5 Fakta Timnas Voli Putra Indonesia di AVC Challenge Cup for Men 2023

Ditargetkan masuk final!

Ajang AVC Challenge Cup 2023 segera digelar. Turnamen voli antarnegara Asia ini resmi bergulir mulai tanggal 8 hingga 15 Juli 2023 di Taiwan.

Indonesia menjadi salah satu negara yang berpartisipasi di turnamen ini. Turun dengan kekuatan terbaiknya, simak fakta timnas voli putra Indonesia untuk AVC Challenge Cup for Men 2023. 

1. Turnamen kelas Asia pertama timnas voli putra sejak 2019

5 Fakta Timnas Voli Putra Indonesia di AVC Challenge Cup for Men 2023Tim voli putra Indonesia (asianvolleyball.net)

AVC Challenge Cup for Men 2023 ini menjadi turnamen kelas Asia pertama yang diikuti timnas voli putra Indonesia sejak 2019. Turnamen kelas Asia terakhir yang diikuti timnas voli putra Indonesia adalah Asian Senior Men's Volleyball Championship atau Kejuaraan Asia 2019 di Teheran, Iran. Saat itu, timnas voli putra Indonesia harus puas berakhir di posisi ke-12. 

Baca Juga: Timnas Voli Putri Jadi Runner Up AVC Challenge Cup 2023

2. Bawa skuad yang hampir sama dengan SEA Games 2023

5 Fakta Timnas Voli Putra Indonesia di AVC Challenge Cup for Men 2023Pemain dan ofisial Indonesia untuk AVC Challenge Cup for Men 2023 (pbvsi.or.id)

Timnas voli putra Indonesia diperkuat oleh pemain terbaiknya di AVC Challenge Cup for Men 2023. Pemain yang akan diboyong ke Taiwan tak jauh berbeda dengan pemain yang tampil di SEA Games 2023 Kamboja. Hanya ada dua nama baru yang mengisi skuad Indonesia. Berikut daftar skuad voli putra Indonesia di AVC Challenge Cup for Men 2023.

Libero

  • Irpan
  • Fahreza Rakha Abhinaya

Middle Blocker

  • Cep Indra Agustin
  • Hernanda Zulfi
  • M. Malizi
  • Hendra Kurniawan

Opposite

  • Boy Arnez Arabi
  • Rivan Nurmulki

Outside Hitter

  • Doni Haryono
  • Farhan Halim
  • Fahri Septian Putratama
  • Agil Angga Anggara

Setter

  • Nizar Julfikar
  • Dio Zulfikri 

Empat belas pemain di atas dipilih usai dilaksanakannya pemusatan latihan yang sudah dimulai sejak 7 Juni 2023 lalu. Sebelumnya, pemusatan latihan diikuti oleh 18 pemain. Namun, hanya 14 pemain saja yang diikutsertakan. Jasen N. Kilanta, Yudha M. Putra, Amin Kurnia Sandy Akbar, dan Luvi Febrian Nugraha adalah empat pemain yang dicoret oleh PBVSI.

3. Tergabung dalam Grup F bersama Sri Lanka dan Bahrain

5 Fakta Timnas Voli Putra Indonesia di AVC Challenge Cup for Men 2023Tim voli putra Indonesia (asianvolleyball.net)

Timnas voli putra Indonesia tergabung dalam Grup F di AVC Challenge Cup for Men 2023. Dalam grup tersebut, penggawa Indonesia akan bersaing dengan Bahrain dan Sri Lanka. Timnas voli Indonesia akan berhadapan dengan Sri Lanka terlebih dahulu pada 8 Juli 2023. Sementara itu, laga menghadapi Bahrain akan berlangsung pada 10 Juli 2023.

4. Jadikan AVC Challenge Cup sebagai ajang uji coba untuk Asian Games 2022

5 Fakta Timnas Voli Putra Indonesia di AVC Challenge Cup for Men 2023Tim voli putra Indonesia (image.kemenpora.go.id)

AVC Challenge Cup for Men 2023 menjadi bagian penting dalam persiapan timnas voli putra Indonesia menghadapi Asian Games 2022. Turnamen tersebut menjadi salah satu dari dua turnamen internasional yang dijadikan ajang uji coba. Sementara itu, satu turnamen lainnya yang menjadi ajang uji coba adalah Asian Senior Men's Volleyball Championship 2023 atau Kejuaraan Asia 2023.

5. Ditargetkan masuk final oleh Ketua Umum PBVSI

5 Fakta Timnas Voli Putra Indonesia di AVC Challenge Cup for Men 2023Tim voli putra Indonesia (image.kemenpora.go.id)

AVC Challenge Cup for Men 2023 ini sedianya hanyalah ajang uji coba. Meski begitu, Ketua Umum PBVSI, Imam Sudjarwo, tetap mematok target tinggi. Ia menargetkan timnas voli putra Indonesia menembus final AVC Challenge Cup 2023.

"Saya sangat optimis bahwa tim voli putra Indonesia bisa meraih hasil yang maksimal. Saya target masuk final," ujar Imam dalam sambutannya saat pelepasan tim voli putra Indonesia yang berlangsung di Sentul, Bogor, Rabu (5/7/2023).

Tim voli putra Indonesia sendiri sudah bertolak menuju Taiwan sejak Kamis (6/7/2023). Semoga mereka mampu tampil maksimal dan memenuhi target tinggi pada AVC Challenge Cup for Men 2023 ini!

Baca Juga: 5 Fakta Lolosnya Tim Voli Putri Polandia ke Putaran Final VNL 2023

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya