11 Atlet yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Mental

Atlet juga suka merasakan beban berat dalam hidupnya

Jakarta, IDN Times - Menjadi atlet bukan pekerjaan mudah. Tidak hanya dituntut untuk tampil prima, para atlet tak jarang harus dibebani dengan ekspektasi prestasi yang diberikan masyarakat.

Di tengah upayanya menjaga kebugaran fisik, tak jarang para atlet justru mengalami gangguan kesehatan mental.

Berikut IDN Times tuliskan daftar 11 atlet yang sempat mengalami gangguan kesehatan mental saat menjalani kariernya:

1. Nama perenang Amerika Serikat, Michael Phelps sempat ramai dibicarakan setelah dia buka-bukaan soal depresi yang dialaminya. Phelps bahkan sempat punya niatan bunuh diri.

11 Atlet yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Mentalbusinessinsider.com

2. Petenis Jepang, Naomi Osaka, sempat mengalami depresi. Hal ini membuat petenis asal Jepang ini terpaksa mengundurkan diri dari ajang French Open dan Wimbledon 2021 lalu.

11 Atlet yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Mentalpotret Naomi Osaka (tennishead.net)

3. Pebasket Kevin Love sempat membagikan kisahnya saat berjuang melawan gangguan kesehatan mental pada 2020 lalu. Kevin merasa seolah dirinya berada di tengah pulau terpencil seorang diri.

11 Atlet yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan MentalKevin Love (defector.com)

4. Petarung MMA Amerika Serikat, Ronda Rousey sempat mengalami depresi di awal kariernya. Rousey sukses mengatasi depresinya dan menjadi salah satu petarung wanita terbaik.

11 Atlet yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan MentalIntagram/rondarousey

5. Atlet baseball Justin Duchscherer sempat didiagnosis depresi klinis pada 2009 lalu. Justin kemudian memutuskan pensiun setahun setelahnya.

11 Atlet yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan MentalJustin Duchscherer (Instagram.com/dennproduct)

6. Petenis Amerika Serikat, Serena Williams, pernah mengalami depresi. Akibatnya, Serena kerap menangis sepanjang waktu lantaran merasa dirinya adalah orang paling menyedihkan di dunia.

11 Atlet yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan MentalSerena William dan Olympia (instagram.com/serenawilliams)

7. Oscar de La Hoya, yang dikenal sebagai eks petinju dunia, juga pernah berjuang melawan depresinya pada 2011 lalu. Petinju yang dijuluki The Golden Boy itu juga sempat kecanduan alkohol dan obat-obatan terlarang.

11 Atlet yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan MentalOscar de La Hoya (Instagram.com/oscardelahoya)

8. Pesenam Amerika Serikat, Simone Biles, sempat mengalami depresi. Ekspektasi masyarakat yang terlalu tinggi jadi beban tersendiri untuk pesenam dengan empat medali emas Olimpiade tersebut.

11 Atlet yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan MentalAtlet senam andalan AS di Olimpiade 2020, Simone Biles. (espn.com).

9. Perenang Olimpiade Amanda Beard sempat mengalami masalah kesehatan mental. Amanda sempat nekat melukai tubuhnya sendiri lantaran penyakitnya itu.

11 Atlet yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan MentalAmanda Beard (Instagram.com/amandaraybeard)

Baca Juga: 7 Mitos soal Cara Merawat Gangguan Kesehatan Mental

10. Atlet American Football Andrew Luck memutuskan penisun pada 2019 lalu. Keputusan itu diambilnya setelah mengalami frustrasi akibat cedera berkepanjangan yang dialaminya.

11 Atlet yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan MentalAndrew Luck (Instagram.com/_andrew_luck)

11. Pesenam Amerika Serikat, Aly Raisman, sempat mengalami peristiwa traumatis karena menjadi korban skandal pelecehan seksual. Aly mengamankan medali emas dari Olimpiade London 2012 dan Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

11 Atlet yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan MentalPotret Aly Raisman yang dikabarkan berteman dekat dengan Chris Evans (instagram.com/alyraisman)

Baca Juga: Hari Kesehatan Mental Sedunia, Mengapa Kesehatan Mental Penting?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya