Klasemen Akhir Grup B Piala Sudirman 2023, Indonesia Jadi Runner-up

Thailand keluar sebagai juara grup

Piala Sudirman 2023 menggelar pertandingan fase grup sejak Minggu (14/5/2023) lalu. Grup B berisi Thailand, Indonesia, Kanada, dan Jerman menyelesaikan pertandingan fase grup hari ini, Kamis (18/5/2023).

Thailand dan Indonesia menjadi dua negara yang lolos ke babak berikutnya. Mereka mendapat kepastian itu dari hasil pertandingan badminton di Grup B hari ini. Sementara itu, Kanada dan Jerman harus rela menghentikan langkah mereka pada fase grup.

Berikut klasemen akhir Grup B Piala Sudirman 2023.

1. Thailand lolos sebagai juara grup

Klasemen Akhir Grup B Piala Sudirman 2023, Indonesia Jadi Runner-upDechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (instagram.com/bwf.official)

Thailand lolos ke perempat final sebagai juara Grup B. Jerman menjadi negara pertama yang dihadapi mereka pada fase Grup B Piala Sudirman 2023. Hasil akhir dari pertandingan Thailand dan Jerman adalah 4-1 untuk kemenangan Thailand. Pada pertarungan fase grup kedua, Thailand juga menang atas Kanada (4-1). Mereka tidak terbendung sejak awal.

Sudah meraih dua kemenangan berturut-turut, Indonesia menjadi negara terakhir yang dihadapi Thailand. Hanya mengalami kekalahan pada sektor ganda putra dan putri,  Negeri Gajah Putih menang lagi. Mereka unggul 3-2 atas Indonesia.

2. Indonesia menjadi runner-up Grup B

Klasemen Akhir Grup B Piala Sudirman 2023, Indonesia Jadi Runner-upFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Indonesia menemani Thailand ke perempat final Piala Sudirman 2023. Pada pertarungan pertama, Indonesia sendiri mesti bersua dengan Kanada. Tampil menekan sejak awal, mereka mampu memenangi pertandingan dengan skor sempurna. Indonesia unggul 5-0.

Jerman menjadi negara kedua yang dihadapi Indonesia pada fase Grup B Piala Sudirman 2023. Hanya mengalami kekalahan pada sektor ganda putra, mereka unggul atas Jerman dengan skor 4-1. Sayangnya, pada pertandingan fase grup terakhir hari ini, Indonesia harus tunduk atas Thailand. Skor 2-3 membuat mereka gagal menjadi juara grup.

Baca Juga: Putri KW Jatuh Bangun, Indonesia Jadi Runner-up Grup B Piala Sudirman

3. Kanada menempati peringkat tiga di Grup B Piala Sudirman 2023

Klasemen Akhir Grup B Piala Sudirman 2023, Indonesia Jadi Runner-upBrian Yang (instagram.com/byang2001)

Kanada menempati posisi ketiga pada klasemen akhir Grup B Piala Sudirman 2023. Pada pertandingan pertama, Kanada bertemu Indonesia. Pada pertarungan ini, mereka harus menelan kekalahan telak 0-5. Kanada tidak bisa berbuat banyak menghadapi tim kuat di dunia badminton.

Kanada kemudian bersua Thailand pada hari kedua fase grup Piala Sudirman 2023.  Hanya bisa meraih poin dari sektor tunggal putra, mereka lagi-lagi harus mengakui keunggulan lawan. Kanada tumbang dengan skor 1-4.

Jerman lantas menjadi negara terakhir yang dihadapi Kanada. Pada duel ini, mereka akhirnya meraih kemenangan pertama pada fase grup. Kanada mengalahkan Jerman dengan skor 3-2. Kemenangan pertama ini diraih dari sektor tunggal lewat Brian Yang (tunggal putra) dan Michelle Li (tunggal putri). Satu poin lagi diraih dari Dong Adam/Nyl Yakura (ganda putra).

4. Jerman menjadi negara yang selalu mengalami kekalahan

Klasemen Akhir Grup B Piala Sudirman 2023, Indonesia Jadi Runner-upMark Lamsfuss/Marvin Seidel (instagram.com/bwf.official)

Jerman menjadi satu-satunya negara yang tidak mendapat satu kemenangan pun di Grup B Piala Sudirman 2023. Pada pertandingan pertama, mereka berduel dengan pemuncak klasemen, Thailand. Ganda putra menjadi satu-satunya wakil yang meraih poin dari laga Jerman melawan Thailand.

Pada pertarungan kedua, Jerman kembali takluk 1-4. Kali ini dari Indonesia. Mark Lamsfuss/Marvin Seidel menjadi satu-satunya penyumbang poin Jerman saat itu. Namun, itu tentu tidak cukup untuk membuat mereka menang.

Kanada kemudian menjadi negara terakhir yang dihadapi Jerman. Pada pertandingan ini, Jerman kalah 2-3. Mereka hanya mampu mengambil poin dari Mark Lamsfuss/Isabel Lohau (ganda campuran) dan Linda Elfer/Isabel Lohau (ganda putri).

Hasil akhir klasemen Grup B Piala Sudirman 2023 membuat Thailand keluar sebagai juara grup. Mereka memenangi tiga pertandingan berturut-turut. Sementara itu, Indonesia berada di posisi kedua dengan total dua kemenangan. Sisanya menjadi negara yang terhenti pada fase grup.

Baca Juga: Klasemen Akhir Grup C Piala Sudirman 2023, India Terhenti di Fase Grup

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya