4 Negara yang Jadi Juara Grup Kejuaraan Beregu Asia 2023

Indonesia salah satunya!

Jakarta, IDN Times - Fase penyisihan grup ajang Kejuaraan Beregu Campuran Asia (BAMTC) 2023 selesai digelar. Sebanyak delapan negara sudah mengamankan tiket untuk berlaga dalam perempat final di Dubai Exhibition Centre, Dubai pada Jumat (17/2/2023).

Indonesia termasuk salah satu tim yang lolos ke babak delapan besar dan berstatus juara grup. Selain Indonesia, ada empat negara lain yang juga keluar sebagai juara grup di ajang ini.

1. China

4 Negara yang Jadi Juara Grup Kejuaraan Beregu Asia 2023Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

China keluar sebagai juara grup A Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2023. Tampil dengan kekuatan yang seadanya, China justru sukses meraih tiga kemenangan di fase grup dan mengamankan enam poin.

Bersaing dengan Korea Selatan, Singapura, dan Uzbekistan, China meraih kemenangan sempurna 5-0 sebanyak dua kali. Itu terjadi saat melawan Singapura dan Uzbekistan.

Perlawanan sengit didapat China saat berduel dengan Korea Selatan yang akhirnya keluar sebagai runner-up. China memenangkan pertandingan dengan skor akhir 3-2.

Baca Juga: Indonesia Jumpa Korea Selatan di Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2023

2. India

4 Negara yang Jadi Juara Grup Kejuaraan Beregu Asia 2023Pusarla V. Sindhu saat berlaga di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Kejutan datang dari grup B Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2023. Grup ini diisi India, Malaysia, Kazakstan, danUni Emirat Arab.

Duel penentuan juara grup berlangsung antara India dan Malaysia. Berstatus underdog, India malah mampu menjungkalkan Malaysia. Mereka menang dengan skor 4-1.

3. Indonesia

4 Negara yang Jadi Juara Grup Kejuaraan Beregu Asia 2023Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2023 (dok. PP PBSI)

Grup C Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2023 diisi lima negara, beda dengan lainnya. Indonesia menjadi salah satu penghuninya bersama Thailand, Bahrain, Suriah, dan Lebanon.

Skuad Garuda sukses menjadi juara Grup C usai mengantongi tiga kemenangan sempurna 5-0 melawan Lebanon, Suriah, dan Bahrain.

Dalam laga penentuan juara grup, Indonesia yang sempat tertinggal melawan Thailand comeback manis dan memenangkan laga dengan skor akhir 3-2.

4. Jepang

4 Negara yang Jadi Juara Grup Kejuaraan Beregu Asia 2023potret Kodai Naraoka (instagram.com/bwf.official)

Negara terakhir yang keluar sebagai juara grup adalah Jepang. Berada di Grup D, Jepang unggul atas Hong Kong, Taiwan, dan Pakistan.

Skuad Jepang mengantongi tiga kemenangan. Skor sempurna 5-0 diraih saat melawan Pakistan. Jepang menang 4-1 saat melawan Hong Kong dan 3-2 usai jalani duel sengit melawan Taiwan. Hong Kong menjadi runner-up grup dan mendampingi Jepang ke perempat final BAMTC 2023.

Baca Juga: Rinov/Pitha Selamatkan Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya