8 Lawan Pemain Putra Indonesia di Babak Pertama India Open 2023

Ada laga derby di sektor ganda putra

Rangkaian Asia tour turnamen BWF kembali berlanjut. Setelah sukses menggelar Malaysia Open 2023, kini Asia tour BWF akan berlanjut ke India Open 2023.

Turnamen BWF super 750 ini akan digelar di Jadhav Indoor Hall, New Delhi, India mulai tanggal 17--22 Januari 2023. Dari 14 wakil yang akan dikirim ke India Open 2023, sektor putra menjadi wakil terbanyak. Ada 4 wakil dari nomor tunggal putra dan 5 wakil dari nomor ganda putra.

Berikut lawan yang akan dihadapi pemain putra Indonesia di babak pertama India Open 2023. Bakal ada perang saudara, lho!

1. Chico Aura Dwi Wardoyo vs. Shi Yu Qi (China)

8 Lawan Pemain Putra Indonesia di Babak Pertama India Open 2023Chico Aura Dwi Wardoyo (instagram.com/badminton.ina)

Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, berada di pool atas pada draw India Open 2023. Ia akan bersua wakil China, Shi Yu Qi.

Dari segi peringkat, Chico lebih unggul dibanding Shi Yu Qi. Chico menempati urutan ke-19 dunia, sementara Shi Yu Qi ada di urutan ke-34 dunia.

2. Jonatan Christie vs. Brian Yang (Kanada)

8 Lawan Pemain Putra Indonesia di Babak Pertama India Open 2023Jonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Satu lagi tunggal putra Indonesia yang juga menempati pool atas adalah Jonatan Christie. Wakil Kanada, Brian Yang, akan menjadi lawan Jojo pada babak pertama India Open 2023.

Dari segi peringkat, Jojo unggul jauh dibanding Brian. Saat ini Jojo ada di urutan ke-3 dunia, sedangkan Brian di urutan ke-22 dunia.

3. Anthony Sinisuka Ginting vs. Lu Guang Zu (China)

8 Lawan Pemain Putra Indonesia di Babak Pertama India Open 2023Anthony Sinisuka Ginting (instagram.com/badminton.ina)

Berbeda dari sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting berada di pool bawah pada draw India Open 2023. Lu Guang Zu dari China akan menjadi lawan Ginting pada babak pertama.

Perbedaan peringkat kedua tunggal putra ini tidak terlalu jauh. Ginting lebih unggul sedikit karena ada di peringkat ke-4 dunia, sementara Lu Guang Zu ada di peringkat ke-11 dunia.

4. Shesar Hiren Rhustavito vs. Lee Zii Jia (Malaysia)

8 Lawan Pemain Putra Indonesia di Babak Pertama India Open 2023Shesar Hiren Rhustavito (instagram.com/badminton.ina)

Tunggal putra terakhir ada Shesar Hiren Rhustavito. Ia akan berada di pool yang sama dengan Ginting. Lawan yang akan dihadapi Vito pada babak pertama India Open 2023 adalah wakil Malaysia, Lee Zii Jia.

Dari segi peringkat, Vito kalah jauh dibandingkan dengan Lee Zii Jia. Vito berada di peringkat ke-24 dunia, sementara Lee Zii Jia unggul jauh dengan menempati urutan ke-2 dunia.

Baca Juga: Serba Pertama Gelar Juara Fajar/Rian di Malaysia Open 2023

5. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Liang Wei Keng/Wang Chang (China)

8 Lawan Pemain Putra Indonesia di Babak Pertama India Open 2023Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/badminton.ina)

Kali ini, ada sektor ganda putra yang menempati draw pool atas, yaitu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang akan langsung berhadapan dengan finalis Malaysia Open 2023 lalu. Liang Wei Keng/Wang Chang dari China akan dihadapi The Daddies di babak pertama India Open 2023.

Dari segi peringkat Ahsan/Hendra memang lebih unggul daripada Liang/Wang. Ahsan/Hendra ada di urutan ke-2 dunia, sedangkan Liang/Wang ada di urutan ke-17. Tetapi, The Daddies tetap harus waspada dengan ganda putra muda China yang sedang on-fire ini.

6. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

8 Lawan Pemain Putra Indonesia di Babak Pertama India Open 2023Kevin/Marcus dan Leo/Daniel (instagram.com/herry_ip)

Perang saudara akan terjadi antara Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang berhadapan dengan junior mereka, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Kedua ganda putra Indonesia ini juga menempati pool atas bersama The Daddies.

Dari segi peringkat, Leo/Daniel justru lebih unggul dibandingkan senior mereka itu. Saat ini, Leo/Daniel berada di peringkat ke-14 dunia, sementara senior mereka, Kevin/Marcus, saat ini tengah menghuni urutan ke-23 dunia.

7. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs. He Ji Ting/Zhou Hao Dong (China)

8 Lawan Pemain Putra Indonesia di Babak Pertama India Open 2023Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (instagram.com/badminton.ina)

Kali ini ada wakil ganda putra Indonesia yang berada di pool bawah, yaitu Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Wakil dari China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong akan menjadi lawan mereka di babak pertama India Open 2023.

Perbedaan peringkat kedua ganda putra ini tidak terlalu jauh. Bagas/Fikri lebih unggul sedikit karena ada di peringkat ke-11 dunia, sementara He/Zhou ada di peringkat ke-20 dunia.

8. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs. Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (Korea Selatan)

8 Lawan Pemain Putra Indonesia di Babak Pertama India Open 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Ganda putra Indonesia terakhir merupakan juara Malaysia Open 2023, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang juga ada di pool bawah draw India Open 2023. Choi Sol Gyu/Kim Won Ho dari Korea Selatan akan menjadi lawan Fajar/Rian di babak pertama.

Peringkat kedua ganda putra ini juga tidak terlalu terpaut jauh. Keduanya sama-sama menempati peringkat 10 besar dunia. Fajar/Rian ada di peringkat satu dunia, sementara Choi/Kim ada di peringkat ke-9 dunia.

Babak pertama India Open 2023 akan berlangsung selama dua hari, yaitu pada hari Selasa (17/1/2023) dan Rabu (18/1/2023). Semoga semua wakil bulu tangkis Indonesia bisa bermain baik dan melaju ke babak selanjutnya dan yang terpenting dijauhkan dari cedera.

Baca Juga: Gara-gara Cedera, Apriyani/Fadia Mundur dari India Open 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya