4 Keuntungan Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Games

Udah nabung belum buat nonton?

Jakarta, IDN Times - Gegap-gempita perhelatan Asian Games 2018 mulai terasa. Acara yang berlangsung di DKI Jakarta, Palembang, dan beberapa kota di Jawa Barat ini akan dibuka pada 18 Agustus 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. 

Sebagai tuan rumah, Indonesia tentu patut berbangga diri karena dipastikan akan mendapatkan berkah atas terselenggaranya ajang ini. Apa saja? 

1. Sukses Asian Games bantu naikkan branding Indonesia

4 Keuntungan Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian GamesIDN Times/Linda Juliawanti

Presiden Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) Erick Thohir menyatakan komitmennya untuk mensukseskan Asian Games. Menurutnya, sukses Asian Games bisa jadi bercabang menjadi sukses hal lain.

"Nah, kalau dilihat sukses Asian Games bisa menjadi puluhan sukses lainnya seperti National Branding, legacy atau warisan program kepada masyarakat Indonesia dengan volunteer-nya, para generasi muda agar bisa jadi future leader di masa mendatang," ucap Erick saat ditemui di Stadion GBK, Kamis (16/3).

2. Promosikan satwa Indonesia

4 Keuntungan Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Gamesinhabitat.com

Selain itu, Asian Games juga dapat menjadi ajang untuk mempromosikan satwa di Indonesia. Erick mengatakan melalui Asian Games dia menampilkan maskot ada bernama Kaka, Binbin, atung, yang merepresentasikan Bhineka Tunggal Ika yang dilindungi dan unik untuk Indonesia. 

"Kita ingin berpartisipasi bahwa ini bagian promosi Indonesia sebagai bangsa bahwa kita ini mesti menyayangi satwa dan alam kita," ucap dia.

3. Ubah pola hidup masyarakat

4 Keuntungan Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian GamesIDN Times/Uni Lubis

Lebih lanjut, mantan Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) ini mengungkapkan Asian Games juga akan membantu pola hidup masyarakat, salah satunya dengan membantu kebiasaan berjalan kaki setelah aturan dilarangnya kendaraan pribadi dicanangkan.

"Tentu kita harapkan dengan berjalan kaki bahwa ada kebangkitan hidup masyarakat Jakarta mulai hidup sehat, tertib buang sampah, mendisplinkan diri dnegan antre juga. Nah tentu kita harapkan kalau ada kultur seperti ini, karena apapun kontribusi kita sekecil apapun pasti nanti membantu dunia kita yang sudah makin tua," tutur dia.

Baca juga: Potensi Kebakaran Hutan Saat Asian Games, Ini 3 Langkah Antisipasinya

 4. Asian Games awal mula kebangkitan olahraga Indonesia

4 Keuntungan Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian GamesANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sementara itu, Direktur Utama Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno ( PPKGBK), Winarto, menjelaskan Asian Games dapat menjadi trigger dari banyaknya perubahan terutama terkait olahraga. 

"Saya yakin kalau tidak di-trigger dengan Asian Games maka banyak hal yang tidak sempat kita dapatkan yang setelah itu ada itu akan jadi warisan baru di 2018," ucapnya.

Bahkan, Winarto menyebutkan tahun ini menjadi tahun kebangkitan olahraga di Indonesia karena Asian Games 2018. 

"Bagi kami 2018 ini merupakan tahun kebangkitan olahraga di Indonesia. Sebelumnya kita sering dengar Asian Games tahun 1962 di mana atlet kita banyak prestasi secara global, tapi sayang beberapa tahun setelahnya makin melorot," imbuhnya.

"Dan 2018 ini kami yakin ini merupakan tahun kebangkitan olahraga karena banyak fasilitas olahraga yang dibangun dan kecintaan masyarakat terhadap olahraga juga kembali bergairah sebagai impact Asian games," tutupnya.

 

Baca juga: Selama Asian Games Kendaraan Pribadi Dilarang Masuk GBK

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya