23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Yuk, dukung perjuangan #TimIndonesia di Paralimpiade Tokyo

Jakarta, IDN Times - Perhelatan Paralimpiade Tokyo 2020 akan dimulai pada Selasa (24/8/2021) esok. Indonesia mengirim 23 wakil untuk berlaga memperebutkan medali.

Seluruh wakil Indonesia akan berlaga di tujuh cabang olahraga di Paralimpiade Tokyo 2020.

Berikut daftar lengkap skuad Paralimpiade Indonesia yang akan berlaga di Tokyo:

1. Sapto Purnomo

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Menderita cerebral palsy tak menghalangi langkah Sapto Purnomo mengharumkan nama Indonesia. Atlet asal Banyumas, Jawa Tengah ini akan mewakili Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 cabor Para Atletik.

2. Karisma Evi Tiarani

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Atlet Para-Atletik Indonesia, Karisma Evi Tiarani (Instagram.com/karisma_et)

Potensi medali Para Limpiade Indonesia diharapkan datang dari wakil para atletik Tanah Air, Karisma Evi Tiarani yang akan berlaga di nomor lari 100 meter putri untuk kategori T44.

Baca Juga: Jalan Putri Aulia Jadi Atlet Sumut Pertama di Paralimpiade

3. Putri Aulia

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Atlet Para-Atletik Indonesia, Putri Aulia (Instagram.com/putriiiauliiaa)

Putri Aulia akan jadi srikandi para atletik Indonesia lainnya yang akan berlaga di ajang Paralimpiade Tokyo 2020. Putri Aulia juga sudah banyak sumbang prestasi untuk Merah-Putih, loh.

4. Elvin Elhudia Sesa

Terlahir sebagai difabel, peran Elvin Elhudia Sesa justru banyak mengharumkan nama Indonesia. Elvin akan turun sebagai salah satu wakil para atletik Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 mendatang.

5. Famini

Wakil para atletik Indonesia lainnya untuk Paralimpiade Tokyo 2020 adalah Famini. Atlet asal Kebumen ini akan turun di kelas F56.

6. Jaenal Aripin

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Kecelakaan pada 2006 lalu mungkin membuat Jaenal Aripin kehilangan kakinya. Namun, semangatnya masih membara. Di ajang Paralimpiade Tokyo 2020, Jaenal Aripin akan berlaga di cabor para atletik dan menjadi pembawa bendera di upacara pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020.

7. Setiyo Budi Hartanto

Satu lagi atlet para atletik yang akan mewakili Indonesia adalah Setiyo Budi Hartanto. Pria kelahiran Jawa Tengah ini dikenal sebagai spesialis nomor lompat jauh kebanggaan Indonesia, loh.

Baca Juga: Korut-Korsel Tak Akan Jalan Bersama di Paralimpiade

8. Fredy Setiawan

Fredy Setiawan akan menjadi wakil Indonesia di cabor para badminton dalam ajang Paralimpiade Tokyo 2020. Fredy selama ini turun empat nomor pertandingan, tunggal putra (SL4), ganda putra (SL3-SL4 dan SU5), dan ganda campuran (SL3-SU5).

9. Hary Susanto

Hary Susanto kehilangan kemampuannya untuk berjalan secara normal setelah alami kecelakaan pada 1997 silam. Meski sempat putus asa, Hary bangkit dan kini kerap mengharumkan bangsa. Hary akan jadi salah satu atlet para badminton yang turun di ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

10. Dheva Anirumusthi

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Atlet Para-Badminton Indonesia, Dheva Anirumusthi (Instagram.com/dvaanrimus)

Dheva Anirumusthi akan mewakili Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 di cabor para badminton nomor SU5. Medali emas menjadi target jelas dari Dheva Anirumusthi di perhelatan akbar ini.

11. Leani Ratri Oktila

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Atlet Para Badminton Indonesia Leani Ratri Oktila (bwfbadminton.coml

Julukannya, ratu para badminton. Sosok Leani Ratri Oktila sudah jelas jadi unggulan Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 mendatang. Menyempurnakan gelarnya dengan emas Paralimpiade jadi impian Leani, lho.

12. Khalimatus Sa'diyah

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Atlet Para-Badminton Indonesia, Khalimatus Sa'diyah (Instagram.com/khalimatussadiyah1709)

Atlet para badminton Indonesia lainnya yang akan turun berlaga di Paralimpiade adalah Khalimatus Sa'diyah. Perempuan berusia 22 tahun ini akan turun di dua sektor, tunggal putri SL4 dan ganda putri SL3-SU5.

13. Ukun Rukaendi

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Atlet Para-Badminton Indonesia, Ukun Rukaendi (Instagram.com/urukaendi)

Ukun Rukaendi akan turut memperkuat skuat Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo 2020. Ukun Rukaend turun di nomor tunggal putra SL3.

14. Suryo Nugroho

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Atlet Para-Badminton Indonesia, Suryo Nugroho (Instagram.com/nugrohosuryo17)

Satu lagi andalan Indonesia di cabor para badminton di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 adalah Suryo Nugroho. Turun di nomor SU5, Suryo ternyata menempati rangking ketiga dari daftar BWF loh.

15. Dian David Mickael Jacobs

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Atlet Para-Tenis Meja Indonesia, Dian David Mickael Jacobs (Instagram.com/davidjacobs_tabletennis77)

Atlet segudang prestasi, begitu Dian David Mickael Jacobs dijuluki. Siapa yang mungkin lupa pada sosok ini, David Jacobs jadi atlet para tenis meja senior yang akan turun berlaga di usia 44 tahun.

16. Komet Akbar

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Atlet Para-Tenis Meja Indonesia, Komet Akbar (Instagram.com/kometakb1001)

Atlet para tenis meja lainnya yang akan turun berlaga untuk Merah-Putih adalah Komet Akbar. Sosok berusia 35 tahun ini juga jadi salah satu atlet senior Tanah Air di Paralimpiade Tokyo 2020, loh.

17. Adyos Astan

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Atlet Para-Tenis Meja Indonesia, Adyos Astan (Instagram.com/adyosastan)

Atlet sekaligus pengusaha, Adyos Astan, akan mewakili Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 cabor para tenis meja. Adyos Astan jadi wakil Indonesia paling senior yang akan turun bertanding di usia 53 tahun.

18. Syuci Indriani

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Margith Juita Damanik

Tumbuh menjadi seorang difabel, Syuci Indriani diperkenalkan dengan olahraga sejak usia dini. Di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 mendatang, Syuci akan turun di cabor para-renang mewakili Indonesia.

19. Jendi Pangabean

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020instagram.com/jendypangabean_akmal

Aquaman, begitu julukan yang kerap disematkan bagi sosok Jendi Pangabean. Jagoan Indonesia satu ini juga dipastikan akan berebut medali di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 mendatang.

20. Bolo Triyanto

Dari cabor para-menembak, Indonesia akan diwakili Bolo Triyanto. Lolos kualifikasi Paralimpiade Tokyo 2020, Bolo Triyanto akan turun di nomor campuran air rifle standing SH2 bersama Hanik Puji Astuti.

21. Hanik Puji Astuti

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Atlet Para-Menembak Indonesia, Hanik Puji Astuti (Instagram.com/hannypujiastuti95)

Wakil para-menembak Indonesia lainnya di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 adalah Hanik Puji Astuti. Selain tampil di nomor campuran bersama Bolo Triyanto, Hanik akan turun di nomor SH1 putri air rifle standing 10 meter.

22. Muhammad Fadli Imammuddin

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Atlet Para-Balap Sepeda Indonesia, Muhammad Fadli Imammuddin (Instagram.com/mfadly43)

Wakil Indonesia lainnya yang akan bertanding di Paralimpiade Tokyo 2020 adalah Muhammad Fadli Imammuddin dari cabor para-balap sepeda. Fadli akan turun di kategori C4-5 nomor 1000 meter time trial dan C4 nomor 4000 meter individual pursuit.

23. Ni Nengah Widiasih

23 Pejuang Super Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020Facebook.com/Ni Nengah Widiasih

Peluang besar medali untuk Merah-Putih dari ajang Paralimpiade Tokyo 2020 datang dari atlet para-angkat besi, Ni Nengah Widiasih. Tampil di Olimpiade ketiganya, Widia membidik medali emas untuk upgrade capaian perunggunya di ajang Paralimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu.

Baca Juga: Profil Ni Nengah Widianingsih, Atlet Paralimpiade yang dapat Bonus Rp 1 M dari Pemerintah

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Satria Permana
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya