Bukan Medali, Ini Target Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Indonesia pasang target peringkat, bukan jenis medali

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan Kontingen Indonesia tidak dibebankan secara spesifik jumlah dan kategori medali yang harus mereka bawa pulang ke tanah air usai berlaga di ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang akan berlangsung mulai 23 Juli - 8 Agustus 2021.

"Dalam Grand Design Olahraga Nasional kita itu target kita harus lebih baik dari yang terakhir. Terakhir kita peringkat 46 di Rio de Janeiro, kita berharap tentu akan lebih baik dari itu," ujar Menpora Zainudin dalam Konferensi pers hari ini, Kamis (8/7/2021).

1. Indonesia pasang target di peringkat, bukan medali

Bukan Medali, Ini Target Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020Konferensi pers pengukuhan dan pelepasan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020. (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Menpora Zainudin menegaskan target Indonesia akan difokuskan kepada peringkat di Olimpiade. Artinya pemerintah tidak akan lagi menentukan berapa medali emas sama perak sama perunggu yang harus dibawa pulang Kontingen Indonesia.

"Kita sekarang sudah berjalan di track," ujar Menpora Zainudin. "Track kita adalah Grand Design Olahraga Nasional.".  

Baca Juga: Kukuhkan Atlet Olimpiade Indonesia, Ini Pesan Mendalam Menpora

2. Olimpiade jadi fokus utama pemerintah

Bukan Medali, Ini Target Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020Maskot Olimpiade Tokyo 2020, Miraitowa, berpose di depan Japan National Stadium. (Facebook.com/Tokyo 2020)

Menpora Zainudin menegaskan kini pemerintah berusaha mengubah cara pikir masyarakat agar sejalan dengan Grand Design Olahraga Nasional yang lebih mengedepankan peringkat bukan jenis medali.

"Sejak sekarang pikiran kita atau sasaran kita itu adalah Olimpiade," ujar Menpora Zainudin. SEA Games, Asian Games adalah sasaran antara saja," sambung dia.

Fokus kepada Olimpiade menurut Menpora Zainudin tidak hanya akan dilakukan pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020 namun terus hingga jelang perayaan 100 tahun kemerdekaan Indonesia pada 2045 yang Olimpiade akan digelar pada tahun 2044.

3. Indonesia siap berangkatkan 28 atlet

Bukan Medali, Ini Target Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020IDN Times/PBSI

Sebanyak 28 atlet Indonesia telah dikukuhkan oleh Menpora Zainudin dan telah dilepas oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk berangkat bertolak ke Jepang mengikuti ajang Olimpiade Tokyo 2020. Pengukuhan dan pelepasan dilakukan secara daring pagi ini.

Keberangkatan Kontingen Indonesia akan dibagi dalam lima kloter. Kloter pertama akan diisi skuad bulu tangkis Indonesia yang akan terbang ke negeri Sakura malam ini untuk mengikuti Training Camp di Kumamoto, Jepang.

Baca Juga: Lepas Atlet ke Olimpiade saat Pandemik, Jokowi: Jaga Stamina, Fokus

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya