Alasan Rinov/Pitha Kandas di Perempat Final Australia Open 2023

Tegang, tertekan, dan serba salah

Jakarta, IDN Times - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, gugur di perempat final Australia Open 2023. Pasangan ini gugur melawan wakil China, Cheng Xing/Chen Fang Hui.

Rinov/Pitha kalah dua gim dengan skor 16-21, 16-21 dalam duel yang dihelat di Quay Centre, Sydney Olympic Park, Sydney, Jumat (4/8/2023).

Kekalahan Rinov/Pitha memastikan tak ada lagi ganda campuran Indonesia yang tersisa di ajang BWF Super 500 ini.

Usai terhenti di perempat final, Rinov/Pitha bercerita soal penyebab kekalahan mereka.

1. Tertekan dan serba salah

Alasan Rinov/Pitha Kandas di Perempat Final Australia Open 2023Rinov Rinaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Indonesia Open 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Di atas kertas, Rinov/Pitha memang terbilang lebih unggul dibanding Cheng/Chen. Hal ini menurut Rinov, membuat pasangan China bermain lebih lepas sejak gim pertama.

Pasangan Cheng/Chen tak ragu-ragu memberikan serangan dan menekan Rinov/Pitha sepanjang duel. Bahkan, Rinov mengaku menjalani pertandingan dengan merasa serba salah.

"Dari awal lawan sudah terus menekan. Selain itu lawan juga bermain nothing to lose. Kami jadi tertekan dan serba salah. Sudah terus berpikir mencari bagaimana caranya, hasilnya tetap tak memuaskan," kata Rinov usai laga.

Baca Juga: Jadwal Skuad Garuda di Perempat Final Australia Open 2023

2. Tak berani mengubah pola

Alasan Rinov/Pitha Kandas di Perempat Final Australia Open 2023Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Piala Sudirman 2023 (dok. PP PBSI)

Menjalani laga melawan Cheng/Chen kali ini, Pitha mengaku tegang saat memasuki lapangan. Alhasil, pola permainan tak dapat berkembang dengan baik.

"Dalam pertandingan tadi saya nggak berani mengubah pola. Seharusnya saya bisa lebih berinisiatif untuk mencoba balik serang. Dampaknya selalu tertekan terus," kata Pitha.

Tertinggal 6-16 di gim kedua, Rinov/Pitha sempat mempertipis jarak hingga 13-16, sayang perolehan angka kembali lepas lantaran skor yang sudah terlalu jauh.

3. Bersiap ke kejuaraan dunia

Alasan Rinov/Pitha Kandas di Perempat Final Australia Open 2023Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentar di Korea Open 2022 (Dok.PP PBSI)

Tak mau berlarut-larut dengan kekalahan, Rinov/Pitha menatap turnamen mendatang. Keduanya akan turun berlaga di Kejuaraan Dunia 2023 yang berlangsung di Denmark dua pekan mendatang.

"Setelah dari Australia ini, kami akan latihan lagi dan persiapan lagi ke Kejuaraan Dunia di Denmark nanti. Kita benahi segala kekurangannya. Semoga hasilnya nanti lebih baik," kata Rinov.

Baca Juga: Beda Nasib 3 Ganda Campuran Indonesia di Australia Open 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya