Daftar Juara Bertahan World Tour Finals, Tak Ada Indonesia!

Korea Selatan sukses keluar jadi juara umum

BWF World Tour Finals menjadi turnamen terakhir BWF di tahun 2022 ini. Setelah serangkaian turnamen BWF World Tour sejak bulan Januari 2022 lalu, ajang WTF ini menjadi turnamen penutup paling ditunggu oleh para badminton lovers.

Indonesia sendiri merupakan tuan rumah pada BWF World Tour Finals edisi tahun lalu. Meski menjadi tuan rumah, Indonesia gagal meraih satu pun gelar di BWF World Tour Finals tahun kemarin. Sementara itu, Korea Selatan sukses keluar sebagai juara umum dengan raihan dua gelar. Berikut daftar lengkap juara bertahan BWF World Tour Finals pada tahun 2021 lalu.

1. Tunggal putra: Viktor Axelsen (Denmark)

Daftar Juara Bertahan World Tour Finals, Tak Ada Indonesia!Viktor Axelsen (instagram.com/bwf.official)

Dari sektor tunggal putra, Viktor Axelsen berhasil keluar sebagai juara di World Tour Finals 2021. Tunggal putra terbaik dunia ini melawan wakil andalan Thailand, Kunlavut Vitidsarn, pada laga final.

Tunggal putra Denmark tersebut berhasil mengalahkan Kunlavut dengan cukup mudah. Axelsen menang dalam 2 gim langsung dengan skor 21-12 dan 21-8 dalam waktu 43 menit.

2. Tunggal putri: An Se Young (Korea Selatan)

Daftar Juara Bertahan World Tour Finals, Tak Ada Indonesia!An Se Young (instagram.com/bwf.official)

Tunggal putri muda asal Korea Selatan, An Se Young, berhasil meraih gelar pertamanya di ajang BWF World Tour Finals pada tahun 2021 lalu. Dirinya mengalahkan tunggal putri India, Pusarla V. Sindhu.

An Se Young juga mendapat kemenangan lewat pertarungan yang cukup mudah saat melawan Sindhu. Dalam waktu 39 menit, Sindhu takluk oleh An Se Young dengan skor 21-16 dan 21-12.

Baca Juga: 6 Negara Tersukses di World Tour Finals, Mana Saja?

3. Ganda putra: Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)

Daftar Juara Bertahan World Tour Finals, Tak Ada Indonesia!Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (instagram.com/bwf.official)

Pada sektor ganda putra, sebenarnya ada satu wakil Indonesia yang berhasil melaju sampai babak final, mereka adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Sayangnya, The Minions harus takluk oleh ganda putra asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Melalui pertarungan tiga set, akhirnya Hoki/Kobayashi berhasil meraih kemenangan dengan skor 21-16, 13-21, dan 21-17. Kekalahan inilah yang membuat Indonesia tidak meraih satu pun gelar di rumah sendiri.

4. Ganda putri: Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea Selatan)

Daftar Juara Bertahan World Tour Finals, Tak Ada Indonesia!Kim So Yeong/Kong Hee Yong (instagram.com/he_yong_s2)

Kim So Yeong/Kong Hee Yong berhasil memberikan gelar kedua untuk Korea Selatan. Hasil ini mengokohkan Korea Selatan sebagai juara umum dengan dua gelar di World Tour Finals 2021 lalu.

Kim/Kong sukses menaklukkan ganda putri asal Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Dalam waktu 44 menit, mereka berhasil menang dengan skor kembar 21-14 dan 21-14.

5. Ganda campuran: Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)

Daftar Juara Bertahan World Tour Finals, Tak Ada Indonesia!Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (instagram.com/bwf.official)

Thailand meraih gelar satu-satunya di BWF World Tour Finals 2021 melalui Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Ganda campuran andalan Thailand ini mampu menumbangkan pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisha Higashino.

Dechapol/Sapsiree menang atas Watanabe/Higashino dua gim langsung. Mereka menang dengan skor akhir 21-19 dan 21-11.

 

BWF World Tour Finals 2022 akan segera digelar pada 7--11 Desember 2022 di Bangkok, Thailand. Meski tahun lalu Indonesia tidak bisa meraih satu pun gelar, semoga hasil tahun ini bisa lebih baik, ya!

Baca Juga: Fajar/Rian dan Hendra/Ahsan Berebut Gelar di World Tour Finals

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya