7 Ganda Campuran Dunia Naik Peringkat pasca Kejuaraan Asia 2023

Didominasi oleh pasangan Indonesia

Perubahan peringkat bulu tangkis dunia sudah menjadi rutinitas mingguan yang dirilis oleh BWF usai gelaran turnamen. Tak terkecuali perubahan peringkat usai Kejuaraan Asia 2023 yang telah sukses digelar pada 25--30 April 2023 lalu di Dubai, Uni Emirat Arab.

Banyak terjadi perubahan pada peringkat BWF, khususnya di sektor ganda campuran. Setidaknya, ada tujuh ganda campuran dunia yang sukses naik peringkat usai tampil di Kejuaraan Asia  2023. Didominasi wakil Indonesia, lho!

1. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)

7 Ganda Campuran Dunia Naik Peringkat pasca Kejuaraan Asia 2023Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (instagram.com/bwf.official)

Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai berhasil naik peringkat usai penampilan mereka di Kejuaraan Asia 2023. Meski gugur pada babak pertama, ganda campuran Thailand ini tetap berhasil naik satu tingkat.

Mereka tidak terlalu kehilangan banyak poin meski gugur di babak awal. Kini, Dechapol/Sapsiree ada di urutan ke-3 dunia setelah sebelumnya duduk di peringkat ke-4.

Baca Juga: 5 Ganda Putra Dunia Naik Peringkat setelah Kejuaraan Asia 2023

2. Kim Won Ho/Jeong Na Eun (Korea Selatan)

7 Ganda Campuran Dunia Naik Peringkat pasca Kejuaraan Asia 2023Kim Won Ho/Jeong Na Eun (instagram.com/official_bka)

Ganda campuran selanjutnya yang juga berhasil naik peringkat adalah Kim Won Ho/Jeong Na Eun. Melaju sampai babak kedua, wakil Korea Selatan ini kian mantap di top 10 peringkat BWF.

Kini Kim/Jeong ada di urutan ke-9 dunia. Mereka berhasil naik satu peringkat setelah sebelumnya ada di urutan ke-10 dunia.

3. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Indonesia)

7 Ganda Campuran Dunia Naik Peringkat pasca Kejuaraan Asia 2023Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati(instagram.com/badminton.ina)

Wakil ganda campuran Indonesia juga naik peringkat. Mereka adalah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang kini telah masuk 10 besar ganda campuran dunia.

Sebelumnya, Rehan/Lisa duduk di peringkat ke-11 dunia. Kini, mereka naik satu tingkat dan menghuni peringkat ke-10 dunia.

4. Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China)

7 Ganda Campuran Dunia Naik Peringkat pasca Kejuaraan Asia 2023Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (instagram.com/weiyaxin00)

Berhasil keluar sebagai juara di Kejuaraan Asia 2023, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin sukses naik drastis pada pembaharuan peringkat BWF minggu ini. Pasangan muda dari China ini kian mendekati top 10 ganda campuran dunia.

Jiang/Wei naik sembilan peringkat di urutan ke-12 dunia setelah sebelumnya ada di peringkat ke-21. Ini merupakan capaian terbaik Jiang/Wei di sepanjang karier bulu tangkis mereka.

Baca Juga: 10 Perubahan Peringkat Tunggal Putra Dunia setelah Kejuaraan Asia 2023

5. Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (Indonesia)

7 Ganda Campuran Dunia Naik Peringkat pasca Kejuaraan Asia 2023Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (instagram.com/badminton.ina)

Satu lagi ganda campuran Indonesia yang juga berhasil naik peringkat adalah Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari. Melaju sampai perempat final, Rinov/Mentari sukses naik peringkat minggu ini.

Kini, Rinov/Mentari ada di urutan ke-13 dunia. Mereka berhasil naik satu peringkat setelah sebelumnya ada di urutan ke-14 dunia.

6. Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran (Thailand)

7 Ganda Campuran Dunia Naik Peringkat pasca Kejuaraan Asia 2023Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran (instagram.com/bwf.official)

Selanjutnya, ada Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran, wakil ganda campuran Thailand yang juga berhasil naik peringkat usai penampilan impresif di Kejuaraan Asia 2023. Lolos sampai babak kedua, mereka berhasil naik satu tingkat.

Supak/Supissara kini ada di peringkat ke-14. Sebelumnya, mereka menghuni peringkat ke-15 dunia.

7. Dejan Ferdiansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia)

7 Ganda Campuran Dunia Naik Peringkat pasca Kejuaraan Asia 2023Dejan Ferdiansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (instagram.com/badminton.ina)

Ganda campuran terakhir yang naik peringkat kembali datang dari Indonesia. Mereka adalah Dejan Ferdiansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang berhasil naik empat tingkat.

Melaju sampai semifinal Kejuaraan Asia 2023, kini Dejan/Gloria ada di top 15. Sebelumnya, mereka menghuni peringkat ke-19 dunia, kini Dejan/Gloria duduk di urutan ke-15.

Tampil baik di Kejuaraan Asia 2023, sederet ganda campuran di atas sukses naik peringkat BWF. Kini, banyak deretan pemain muda yang menghuni 15 besar peringkat dunia ganda campuran.

Baca Juga: 5 Ganda Putri Dunia yang Naik Peringkat usai Kejuaraan Asia 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya