pertandingan straight game dengan skor, 21-14 dan 21-15. Chen/Jia akan ikut serta di Malaysia Open tahun ini sebagai unggulan pertama. Mereka akan berjumpa Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard dari Thailand di babak pertama.

5. Ganda campuran - Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China)

Daftar Lengkap Juara Bertahan Malaysia Open, China Mendominasi!Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Dari sektor ganda campuran, titel juara bertahan Malaysia Open juga disandang oleh wakil China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Mereka yang saat itu jadi unggulan pertama sukses membabat habis lawan-lawannya tanpa kehilangan satu gim pun.

Zheng/Huang mengalahkan kompatriotnya, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping, di babak final dengan skor, 21-17 dan 21-13. Di edisi Malaysia Open 2022 ini, Zheng/Huang turun sebagai unggulan kedua. Mereka akan berhadapan dengan wakil tuan rumah, Hoo Pang Roon/Toh Ee Wei, di babak pertama.

Dominasi wakil China di edisi Malaysia Open sebelumnya tentu merupakan sebuah capaian yang luar biasa. Mampukah wakil Indonesia mengimbangi kedigdayaan China di Malaysia Open 2022?

Baca Juga: Naik Status, Malaysia Open Kini Setingkat Indonesia Open

Kelfin Gilang Photo Verified Writer Kelfin Gilang

Believe in yourself and you'll be unstoppable

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya