6 Fakta Unik Olahraga Sumo yang Perlu Kamu Tahu!

Gak semua pesumo berbadan besar

Sumo adalah olahraga tradisional asal Jepang yang sangat populer yang  sudah ada sejak 1.500 tahun lalu. Pada awalnya sumo adalah bagian dari ritual agama shinto, ring sumo bahkan dapat ditemukan di banyak kuil di Jepang.

Meski hanya ada di Jepang, olahraga ini menyimpan beberapa fakta unik yang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Simak di bawah ini yuk untuk menyimak fakta-fakta unik mengenai olahraga sumo.

1. Pemain wanita

6 Fakta Unik Olahraga Sumo yang Perlu Kamu Tahu!cdns.klimg.com

Dahulu, sumo tidak hanya dimainkan oleh laki-laki saja. Sumo juga dimainkan oleh wanita. Namun, saat ini Asosiasi Sumo Jepang melarang adanya pemain wanita bertanding di dalam ring. Hal ini disebabkan karena sumo identik dengan kekuatan fisik dan kekerasan.

Meski tidak diperbolehkan mengikuti kejuaraan, pementasan sumo wanita masih dapat dilakukan jika dengan tujuan hanya untuk hiburan semata.

2. Nggak harus gemuk

6 Fakta Unik Olahraga Sumo yang Perlu Kamu Tahu!instructables.com

Jika mendengar olahraga sumo, orang pasti akan langsung membayangkan para pemainnya yang berbadan gemuk. Namun, ternyata pemain sumo tidak harus gemuk, lho. Pesumo zaman dahulu bahkan cenderung berbadan kurus namun harus memiliki otot dan tenaga yang kuat.

3. Pemain sumo berasal dari luar Jepang

6 Fakta Unik Olahraga Sumo yang Perlu Kamu Tahu!mentalfloss.com

Meski merupakan olahraga tradisional Jepang, gak hanya orang Jepang asli yang boleh mengikuti olahraga ini. Orang asing-pun diperbolehkan mengikuti olahraga ini meski harus mengikuti beberapa syarat seperti fasih berbahasa Jepang dan mengerti budaya-nya. Sekarang ini pemain asing sumo cukup banyak yang berasal dari luar Jepang, mereka biasanya berasal dari Mongolia, Rusia, Turki, Eropa Timur, atau Korea.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Olahraga Sumo Kebanggaan Orang Jepang

4. Latihan yang keras

6 Fakta Unik Olahraga Sumo yang Perlu Kamu Tahu!andywlms.com

Jangan karena para pemain yang kebanyakan gemuk, membuatmu berpikir bahwa kehidupan para pesumo hanya makan tidur saja, ya. Justru para pesumo harus rajin olahraga dan latihan yang sangat keras agar memiliki tenaga yang kuat untuk menjatuhkan lawan di ring.

5. Hidup tradisional

6 Fakta Unik Olahraga Sumo yang Perlu Kamu Tahu!Otakunoculture.files.wordpress.com

Karena merupakan olahraga tradisional Jepang, para pesumo juga memiliki aturan untuk selalu menggunakan kimono dan sandal kayu setiap hari. Mereka harus selalu hidup tradisional dan bertingkah laku sopan.

6. Rambut panjang

6 Fakta Unik Olahraga Sumo yang Perlu Kamu Tahu!Asianews.it

Seorang sumo diharuskan untuk memanjangkan rambutnya agar bisa diikat membentuk chonmage, yakni gaya rambut mirip samurai di zaman edo. Mereka tetap menghargai banget budayanya ya.

Ternyata gak semua pesumo diwajibkan untuk berbadan besar, namun justru harus memanjangkan rambut.. Dari keenam daftar di atas, fakta tentang sumo manakah yang belum kamu tahu?

Baca Juga: Asosiasi Sumo Jepang Akan Mengizinkan Perempuan Masuki Arena

Kenny Riana Photo Verified Writer Kenny Riana

Jatuh berkali-kali untuk bangkit. Kamu tidak akan pernah bangkit jika tidak pernah jatuh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya