5 Wakil Indonesia Terakhir Peraih Juara di Turnamen Malaysia Open

Indonesia kembali raih medali di Malaysia Open 2023

Turnamen Malaysia Open 2023 memasuki babak final pada hari ini, Minggu (15/1/2023). Gelar juara pada turnamen BWF super 1000 ini akan diperebutkan oleh deretan atlet-atlet bulu tangkis top papan atas dunia.

Dalam beberapa edisi terakhir turnamen Malaysia Open, hanya ada beberapa nama wakil Indonesia yang berhasil menyumbangkan medali untuk Indonesia. Berikut beberapa wakil Garuda terakhir yang berhasil menjadi juara di Malaysia Open.

1. Malaysia Open 2022

5 Wakil Indonesia Terakhir Peraih Juara di Turnamen Malaysia OpenApriyani Rahayu/Siti Fadia (instagram.com/badminton.ina)

Setelah di tahun 2020 dan 2021 tidak diadakan akibat pandemik COVID-19, turnamen Malaysia Open kembali digelar pada tahun 2022. Banyak atlet bulu tangkis dunia yang sudah sangat antusias untuk ikut berlaga di turnamen ini.

Di edisi Malaysia Open 2022, Indonesia berhasil meraih satu gelar juara. Raihan medali emas itu di dapat dari sektor ganda putri. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti jadi sosok yang berhasil menaklukkan pasangan China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu, di partai final untuk merengkuh gelar juara.

2. Malaysia Open 2017

5 Wakil Indonesia Terakhir Peraih Juara di Turnamen Malaysia OpenKevin Sanjaya/Marcus Gideon (instagram.com/badminton.ina)

Pada edisi turnamen Malaysia Open 2017, Indonesia juga berhasil meraih satu gelar juara. Kala itu, gelar dipersembahkan oleh sektor ganda putra.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil menyumbangkan satu gelar untuk Indonesia di Malaysia Open 2017. Gelar itu mereka raih setelah mengalahkan ganda putra China, Fu Haifeng/Zheng Si Wei, di partai puncak.

Baca Juga: 5 Pertandingan Terlama di Babak Perempat Final Malaysia Open 2023

3. Malaysia Open 2016

5 Wakil Indonesia Terakhir Peraih Juara di Turnamen Malaysia OpenTontowi Ahmad/Liliyana Natsir (instagram.com/natsirliliyana)

Selanjutnya ada sektor ganda campuran yang juga pernah menyumbang medali emas di ajang Malaysia Open. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil raih gelar pada edisi Malaysia Open 2016.

Di partai puncak Malaysia Open 2016, pasangan yang lebih dikenal dengan nama Owi/Butet ini berhasil mengalahkan wakil tuan rumah. Chan Peng Son/Goh Liu Ying menjadi lawan yang ditumbangkan oleh ganda campuran terbaik Indonesia ini di laga final.

4. Malaysia Open 2015

5 Wakil Indonesia Terakhir Peraih Juara di Turnamen Malaysia OpenMohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/badminton.ina)

Sektor ganda putra memang menjadi salah satu sektor yang cukup sering memberikan gelar juara di Malaysia Open. Pada Malaysia Open 2015, ganda putra juga menyumbang medali emas untuk Indonesia.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil keluar sebagai juara edisi Malaysia Open 2015. Mereka berhasil membukukan kemenangan di final dengan mengalahkan Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong dari Korea Selatan.

5. Malaysia Open 2013

5 Wakil Indonesia Terakhir Peraih Juara di Turnamen Malaysia OpenMohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/badminton.ina)

Malaysia Open 2013 menjadi salah satu turnamen yang sangat berkesan untuk Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Di turnamen ini mereka berhasil meraih gelar juara pertama kali setelah mereka dipasangkan di tahun 2012.

Pasangan berjuluk The Daddies ini membekuk wakil Korea Selatan, Lee Yong Dae/Ko Sung Hyun di babak final. Kemenangan pertama di Malaysia Open 2013 ini menjadi awalan yang baik bagi karier mereka hingga menjadi ganda putra terbaik Indonesia.

Pada partai final turnamen Malaysia Open 2023 sendiri, Indonesia berhasil meraih satu medali juara lewat satu wakilnya, yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Ganda putra terbaik dunia saat ini tersebut mengalahkan wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang, dengan skor 21-18, 18-21, dan 21-13.

Baca Juga: Perjalanan Fajar/Rian Menuju Final Malaysia Open 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya