ASEAN Para Games 2022 Jadi Bahan Pelajaran Indonesia

Indonesia bakal jadi tuan rumah World Beach Games 2023

Jakarta, IDN Times - Puja-puji diberikan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 di Solo. KOI meyakini penyelenggaraan multi-event olahraga internasional di tanah air seperti Asian Games, Asian Para Games, dan ASEAN Para Games, mampu meninggalkan warisan.

"Banyak warisan yang ditinggalkan dan kami bisa banyak belajar di sini, salah satunya terkait penyiaran karena ini pertama kali 14 pertandingan ditayangkan live di ASEAN Para Games," kata Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari, dalam keterangan tertulis, Selasa (2/8/2022).

1. Bahan pelajaran Indonesia sambut World Beach Games 2023

ASEAN Para Games 2022 Jadi Bahan Pelajaran IndonesiaKetua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari bertemu dengan Ketua ASEAN Para Games Organizing Committee, Gibran Rakabuming (Dok. NOC Indonesia)

ASEAN Para Games 2022, bagi Okto, menjadi momentum bagi Indonesia untuk menyiapkan diri sebagai tuan rumah ANOC World Beach Games 2023 yang rencananya digelar di Bali.

Ajang olahraga pantai dan air paling prestisius ini akan diikuti 1.200 atlet lebih dari 100 negara, dihadiri 205 NOC, serta para petinggi organisasi olahraga.

"Artinya, kami dapat belajar juga menyelenggarakan pertandingan dengan anggaran yang efisien dan waktu singkat," kata Okto.

Baca Juga: Klasemen Medali ASEAN Paragames 2022, Indonesia Pemuncak

2. Indonesia adalah tuan rumah pengganti ASEAN Para Games 2022

ASEAN Para Games 2022 Jadi Bahan Pelajaran IndonesiaKetua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari bertemu dengan Ketua ASEAN Para Games Organizing Committee, Gibran Rakabuming (Dok. NOC Indonesia)

ASEAN Para Games ke-11 semula rencananya diadakan di Vietnam, sebagaimana SEA Games edisi ke-31 pada Mei 2022 lalu. Namun, Vietnam memutuskan tidak menyelenggarakannya, sehingga Indonesia secara sukarela menawarkan diri menjadi tuan rumah pengganti.

Ketua ASEAN Para Games Organizing Committee, Gibran Rakabuming, juga berharap penyelenggaraan ASEAN Para Games kedua di Solo kali ini dapat meninggalkan warisan.

"Harapannya, dengan penyelenggaraan ASEAN Para Games ini, Solo bisa lebih ramah dengan teman-teman difabel. Warga Solo dapat lebih peduli dengan atlet-atlet kita," kata Gibran.

3. Indonesia puncaki klasemen medali ASEAN Para Games 2022

ASEAN Para Games 2022 Jadi Bahan Pelajaran IndonesiaPerwakilan mitra pengemudi Grab yang menjadi sukarelawan ASEAN Para Games 2022 berfoto bersama atlet Para Powerlifting Ni Nengah Widiasih (tengah) yang merupakan perwakilan Indonesia di ajang olah raga difabel terbesar se-Asia Tenggara yang akan berlangsung di Solo. (dok. Grab-OVO)

Indonesia saat ini masih menduduki peringkat satu di klasemen perolehan medali ASEAN Para Games 2022. Mengoleksi 70 medali, skuad Garuda membawa sudah membawa pulang 31 emas, 23 perak, dan 16 perunggu.

Sementara itu, Thailand berada di posisi kedua dengan total 52 medali (20 emas, 22 perak, dan 10 perunggu).

Baca Juga: Ni Nengah Widiasih Sabet Emas dan Pecah Rekor di ASEAN Para Games 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya