5 Pebulu Tangkis dengan Kemenangan Terbanyak di Tahun 2022

Ada yang hanya dua kali menelan kekalahan!

Kemenangan merupakan salah satu faktor penting bagi seorang pemain bulu tangkis di setiap pertandingan. Namun, memenangkan sebuah pertandingan tentu bukanlah perkara mudah, terutama di era ketatnya persaingan dunia bulu tangkis saat ini.

Menariknya, sederet pebulu tangkis dunia di bawah ini berhasil meraih jumlah kemenangan yang cukup tinggi sepanjang tahun 2022 ini. Bahkan, beberapa di antaranya mempunyai jumlah kekalahan yang bisa dihitung dengan jari. Kira-kira siapa saja mereka? Berikut kami hadirkan ulasan lengkapnya.

1. Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China, 56 kemenangan)

5 Pebulu Tangkis dengan Kemenangan Terbanyak di Tahun 2022Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Memimpin di posisi pertama, ada ganda campuran terbaik China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Juara dunia tiga kali ini mengoleksi 56 kemenangan dari 58 laga yang dilakoninya sepanjang tahun 2022. Ini berarti, Zheng/Huang hanya dua kali menelan kekalahan dengan persentase kemenangan 96,5 persen tahun ini.

Dua kekalahan yang dialami oleh Zheng/Huang tahun ini terjadi di turnamen All England 2022 dan Japan Open 2022. Di turnamen All England 2022, Zheng/Huang kalah dari kompatriotnya, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping. Sedangkan, di turnamen Japan Open 2022, Zheng/Huang dibekuk oleh Yuta Watanabe/Arisa Higashino dari Jepang.

2. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia, 52 kemenangan)

5 Pebulu Tangkis dengan Kemenangan Terbanyak di Tahun 2022Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berada di posisi kedua sebagai pebulu tangkis dengan kemenangan terbanyak tahun ini. Ganda putra Indonesia yang tengah naik daun ini berhasil membukukan 52 kemenangan sepanjang tahun 2022.

Meski memiliki jumlah kemenangan yang banyak, persentase kemenangan Fajar/Rian tidak terlalu tinggi tahun ini. Hal ini dikarenakan Fajar/Rian telah 14 kali mengalami kekalahan dari 66 pertandingan yang mereka lakoni. Sehingga, persentase kemenangan mereka hanya menyentuh angka 78,7 persen.

Baca Juga: 5 Pebulu Tangkis Termuda yang Raih Gelar BWF World Tour di Tahun 2022

3. Viktor Axelsen (Denmark, 51 kemenangan)

5 Pebulu Tangkis dengan Kemenangan Terbanyak di Tahun 2022Viktor Axelsen (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Viktor Axelsen asal Denmark jadi pebulu tangkis berikutnya dengan kemenangan terbanyak tahun ini. Dari 54 laga yang ia mainkan tahun ini, 51 di antaranya berbuah kemenangan. Viktor hanya tiga kali kalah dalam setahun ini dengan persentase kemenangan 94,4 persen.

Adapun tiga kekalahan yang dialami Viktor tahun ini didapat dari Lakshya Sen (India), Loh Kean Yew (Singapura), dan Prannoy HS (India). Selain tiga kekalahan tersebut, tahun ini Viktor juga sempat mundur sebelum bertanding di beberapa turnamen. Namun hal tersebut tidak dihitung sebagai kekalahan dalam statistik BWF.

4. Chen Yu Fei (China, 50 kemenangan)

5 Pebulu Tangkis dengan Kemenangan Terbanyak di Tahun 2022Chen Yu Fei (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Kembali dari China, tunggal putri Chen Yu Fei juga termasuk salah satu pebulu tangkis dengan kemenangan terbanyak tahun ini. Jumlah kemenangan Chen hanya terpaut satu angka dari Viktor, yakni 50 kali. Meski hanya selisih satu kemenangan, jumlah kekalahan yang dialami Chen lebih banyak dari Viktor, yakni 14 kali.

Dari data tersebut, dapat dihasilkan persentase kemenangan Chen dalam setahun ini adalah 78,1 persen. Walaupun jumlah kekalahan Chen cukup banyak, kebanyakan kekalahan tersebut dialami oleh Chen saat berlaga di partai pamungkas.

5. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China, 50 kemenangan)

5 Pebulu Tangkis dengan Kemenangan Terbanyak di Tahun 2022Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Berbekal 50 kemenangan, ganda putri Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dari China juga berhasil masuk dalam deretan pebulu tangkis dengan kemenangan terbanyak tahun ini. Sepanjang tahun 2022, Chen/Jia hanya 7 kali menelan kekalahan. Ini berarti persentase kemenangan mereka tahun ini mencapai angka persen.

Sebanyak 7 kekalahan yang dialami Chen/Jia tahun ini kebanyakan terjadi di babak perempat final. Setidaknya, ada 4 kekalahan yang dialami Chen/Jia di babak perempat final. Sedangkan 3 kekalahan lainnya dialami di babak pertama, semifinal, dan final.

 

Selain memiliki jumlah kemenangan yang banyak, kelima pebulu tangkis diatas juga sukses meraup banyak gelar juara tahun ini. Pada musim yang akan datang, mampukah mereka menjaga konsistensinya?

Baca Juga: 6 Pebulu Tangkis Dunia yang Capai Rangking Terbaik Usai WTF 2022

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya